Contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah Format Doc
Rencana kerja tahunan adalah sub pelaksanaan Rencana kerja jangka menengah yang menjadi dasar penyelenggaraan sekolah. Bagi anda yang belum membuat dan mungkin juga belum mengenal apa itu rencana kerja tahunan sekolah atau RKT tahunan maka pada kesempatan kali ini akan kami bagikan kepada anda.
Silakan cek contoh RKT sekolah format word brikut kemudian anda bisa download Contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah Format Doc pada link di bawah ini.
Contoh tampilannya sebagai berikut
RENCANA
KEGIATAN SEKOLAH
TAHUN KETIGA
(RKT 3)
TAHUN
2018
Nama Sekolah : SMP N 4 Satu Atap Karangrayung Kab. Grobogan
Alamat Sekolah. : Ds. Gunungtumpeng Karangrayung Kab. Grobogan
Nomor
Rekening : 0076 – 01 – 017389
– 50 - 1
A. Analisis Lingkungan Operasional Sekolah
SMP
Negeri 4 Satu Atap Karangrayung terletak di Desa Gunungtumpeng, Kec. Karangrayung Kab. Grobogan. Jarak antara sekolah dengan Kantor
Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan kurang lebih 44 Km. Dalam pelaksanaan pendidikan di sekolah sangat
bergantung pada banyak faktor penunjang yang antara lain adalah:
1)
Kebutuhan masyarakat setempat
Pada umumnya masyarakat
berkeinginan bahwa lulusan sekolah dapat melanjutkan ke sekolah yang lebih
tinggi, dapat langsung terjun ke masyarakat atau bekerja.
2)
Potensi daerah
Wilayah daerah tempat kedudukan sekolah
termasuk daerah sulit dan terpencil. Dengan demikian kontribusi Pemerintah
Daerah dalam membantu pelaksanaan pendidikan di sekolah belum optimal.
3)
Potensi Sekolah
Faktor potensi yang dimiliki
sekolah antara lain adalah tingkat kedisiplinan seluruh warga sekolah yang
tinggi, usia rata-rata tenaga pendidikan maupun tenaga kependidikan yang
relatif masih muda dan mempunyai etos kerja tinggi. Akan tetapi di satu sisi yang lain sarana dan
peralatan pendidikan sangat kurang.
4)
Potensi Masyarakat Sekitar
Masyarakat di wilayah sekitar
tempat kedudukan sekolah homogen keberadaannya. Karena merupakan wilayah pedesaan
yang termasuk daerah terpencil, mayoritas masyarakatnya adalah petani ladang. Sebagian
yang lain adalah pedagang yang prosentasenya lebih kecil.
5)
Potensi Geografis
Wilayah tempat kedudukan sekolah merupakan pegunungan.
Lingkungan sekitar sekolah adalah perumahan penduduk dan areal pertanian.
Struktur tanahnya merupakan tanah labil, termasuk di lokasi sekolah. Sehingga
lantai dan dinding gedung sekolah sering rusak yang pada akhirnya menyebabkan
biaya pemeliharaan menjadi tinggi.
6)
Potensi Ekonomi
Kondisi ekonomi masyarakat di
wilayah tempat kedudukan sekolah dapat dikatakan belum baik atau termasuk dalam
kategori keluarga prasejahtera. Prosentase keluarga yang termasuk dalam
keluarga sejahtera sangat rendah.
7)
Potensi Keamanan
Karena letak sekolah yang bersebelahan dengan perkampungan
dan ladang belum memiliki pagar tembok keliling. Walaupun demikian, keamanan
sangat kondusif karena kepedulian masyarakat terhadap sekolah sangat besar.
Kesemua
faktor di atas sangat berpengaruh dalam pelaksanaan proses pendidikan di SMP
Negeri 4 Satu atap Karangrayung sehingga diperlukan pengelolaan potensi-potensi
yang positif dan cara mengatasi masalah yang ada secara cermat, yang pada
akhirnya dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas.
B.
ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH SAAT INI
SMP Negeri 4 Satu Atap Karangrayung tahun 2017 memiliki 4 rombongan belajar, yang terdiri kelas VII sebanyak 1 rombongan belajar, kelas VIII sebanyak 2 rombongan belajar, dan kelas IX sebanyak 1 rombongan belajar. Masing-masing rombongan rata rata antara 21 sampai 30 siswa, dengan jumlah siswa
seluruhnya rata rata 123 siswa.
Proses pembelajaran
dilaksanakan pada pagi hari, dengan menggunakan kurikulum yang disusun oleh
sekolah (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Guru dalam melaksanakan kegiatan
pembelajaran beberapa telah menerapkan pembelajaran saintifik. Kegiatan ekstra
kurikuler sebagai upaya mengembangkan potensi siswa, dilaksanakan melalui
kegiatan Pengembangan Diri. Kegiatan ini meliputi : Kepramukaan, Seni tari,
Bola Voli dan Drum band.
Profil SMP Negeri 4 Satu Atap
Karangrayung sebagai penyelenggara pendidikan adalah sbb:
I.
Pendidik dan tenaga kependidikan:
Kepala
Sekolah : 1 orang, pendidikan S1.
Guru : 12 orang, terdiri dari 3 orang PNS dan 9 orang GTT pendidikan S1.
Pegawai
Tata Usaha : 1 orang PTT
Lain-lain : 1 orang tenaga yang membantu Kebersihan Sekolah
sekaligus Tukang Kebun dan Penjaga Sekolah yang merangkap SD dan SMP.
II. Sarana dan Prasarana :
1. Ruang Kelas : 4 ruang
kelas yang telah memenuhi standar.
2. Perpustakaan : ada dan representatif
3. Lab IPA : Ada
4. Lab Komputer : Belum ada
5. Ruang Multi Media : Belum ada.
6. Lab Bahasa : Belum ada.
7. Ruang Keterampilan : Penggunaan bersama
laboratorium IPA
8. Ruang Kesenian : Belum ada
9. Ruang Aula : Belum ada.
10. Ruang Kep Sek : 1 ruang
bersama dengan SDN 3 Gunungtumpeng
11. Ruang Wakasek : belum ada
12. Ruang TU : 1 ruang yang ditempatkan bersama dengan
perpustakaan
13. Ruang Guru :
1 ruang.
14. Musholla : Penggunaan Bersama dengan Mushola Desa
terdekat
15. Ruang OSIS : Belum ada.
16. Sanggar Pramuka : Belum ada.
17. Ruang BK : Ada, bersama dengan ruang Perpustakaan
18. Lain-lain :
1 buah lapangan upacara sekaligus sebagai
lapangan Olahraga, Di samping itu untuk
mengembangkan potensi siswa di bidang musik, telah tersedia 1 unit drum band
dan 1 unit alat band.
C. ANALISIS PENDIDIKAN SEKOLAH 1
TAHUN KE DEPAN (YANG DIHARAPKAN)
Kondisi pendidikan yang diharapkan SMP N 4 Satu Atap Karangrayung pada 1 tahun mendatang adalah seperti uraian dalam
tabel berikut :
1. Bidang akademik : Peringkat
sekolah dalam pencapaian nilai rata-rata Ujian Nasional menempati peringkat 30 besar kabupaten.
2. Bidang non akademik : Masuk
3 Besar lomba voli kecamatan
Di samping itu,
sekolah memprogramkan penerapan pendekatan saintifik menuju kurikulum 2013 harus sudah dilaksanakan minimal 100 % guru dalam kegiatan
pembelajaran, media pembelajaran terpenuhi minimal 50 %.
D. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA SATU TAHUN
No.
|
Kondisi pendidikan saat ini
|
Kondisi pendidikan masa dating
|
Besar
Tantangan
Nyata
|
1.
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
Standar Kompetensi Lulusan
|
|
a
|
Bidang akademik:
|
|
|
|
· Rata2
pencapaian KKM semua mapel 68
· Rata2 pencapaian NUN 47,77
|
·
Rata2 pencapaian KKM semua mapel 69
·
Rata2 pencapaian NUN 48,77
|
1
1
|
b
|
Bidang non akademik:
|
|
|
|
·
Melaju
perempat final lomba voli kecamaan
·
Berpartisipasi
dalam lomba drumband karnaval
|
·
Melaju
Semi final lomba voli kecamaan
·
Berpartisipasi
dalam lomba drumband karnaval
|
|
c
|
Kelulusan:
|
|
|
|
· Jumlah
kelulusan 100%
|
· Jumlah
kelulusan 100%
|
-
|
d
|
Melanjutkan studi:
|
|
|
|
·
Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke
jenjang lebih tinggi 65%
|
·
-Jumlah lulusan yang melanjutkan studi ke
jenjang lebih tinggi 70%
|
5 %
|
2
|
Standar Isi
|
Standar Isi
|
|
a
|
Buku KTSP (Buku/Dokumen-1)
|
|
|
|
·
Tersusunnya Buku KTSP belum sempurna (2 mapel
muatan lokal dengan materi yang perlu disesuaikan)
|
·
Tersusunnya Buku KTSP yang mencakup 12 mapel
ü
10 mapel dari BNSP
ü
2 mapel muatan lokal yang berisi materi
unggulan sesuai tuntutan dan kebutuhan masyarakat
|
1 buku
KTSP
|
b
|
Silabus:
|
Silabus:
|
|
|
Tersusunnya silabus 12
mapel dikembangkan pada forum MGMP
|
·
Tersusunnya silabus 12 mapel dan 50% mulai dikembangkan guru
sendiri
|
12 mapel
|
c
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):
|
|
|
|
·
100%
guru menyusun RPP dan 50%
guru menyusun RPP secara mandiri lengkap dengan bahan ajar yang sesuai
·
|
·
100%
guru menyusun RPP dan 75%
guru menyusun RPP secara mandiri lengkap dengan bahan ajar yang sesuai
|
20%
|
|
Standar
Proses
|
|
|
a
|
Persiapan pembelajaran:
|
Persiapan pembelajaran:
|
|
|
·
Kepemilikan silabus oleh guru: 100% , 50% diantaranya Dikembangkan oleh masing masing guru
·
Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki dan 50% dikembangkan guru
·
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 85%
|
·
Kepemilikan silabus oleh guru: 100% , 60% diantaranya Dikembangkan oleh masing masing guru
·
Kepemilikan RPP oleh guru: 100% memiliki dan 60% dikembangkan guru
·
Kepemilikan sumber belajar/bahan ajar: 90%
|
10 %
100%
10%
5%
|
b
|
Persyaratan Pembelajaran
|
|
|
|
·
Jumlah siswa per rombel bervariasi antara 22 - 25 anak
·
Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks
mapel 1:1
·
Pengelolaan kelas oleh guru dalam pembelajaran:
85%
|
·
Jumlah siswa per rombel: 30 anak
·
Ratio antara jumlah siswa dengan buku teks
mapel 1:1
·
Pengelolaan kelas oleh guru dalam
pembelajaran: 86%
|
-
1 %
|
c
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
Pelaksanaan pembelajaran:
|
|
|
·
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh
guru di kelas: 75%
·
60
% guru menggunakan pembelajaran
saintifik
·
55
% guru mengembangkan inovasi bahan pembelajaran
·
45
% guru mengembangkan inovasi sumber pembelajaran
·
40%
guru mengembangkan inovasi model pengelolaan managemen kelas.
·
70 % guru melaksanakan program
pengembangan perbaikan dan pengayaan.
·
Penerapan pembelajaran tuntas: 60%
·
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah :
40%
·
Penggunaan metode pembelajaran yang
bervariatif : 60 %
|
·
Cakupan pendahuluan dalam pembelajaran oleh
guru di kelas: 80%
·
80
% guru menggunakan pembelajaran
saintifk
·
60 % guru mengembangkan inovasi bahan
pembelajaran
·
50
% guru mengembangkan inovasi sumber pembelajaran
·
45
% guru mengembangkan inovasi model pengelolaan managemen kelas.
·
75 % guru melaksanakan program
pengembangan perbaikan dan pengayaan.
·
Penerapan pembelajaran tuntas: 75%
·
Penerapan pembelajaran di luar kelas/sekolah: 50%
·
Penggunaan metode pembelajaran yang
bervariatif : 70 %
|
5 %
10 %
5 %
5 %
5 %
5 %
15 %
15 %
10 %
|
d
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
Pelaksanaan penilaian pembelajaran:
|
|
|
·
Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 50%
·
Variasi model penilaian: 3
model
·
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 2
manfaat
|
·
Pengembangan instrumen penilaian hasil
belajar: 55%
·
Variasi model penilaian: 4 model
·
Pemanfaatan/tindak lanjut hasil penilaian: 3
manfaat
|
5 %
1
1
|
e
|
·
Pengawasan
proses pembelajaran:
|
·
Pengawasan
proses pembelajaran:
|
|
|
·
Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 60%
·
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 50%
·
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 50%
·
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran:
50%
·
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran: 40%
|
·
Cakupan kegiatan pemantauan pembelajaran: 70%
·
Cakupan kegiatan supervisi pembelajaran: 60%
·
Cakupan kegiatan evaluasi pembelajaran: 60%
·
Dokumen pelaporan hasil evaluasi pembelajaran 55%
·
Cakupan tindak lanjut hasil evaluasi
pembelajaran:55%
|
10 %
10 %
10 %
5 %
15 %
|
4
|
Standar Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan:
|
Standar Tenaga
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan:
|
|
a
|
Kepala sekolah:
|
|
|
|
·
Penguasaan TIK 85%
·
Pelatihan kepemimpinan 1 kali
·
Belum pelatihan kewirausahaan
·
Pelatihan pengelolaan administrasi sekolah 1
kali
·
Pelatihan KTSP 1 kali
|
·
Penguasaan TIK 90%
·
pelatihan kepemimpinan min. 2 kali
·
pelatihan kewirausahaan min. 1 kali
·
Pelatihan pengelolaan administrasi sekolah 2
kali
·
Pelatihan KTSP min 2 kali
|
5 %
1 kali
1 kali
1 kali
1 kali
|
b
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
Guru: (bersifat rata-rata)
|
|
|
·
Pemahaman dan penerapan CTL atau pembelajaran saintifik: 60%
·
Pemahaman dan penerapan pembelajaran tuntas: 65%
·
Pemahaman dan penerapan penilaian dan evaluasi pembelajaran: 30%
·
Pemahaman dan penerapan bahasa Inggris:20 %
·
Pemahaman dan penerapan TIK: 65%
·
Pemahaman dan penerapan KTSP: 45%
·
Pemahaman dan penerapan penelitian pendidikan: 25%
·
Pemahaman dan penerapan PAIKEM/PAKEM: 50%
|
·
Pemahaman dan penerapan CTL atau saintifik : 70%
·
Pemahaman dan penerapan pembelajaran tuntas: 70%
·
Pemahaman dan penerapan penilaian dan evaluasi pembelajaran 40%
·
Pemahaman dan penerapan bahasa Inggris: 25%
·
Pemahaman dan penerapan TIK: 70%
·
Pemahaman dan penerapan KTSP: 50%
·
Pemahaman dan penerapan penelitian pendidikan: 40%
·
Pemahaman dan penerapan PAIKEM/PAKEM: 55%
|
10 %
5 %
10 %
5 %
5 %
5%
15 %
5 %
|
c
|
Tenaga TU (bersifat rata-rata)
|
Tenaga TU (bersifat rata-rata)
|
|
|
·
Hanya
ada 1 tenaga Tata Usaha
·
Pemahaman dan penerapan TIK: 75%
·
Pemahaman dan pelaksanaan tugas di bidangnya: 75%
|
·
Ada
2 tenaga tata usaha
·
Pemahaman dan penerapan TIK:80%
·
Pemahaman dan pelaksanaan tugas di bidangnya: 80%
|
1
5 %
5 %
|
5
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
Standar Sarana dan Prasarana
|
|
a
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
Sarana dan Prasarana Minimal
|
|
|
·
Ruang kepala sekolah 24 m2 Kurang representatif
·
Ruang kelas : 5 ruang kurang representatif
·
Buku perpustakaan 1000 kurang lengkap.
·
Ruang guru belum respresentatif
·
Mempunyai Gudang sebagai
tempat penyimpanan
·
Ruang UKS belum ada
|
·
Ruang kepala sekolah: min. 24 m2 dan
representatif
·
5
ruang yang layak dan representatif
·
Buku perpustakaan 1200
·
Ruang guru : standar ( 4m2 / guru)
·
Mempunyai Gudang sebagai
tempat penyimpanan dan standar
·
Ruang UKS ada
|
1 ruang
5 ruang
100 buku
1
ruang
1 ruang
|
b
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
Sarana dan Prasarana Lainnya
|
|
|
Belum tersedianya jaringan internet
|
Ada jaringan internet
|
|
c
|
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
|
Fasilitas Pembelajaran dan Penilaian
|
|
|
·
Daya listrik rendah (900W)
·
Komputer TU
2 buah
·
Sarana olah raga: 40%
|
·
Daya listrik 1300W
·
Komputer TU 3 buah
·
Sarana olah raga: 45%
|
400 W
1 buah
5 %
|
6.
|
Standar Pengelolaan
|
Standar
Pengelolaan
|
|
a
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan
rencana kerja/kegiatan:
|
Perangkat dokumen pedoman pelaksanaan
rencana kerja/kegiatan:
|
|
|
·
Dokumen RKS (RKAS, RKJM, RKT 1)
= 40%
·
Dokumen PSB = 50%
·
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 20%
·
Dokumen regulasi sekolah: 55%
·
Dokumen penugasan guru: 55%
|
·
Dokumen RKS (RKAS, RKJM, RKT 1):
50%
·
Dokumen PSB = 60%
·
Dokumen Pedoman pembinaan kesiswaan: 30%
·
Dokumen regulasi sekolah: 60%
·
Dokumen penugasan guru: 60%
|
10 %
5 %
10 %
5 %
5 %
|
b
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
Struktur organisasi dan mekanisme kerja:
|
|
|
·
Struktur organisasi: 85 % lengkap
·
Dokumen pembagian tugas /kewenangan/tupoksi: 55%
|
·
Struktur organisasi: 90% lengkap
·
Dokumen pembagian tugas /kewenangan/tupoksi: 60%
|
5 %
5 %
|
c
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi sekolah:
|
Supervisi, monitoring, evaluasi, dan akreditasi:
|
|
|
·
Ada team work:60%
·
Ada instrumen: 60%
·
Ada pelaporan: 60%
|
·
Ada team work: 65%
·
Ada instrumen: 65%
·
Ada pelaporan: 65%
|
5 %
5 %
5%
|
d
|
Kemitraan dan peran serta masyarakat:
|
Kemitraan dan peran serta masyarakat:
|
|
|
·
Dokumen keberadaan Komite Sekolah 55%
·
Dokumen program kerja komite sekolah 55%
·
Perolehan kerjasama dengan pihak lain 1
instansi
|
·
Dokumen keberadaan Komite Sekolah 60%
·
Dokumen program kerja komite sekolah 60%
·
Perolehan kerjasama dengan pihak lain 2 instansi
|
5 %
5 %
1 instansi
|
7.
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
Standar Keuangan dan Pembiayaan
|
|
|
·
Sumber dana 1 macam
|
·
Sumber dana minimal 2 macam
|
1 macam
|
|
·
Pengalokasian dana 8 SNP namun belum maksimal
|
·
Pengalokasian dana minimal 8 SNP terpenuhi
|
SNP
|
|
·
Penggunaan dana 90% benar
|
·
Penggunaan dana 100% benar
|
10 %
|
|
·
Pelaporan penggunaan dana 100%
|
·
Pelaporan penggunaan dana 100%
|
-
|
|
·
Dokumen pendukung pelaporan 90%
|
·
Dokumen pendukung pelaporan 100%
|
10 %
|
8.
|
Standar
Penilaian Pendidikan:
|
Standar
Penilaian Pendidikan:
|
|
|
·
Frekuensi ulangan harian oleh guru 84%
|
·
Frekuensi ulangan harian oleh guru 90%
|
6%
|
|
·
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh
guru 87%
|
·
Ulangan tengah semester yang dilakukan oleh
guru 92%
|
5%
|
|
·
Cakupan materi ulangan akhir semester yang
dilakukan sekolah 90%
|
·
Cakupan materi ulangan akhir semester yang
dilakukan sekolah 93%
|
3 %
|
|
·
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh
sekolah 90%
|
·
Cakupan materi ulangan kenaikan kelas oleh
sekolah 93%
|
3 %
|
|
·
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru
dalam pembelajaran 4 macam.
|
·
Teknik-teknik penilaian yang dipergunakan guru
dalam pembelajaran 5 macam
|
1 macam
|
|
·
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan
harian 85%
|
·
Instrumen yang dikembangkan guru untuk ulangan
harian 90%
|
5 %
|
|
·
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan akhir semester 85%
|
·
Variasi instrumen yang dikembangkan sekolah
untuk ulangan akhir semester 90%
|
5 %
|
|
·
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh guru: 75% terpenuhi
|
·
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh guru: 80% terpenuhi
|
5 %
|
|
·
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh sekolah: 90% terpenuhi
|
·
Mekanisme dan prosedur penilaian pendidikan
oleh sekolah: 100% terpenuhi
|
10 %
|
9
|
Pengembangan Budaya dan
Lingkungan Sekolah:
|
Pengembangan Budaya dan
Lingkungan Sekolah:
|
|
|
·
Pengembangan budaya bersih: 85%
|
·
Pengembangan budaya bersih: 90%
|
5%
|
|
·
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang,
sejuk, dll (tamanisasi): 75%
|
·
Penciptaan lingkungan sehat, asri, indah, rindang,
sejuk, dll (tamanisasi): 80%
|
5 %
|
|
·
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 75%
|
·
Pemenuhan sistem sanitasi/drainasi: 80%
|
5 %
|
|
·
Pelaksanaan budaya tata krama “in action”: 85%
|
·
Pelaksanaan budaya tata krama “in action”: 90%
|
5 %
|
|
·
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain
relevan: 1 lembaga
|
·
Peningkatan kerjasama dengan lembaga lain
relevan: 2 lembaga
|
1
lemba-
Ga
|
|
·
Salat dhuhur berjamaah 50%
|
·
Salat dhuhur berjamaah : 60%
|
10
%
|
Ini hanya tampilan bagian depan pada laman download anda bisa melihat secara penuh
Demikian artikel tentang Contoh Rencana Kerja Tahunan Sekolah Format Doc . Semoga bermanfaat.