-->

Cara Membuat SK Tim Pngembang Sekolah SMP

Cara Membuat SK Tim Pngembang Sekolah SMP


Bagaimana Cara Membuat SK Tim Pngembang Sekolah dan apa saja fungsi tim pengembang sekolah akan kita bahas di sini.  Tim pengembang sekolah bertugas untuk membuat rancangan program kurikulum dan rencana dasar kerja sekolah. SK tim pengembang di buat setiap awal tahun pelajaran dengan mendapat Surat Keputusan tim pengembang sekolah yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah. 

Langkah awal kerja dari tim pengembang sekolah adalah menganalisis kekurangan dan kelebihan sekolah untuk ditingkatkan secara bertahap disesuaikan dengan rencana anggaran sekolah. Oke mari kita lihat saja bagaimana format tim pengembang sekolah dari SK tim pengembang sekolah berikut.

Silakan anda download SK tim Pengembang Sekolah tingkat SMP berikut agar anda bisa mengetahui cara pembuatannya.

SK Tim Pngembang Sekolah SMP


Bagian  awal kover


PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG





LAPORAN
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018






SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa Gunungtumpeng
Kecamatan Karangrayung kabupaten Grobogan




PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP N 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa. Gunungtumpeng, Kec.Karangrayung, Kab.Grobogan , 58163
 

                                                                                            Karangrayung, 12 Juli 2017
Nomor : 421.2/01/VII/2017
Perihal             : Undangan Rapat Tim Pengembang Kurikulum
Lampiran         : -

Kepada
Yth.      1.Pengawas Bina SMPN 4 Satu atap Karangrayung
2. Ketua Komite SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
3. Guru dan Tenaga SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Di
                        Tempat


Assalamualaikum Wr.Wb

Dengan Hormat,
Kami mengundang kepada Bapak/Ibu dan Saudara dalam rapat pembahasan Pengembang Kurikulum SMPN 4 Satu atap Karangrayung, Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang akan dilaksanakan pada :   
Hari/tanggal    : Kamis, 13 Juli 2017
Waktu              : Pukul 09:00 WIB s.d Selesai
Tempat            : Ruang Kelas 9 SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Acara               : Rapat Tim Pengembang Kurikulum Sekolah

Dikarenakan pentingnya acara rapat tersebut, dimohon dengan sangat kepada Bapak/Ibu dan Saudara untuk dapat hadir tepat waktu dan atas pastisipasi dan kehadirannya kami sampaikan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr.Wb


Kepala Sekolah,



Marko, S.Pd.
NIP. 19630716 198405 1 001


PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP N 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa. Gunungtumpeng, Kec.Karangrayung, Kab.Grobogan , 58163
 

BERITA ACARA
TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Nomor : 424/158/413.101.12.3515/2017


Pada hari ini .......... Kamis .......... tanggal .......... Tiga Belas .......... bulan .......... Juli .......... tahun .......... Dua Ribu Tujuh Belas .......... di SMPN 4 Satu Atap Karangrayung Kecamatan Karangrayung Kabupaten Grobogan, telah dilaksanakan rapat pembahasan  Tim Pengembang Kurikulum SMP N 4 Satu atap Karangrayung antara lain :
1.      Pembentukan  Tim Pengembang Kurikulum Sekolah Pelajaran 2017/2018.
2.      Penyusunan Program Semester  Tahun Pelajaran 2017/2018
3.      Penyusunan Silabus Tahun Pelajaran 2017/2018
4.      Penyusunan KKM Tahun Pelajaran 2017/2018 (Hasil pembahasan terlampir)
Dalam pembahasan Kurikulum sebagaimana tersebut di atas dihadiri oleh :
1.      Pengurus Komite Sekolah
2.      Narasumber
3.      KepalaSekolah
4.      Guru SMPN 4 Satu atap Karangrayung
(Daftar hadir terlampir)
Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

Karangrayung, 13 Juli 2017
Pengawas Sekolah                                                                   Kepala Sekolah
 


Drs.Trisno Haryanto, MM                                                       Marko, S.Pd
NIP. 19610327 198803 1 006                                                   NIP 19630716 198405 1 001
                                   


PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP N 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa. Gunungtumpeng, Kec.Karangrayung, Kab.Grobogan , 58163
 

DAFTAR HADIR RAPAT
TIM PENGEMBANGAN KURIKULUM
SEKOLAH
SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NO
NAMA
JABATAN
TANDA TANGAN
1
Drs.Trisno Haryanto, MM 
Pengawas Sekolah
1
2
Marko, S.Pd
Kepala Sekolah
2
3
Jimin
Ketua Komite
3
4
Eko Suseno, S.Pd
Guru Matematika
4
5
Sigit Sulistiyanto, S.Pd
Guru Bahasa Inggris
5
6
Betty Diah Kusumaningrum, S.Pd
Guru IPA
6
7
Juwanto, S.Pd
Guru PKn
7
8
Tamam, S.Pd
Guru PAI
8
9
Noviana Yayuk Sesanti, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia
9
10
Wahyudi, SE
Guru IPS
10
11
Nanang Setyawan, S.Pd
Guru BK
11
12
Gelar Maulana Dika, S.Pd
Guru TIK
12
13
Aan Dwi Apriyanto, S.Pd
Guru Bahasa Jawa
13
14
Titik Maryanti, S.Pd
Guru Prakarya
14
15.
Aris Dwi Surajab, S.Pd
Guru OR
15
16.
Hani Winarto
TU
15

Karangrayung, 13 Juli 2017
Pengawas Sekolah                                                                    Kepala Sekolah
 

Drs.Trisno Haryanto, MM                                                        Marko, S.Pd
NIP. 19610327 198803 1 006                                                   NIP 19630716 198405 1 001




PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP N 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa. Gunungtumpeng, Kec.Karangrayung, Kab.Grobogan , 58163
 

NOTULEN RAPAT
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SEKOLAH
SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
 TAHUN PELAJARAN 2017/2018

1.        Rapat dibuka oleh Kepala Sekolah yang sekaligus bertindak sebagai pemimpin rapat.
2.        Rapat pengembangan dan penyusunan kurikulum SMPN 4 Satu Atap Karangrayung Kecamatan Karangrayung menghasilkan keputusan sebagaiberikut :
a.      Membentuk tim pengembang kurikulum SMPN 4 Satu Atap Karangrayung yang dikukuhkan dalam  SK KepalaSekolah.
b.      Pelaksanaan Kurikulum terbagi menjadi 2 kriteria, yaitu :
1)      Kurikulum 2013    : Kelas VII
2)      KTSP         : Kelas VIII dan IX
c.       Mekanisme dalam pengembangan Kurikulum SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
1)      Melibatkan tim pengembang (guru, kepalasekolah, komite, dan pengawas)
2)      Dilakukan melalui pertemuan, seperti: workshop, bimbingan teknis, dan lain-lain;
3)      Kegiatan reviu dan revisi.
4)      Menghadirkan narasumber (ahlipendidikan, praktisipendidikan, DewanPendidikanDinasPendidikanKabupaten)
5)      Tahap finalisasi.
6)      Pemantapan dan penilaian dokumen kurikulum Sekolah oleh Tim Pengembang berdasarkan petunjuk teknis Penyusunan Kurikulum 2013 dan KTSP, sesuai SK KepalaSekolah.
d.      Dalam penyusunan kurikulum selain menyusun kurikulum itu sendiri, menyusun pula perangkat pembelajaran baik dari kelas VII sampai dengan kelas IX yang terpilah-pilah sesuai dengan tuntutan yakni :
1)      Menganalisis kompetensi dasar dan penyusunan indicator setiap kompetensi dasar.
2)      Membuat pemetaan kompetensi dasar bagi guru Mapel pengampu Kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013.
3)      Penyusunan jaringan indicator bagi guru kelas pengampu Kurikulum KTSP maupun K13.
4)      Penyusunan program silabusbagi guru mata pelajaran pengampu Kurikulum KTSP maupun K13.
5)      Penyusunan Program Semester dan tahunan bagi guru mata pelajaran.
6)      Penyusunan Silabus bagi guru kelas maupun guru mata pelajaran.
7)      Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi seluruh guru Mata pelajaran
e.      Langkah pengembangan silabus meliputi:
1)      Pemetaan KI dan kompetensidasar;
2)      Mengidentifikasi materi pokok pembelajaran;
3)      Mengembangkan kegiatan pembelajaran;
4)      Merumuskan indicator pencapaian kompetensi;
5)      Menentukan jenis penilaian;
6)      Menentukana lokasi waktu; dan indikator
7)      Menentukan sumber belajar.
f.        Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal dengan ketentuan sebagai berikut :
1)      Ketuntasan belajar setiap indikator yang telah ditetapkan dalam suatu kompetensi dasar berkisar antara 0 – 100%.
2)      Kriteria ideal ketuntasan untuk masing-masingindikator 75%.
3)      Satuan pendidikan harus menentukan criteria ketuntasan minimal dengan jenjang mempertimbangkan:
-          Kompleksitas (tingkat keluasan dan kedalaman KI, KD, Indikator)
-          Dayadukung (ketersediaan sarana prasarana, SDM, anggaran, dll)
-          Intake (tingkat kemampuan rata-rata peserta didik)
4)      Langkah menentukan KKM setiap mata pelajaran:
-          Menjabarkan Kompetensi Dasar kedalam Indikator
-          Menentukan nilai setiap aspek penentu KKM indicator dengan rentang 0 – 100,seperti berikut ini:
a)      Kompleksitas :
Tinggi       : nilai 50 – 64
Sedang      : nilai 65 – 80
Rendah     : nilai 81 – 100
b)      DayaDukung :
Tinggi       : nilai 81 – 100
Sedang      : nilai 65 – 80
Rendah     : nilai 50 – 64
c)      Intake :
Tinggi       : nilai 81 – 100
Sedang      : nilai 65 – 80
Rendah     : nilai 50 – 64
-          Menentukan KKM indicator dengan menghitung skor perolehan dibagi skor maksimum kali 100%
-          Menentukan KKM Kompetensi Dasar dengan menghitung rata-rata KKM indicator untuk Kompetensi Dasar tertentu.
-          Menentukan KKM KI dengan menghitung rata-rata KKM Kompetensi Dasar untuk Standar Kompetensi tertentu.
-          Menentukan KKM Mata pelajaran tertentu pada kelas tertentu. Dengan menghitung rata-rata KKM Kompetensi inti yang terdapat pada mata pelajaran tersebut pada kelas tertentu.
-          Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ) setiap mata pelajaran setiap kelas ditetapkan dengan Keputusan Kepala Sekolah melalui rapat dewan guru dengan mempertimbangkan saran darikomitesekolah.
3.        Rapat ditutup denganmembaca doa bersama.

Karangrayung, 13 Juli 2017
Pengawas Sekolah                                                                  Kepala Sekolah
 

Drs.Trisno Haryanto, MM                                                      Marko, S.Pd
NIP. 19610327 198803 1 006                                                  NIP 19630716 198405 1 001

   

PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
DINAS PENDIDIKAN
SMP N 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Alamat : Desa. Gunungtumpeng, Kec.Karangrayung, Kab.Grobogan , 58163
 

S U R A T   K E P U T U S A N
KEPALA SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG
Nomor : 424/159/413.101.12.3515/2017
T e n t a n g
TIM PENGEMBANG KURIKULUM SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Menimbang
:
a.       Dalam rangka memperlancar pelaksanaan Proses Pelaksanaan Kurikulum di SMPN 4 Satu Atap Karangrayung, perlu dibentuk Tim Pengembang Kurikulum.
b.      Bahwa untuk menjamin terpeliharanya tata tertib serta mementingkan kelancaran tugas Tim Pengembang Kurikulum perlu diatur dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah.

Memperhatikan
:  
1.    Undang-undangRepublik Indonesia, Nomor : 20 Tahun 2003, TentangSistemPendidikan Nasional.
2.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah;
3.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 22 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah;
4.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 23 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah;
5.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 21 Tahun 2013 tentang  standar isi;
6.       Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum;
7.       Peraturan Gubernur 57 tahun 2013 tentang Kurikulum Mata Pelajaran Muatan Lokal (Bahasa Jawa) untuk Jenjang Pendididkan SD/SDLB/MI,SMP/SMPLB/MTs Negeri  dan Swasta Provinsi Jawa Tengah.
8.      Keputusan Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan No. 375/KEP/D/KR/2016 Tentang Penetapan Satuan Pendidikan Pelaksana Kurikulum 2013 Secara Mandiri.
Mengingat
:
Saran dan usul peserta rapat Tim Pengembang Kurikulum SMPN 4 Satu Atap Karangrayung

M E M U T U S K A N
Menetapkan
:

Pertama
:
Penyusunan dan Pembagian Tim Pengembang Kurikulum SMPN 4 Satu atap Karangrayung  sebagaimana terdapat pada lampiran Surat Keputusan ini.
Kedua
:
Semua biaya yang timbul akibat pelaksanaan keputusan ini, dibebankan pada anggaran yang sesuai.
Ketiga
:
Apabila terdapat kekeliruan dalam keputusan ini, akan dibetulkan sebagaiamana mestinya.
Keempat
:
Keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan.

Karangrayung, 15 Juli 2017
KepalaSekolah


Marko, S.Pd
NIP. 19630716 198405 1 001

Lampran Surat Keputusan Kepala SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Nomor : 424/159/413.101.12.3515/2017
Tentang           : Susunan Panitia Pengembang Kurikulum SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Tanggal           : 15 Juli 2017.

SUSUNAN PANITIA TIM PENGEMBANG KURIKULUM
SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NO
NAMA
JABATAN
KETERANGAN
1
Drs.Trisno Haryanto, MM 
Pengawas Sekolah
Narasumber
2
Marko, S.Pd
Kepala Sekolah
Ketua Panitia
3
Jimin
Ketua Komite
Pengarah
4
Eko Suseno, S.Pd
Guru Matematika
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX
5
Sigit Sulistiyanto, S.Pd
Guru Bahasa Inggris
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

6
Betty Diah Kusumaningrum, S.Pd
Guru IPA
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

7
Juwanto, S.Pd
Guru PKn
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

8
Tamam, S.Pd
Guru PAI
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX
9
Noviana Yayuk Sesanti, S.Pd
Guru Bahasa Indonesia
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

10
Wahyudi, SE
Guru IPS
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

11
Nanang Setyawan, S.Pd
Guru BK
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX

12
Gelar Maulana Dika, S.Pd
Guru TIK
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX


Aan Dwi Apriyanto, S.Pd
Guru Bahasa Jawa
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX


Titik Maryanti, S.Pd
Guru Prakarya
1.Pengembang K13 Kelas VII


Aris Dwi Surajab, S.Pd
Guru OR
1.Pengembang K13 Kelas VII
2.Pengembang KTSP Kelas VIII, IX


Hani Winarto
TU



KepalaSekolah



Marko, S.Pd
NIP. 19630716 198405 1 001

Demikian cara membuat SK tim pengembang sekolah smp. File anda dapat download di bagian atas view laporan
LihatTutupKomentar