Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP
Setiap kegiatan sekolah harus ada bukti program dan pelaksanaannya. Demikian pula kegiatan ekstrakurikuler pramuka, Juga harus disusun atau di programkan sejak awal tahun pelajaran. Kegiatan terprogram akan memberikan dampak atau hasil yang lebih baik dan lebih sesuai dengan tujuan. Oke pada kesempatan ini akan kami bagikan Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP.
Silakan anda lihat cuplikan Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP sebagai berikut.
link download Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP
PROGRAM
KERJA
KEGIATAN
EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS
DEPAN PANGKALAN
MI/MTS/MA
TAHUN
PELAJARAN 2019/2020
IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Disusun Oleh
TIM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GERAKAN
PRAMUKA GUDEP
PANGKALAN
MI/MTS/MA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan
hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler
Pramuka Gugus Depan Pangkalan MI/MTS/MA pada tahun ajaran 2014/2015.
Program kerja ini merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan
Kerja Penggalang Gudep Pengkalan
MI/MTS/MAuntuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan
MI/MTS/MA.
Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan
kegiatan kepramukaan pada Gudep Pangkalan
MI/MTS/MA dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga
berkontribusi postif bagi peningkatan
mutu pendidikan di liungkungan MI/MTS/MA.
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari
sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan
demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan
MI/MTS/MA. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.
...................., 14 Juli
2014
Team Penyusuan
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
|
i
|
||
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………..
|
ii
|
||
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
|
iii
|
||
DAFTAR ISI …………………………………………………………………
|
iv
|
||
BAB I
|
:
|
PENDAHULUAN …………………………………………..
|
1
|
|
|
A. Latar Belakang ……………………………………………
|
|
|
|
B. Dasar Kegiatan ……………………………………………
|
|
|
|
C. Tujuan ……………………………………………………..
|
|
|
|
D. Sasaran …………………………………………………….
|
|
BAB II
|
|
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN MI/MTS/MA
A. Visi Gudep MI/MTS/MA
B. Misi Gudep MI/MTS/MA
|
|
BAB II
|
:
|
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA ……
|
|
|
|
A. Program Umum…………………………. ………………
|
|
|
|
1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
………….
|
|
|
|
2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….
|
|
|
|
3. Bidang Sarana dan Administrasi ………………………
|
|
|
|
4. Bidang Keuangan ………………………………………
|
|
|
|
B. Penjabaran Program dalam Semester
…………………….
|
|
|
|
C. Penjabaran Masing-Masing Program
……………………
|
|
|
|
D. Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka
Gudep MI/MTS/MA
|
|
|
|
|
|
BAB III
|
:
|
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
|
|
|
|
A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus
Depan …………..
|
|
|
|
B. Susunan Pengurus Dewan Kerja
Penggalang …………..
|
|
|
|
C. Dewan Kehormatan Penggalang
………………………..
|
|
|
|
D. Struktur Organisasi Gudep ………………….
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
|
|
|
|
|
|
BAB IV
|
:
|
PENUTUP …………………………………………………..
|
|
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib
dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan
Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat
dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa
dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara,
kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan,
kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di
sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan
penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah
maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka
diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan
sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti
berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam
segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap
yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa
Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan
pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang
tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik
sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus
depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak
mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu
disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang
dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja
sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan
yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.
B. Dasar Kegiatan
Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka
di Gugus Depan
3.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan
Pramuka.
4.
Keputusan Presiden Republik
Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.
Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan
Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan
Pramuka.
7.
Program kerja sekolah yang
dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan MI/MTS/MAtahun pelajaran
2014/2015
C. Tujuan
Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.
untuk menunjang kegiatan belajar
mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan
kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2.
Untuk memberikan arahan kepada pelaksana
gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.
Sebagai sarana untuk peningkatan
mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.
D. Sasaran
Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat
dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.
Unsur Majelis Pembimbing Gugus
Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di
sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru
yang ditunjuk.
2.
Unsur Pembina Pramuka yang
merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang
meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal
mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.
Para pembantu pembina yang
meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk
menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.
Peserta didik yang menjadi obyek
pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak
dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.
BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 81a
Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum berkaitan dengan
Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer.
Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep MI/MTS/MA adalah
sebagai berikut:.
A Visi :
Visi gugus depan pangkalan MI/MTS/MA adalah: Pengembangan
Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.
B Misi :
Sedangkan misi gugus depan pangkalan MI/MTS/MA
1.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap
Tuhan Yang Maha Esa serta ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan
jaman
2.
Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan
dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.
Menyelenggarakan kegiatan
kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan
yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.
Melaksanakan kegiatan kepramukaan
yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.
BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER
PRAMUKA
Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka MI/MTS/MAdapat dijelaskan dan
dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program.
Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun
pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:
A.
Program Umum
1.
Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.
Penerapan Sistem Blok Pembinaan
Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang
pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas
VII
b.
Penerapan Sistem Reguler Pembinaan
Keparmukaan, melalui kegiatan:
1)
Latihan Rutin
2)
Pencapaian SKU
3)
Pencapaian SKK
● 2 macam SKK Agama
● 2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
● 2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
● 2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
● 2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban
Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4)
Peningkatan mutu latihan pramuka
penggalang meliputi jenjang:
a)
Ramu
b)
Rakit
c)
terap
5)
Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
6)
Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
7)
Penjelajahan dan Survival Game
8)
Perkemahan Jauh dan Pengembaraan (
1 kali )
9)
Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10) Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11) Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah
maupun Kwartir Nasional
12) Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13) Musyawarah Gugus Depan
2.
Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang
kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.
Buku Induk Gugus Depan
b.
Stempel Gugus Depan
c.
Buku Jurnal Kegiatan Harian /
Mingguan
d.
Buku Administrasi Keuangan
e.
Daftar Inventaris Gugus Depan
f.
Buku Tamu Gugus Depan
g.
Laporan Semester Gugus Depan
h.
Catatan Peristiwa Penting Gugus
Depan ( Log Book )
i.
Pengadaan Tenda Pramuka
j.
Pengadaan alat pionering yang
meliputi :
1)
tali pramuka
2)
tongkat
k.
Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)
Bendera Tunas Kelapa
2)
Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)
Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.
Bendera Semaphore dan Morse
m.
Papan Nama Gugus Depan
n.
Sanggar Bakti Pramuka
3.
Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.
Alokasi dana dari BOS
b.
Sumbangan lain yang tidak mengikat
4.
Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.
Pengiriman pembina untuk kegiatan
Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.
Pengiriman pembina untuk
pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.
Pertemuan-pertemuan Gugus Depan
yang dihadiri oleh MABIGUS
B.
Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan pangkalan MI/MTS/MAdapat dijabarkan sebagai
berikut:
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2014 SAMPAI
DENGAN DESEMBER 2014
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jul
|
Ags
|
Sept
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|||
1.
|
Masa Orientasi Anggota Baru (system
Blok)
|
|
X
|
|
|
|
|
|
2.
|
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
3.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
4.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
7.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
|
|
X
|
|
|
|
|
8.
|
Perkemahan Dekat ( Persami )
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Penjelajahan dan Halang Rintang
|
|
|
X
|
|
|
|
|
10.
|
Bakti Masyarakat
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Latihan gabungan
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
12.
|
Lomba Tingkat I
|
|
|
|
|
|
X
|
|
13.
|
Laporan Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14
|
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting,
Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN
SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2015 SAMPAI
DENGAN JUNI 2015
No
|
KEGIATAN
|
BULAN KE
|
KET
|
|||||
Jan
|
Peb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
|||
1.
|
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
2.
|
Ujian SKU Penggalang Ramu
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
|
|
3.
|
Ujian SKU Penggalang Rakit
|
|
|
X
|
X
|
X
|
|
|
4.
|
Ujian SKU Penggalang Terap
|
|
|
|
X
|
X
|
|
|
5.
|
Ujian SKK
|
|
X
|
X
|
X
|
X
|
X
|
|
6.
|
Gladian Pemimpin Regu
|
|
|
|
|
|
X
|
|
7.
|
Perkemahan Dekat ( Persami )
|
|
|
|
X
|
|
|
|
8.
|
Penjelajahan dan Halang Rintang
|
|
X
|
|
|
X
|
|
|
9.
|
Bakti Masyarakat
|
|
|
|
|
|
X
|
|
10.
|
Latihan gabungan
|
|
|
|
|
X
|
|
|
11.
|
Laporan Semester ke Kwartir Ranting
|
|
|
|
|
|
X
|
|
12.
|
Pemilihan pramuka terbaik
|
|
|
|
|
X
|
|
|
13.
|
Musyawarah Gugus Depan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
14.
|
Perkemahan jauh dan Pengembaraan
|
|
|
|
|
|
X
|
|
15.
|
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting,
Cabang, Daerah maupun Nasional
|
Menyesuaikan
|
|
C.
Penjabaran Masing-Masing Program
D.
Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA
PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN MI/MTS/MA
No.
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
Materi Kegiatan
|
1
|
1.
Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan
pramuka dalam segala aspek kehidupan
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
1.1
Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
|
Sejarah
kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
1.2
Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
|
|
||
1.3 Mengetahui
dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan
keluarga, sekolah & masyarakat
|
1.3
Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
|
Dasa
Dharma dan Trisatya
|
||
1.4
Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan
masyarakat
|
|
|||
2
|
2.
Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu
mengimplementasikan dalam upacara Penggalang
|
2.1
Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri,
balik kanan / kiri)
|
2.1
Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik
kanan/kiri)
|
PBB
dan Latihan Upacara
|
2.2
Memperagakan upacaraPenggalang di lapangan
|
2.2
Memperagakan upacara Penggalang di lapangan
|
|
||
3
|
3.
Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
3.1
Mengetahui macam-macam SANDI
|
Huruf
SANDI
|
3.2 Mengetahui
fungsi bendera Semaphore
|
3.2
Mengetahui fungsi bendera Semaphore
|
Semaphore
|
||
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
3.3
Memperagakan bendera semaphore dengan benar
|
|
||
4
|
4.
Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
4.1
Menggunakan pedoman kompas dengan benar
|
Pedoman
kompas
|
5
|
5.
Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah
|
5.1 Membuat
macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
5.1
Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
|
Tali
temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
5.2
Membuat tandu dan kaki tiga
|
|
||
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
5.3
Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
|
|
||
6
|
6.
Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
6.1
Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
|
Api
unggun
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
6.2
Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
|
|
||
7
|
7.
Memahami resep dasar memasak
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
7.1
Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
|
Tata
boga
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
7.2
Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
|
|
||
8
|
8.
Memahami cara membuat hasta karya
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
|
8.1
Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
|
Hasta
karya Pramuka
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
8.2
Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
|
|
||
9
|
9.
Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
9.1
Mengetahui lambang gerakan pramuka
|
Lambang
Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
|
9.2
Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
|
9.2
Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah
|
|
||
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
9.3
Membentuk kepengurusan regu
|
|
||
10
|
10.
Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
|
10.1
Mengetahui arti musyawarah dan mufakat secara sederhana
|
Musyawarah
dan mufakat Pramuka
|
|
|
10.2
Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
|
10.2
Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut
|
|
11
|
11.
Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.1
Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
Mencari
jejak dan penggunaan peta
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
11.2
Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
|
|
||
12
|
12.
Memahami definisi dan praktek P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
12.1
Mengetahui arti P3K
|
P3K
|
12.2
Mengetahui cara dalam praktek P3K
|
12.2
Mengetahui cara praktek P3K
|
|
||
12.3
Memperagakan P3K dan PPSD
|
12.2
Memperagakan P3K dan PPGD
|
|
||
13
|
13.
Memahami definisi jelajah alam dan out bound
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
|
13.1
Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
|
Jelajah
alam dan out bout
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis out bound
|
13.2
Mengetahui macam-macam jenis outbound
|
|
||
13.3
Jelajah alam dan out bound sederhana
|
13.3
Jelajah alam dan out bout sederhana
|
|
||
14
|
14.
Memahami macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.
|
14.1
Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
|
14.1
Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
|
Lagu-lagu
wajib dan daerah
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
|
14.2
Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi
yang benar
|
|
||
15
|
15.
Memahami makna bakti karya Penggalang.
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
15.1
Mengetahui makna bakti karya Penggalang
|
Bakti
karya
|
15.2
Bakti karya Penggalang untuk desa
|
15.2
Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan
|
|
BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA
A.
Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus)
disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing
Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan
tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan
sebagai berikut :
1.
Ketua : (Kepala
Sekolah)
2.
Anggota : (Wakil
Kepala Sekolah)
3.
Anggota : (
Pembina OSIS)
4.
Anggota : (Guru)
5.
Anggota : (Pembina
Harian Putra)
6.
Anggota : (Pembina
Harian Putri)
B.
Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya
adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan
di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam
menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga
berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat
kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau
insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang
terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil
pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun
susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep
MI/MTS/MAsebagai berikut:
1.
Ketua : (kelas
)
2.
Wakil Ketua : (kelas
)
3.
Sekretaris I : (kelas
)
4.
Sekretaris II : (kelas
)
5.
Bendahara I : (kelas
)
6.
Bendahara II : (kelas
)
7.
Seksi-Seksi :
a.
Bidang Kegiatan dan Operasional
Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
b.
Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
((kelas)
4.
((kelas)
c.
Bidang Hubungan Masyarakat
1.
(kelas
)
2.
(kelas
)
3.
(kelas
)
4.
(kelas
)
C.
Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas
anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan
bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang
mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina
dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun
susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.
Ketua :
2.
Anggota :
3.
Anggota :
4.
Anggota :
5.
Anggota :
6.
Anggota :
D.
Struktur Organisasi Gudep
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang
Ramu; 2) Kelompok Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
1)
Peserta didik yang belum pernah
mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok
Penggalang Ramu.
2)
Peserta didik yang telah mengikuti
pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang terap
(dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah Dasar dimasukkan dalam kelompok
Penggalang Rakit.
3)
Kelompok Penggalang Terap, hanya
diperuntukan bagi peserta didik yang
telah mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa
SMP.
Untuk keperluan tersebut dibutuhkan
minimal 3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan kelas/kelompok terpisah
(pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1. Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di
sekolah satu minggu satu kali.
2. Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan
praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata
yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan
kecakapan yang sesuai dengan usia.
3. Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu
: sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi
berhasil guna dan tepat guna.
4. Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program
Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)
G. Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian
Pendidikan Kepramukaan mencakup
hal-hal sebagai berikut:
1) Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2) Peserta
didik diwajibkan untuk
mendapatka nnilai minimal baik pada
kegiatan ekstrakurikuler wajib
pada setiap semester.
3) Nilai yang
diperoleh pada kegiatan
Ekstrakurikuler Wajib Kepramukaan
berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4) Apabila Nilai
di bawah baik dalam dua
semester atau satu
tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta
didik yang bersangkutan harus mengikuti
program khusus yang
diselenggarakan bagi mereka (Modifikasi Prilaku)
5) Kriteria keberhasilan
kompetensi lebih ditentukan oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
6) Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan
dan setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7) Proses
penilaian dilaksanakan dengan
metode Observasi dan Partisipasi.
8) Proses
penilaian Keterampilan Kepramukaan
disesuaikan dengan
Kompetensi Dasar dari
masing-masing Tema dan Matapelajaran. sebagai
penguatan yang bermuatan
Nilai Sikap dan Keterampilan
dalam Kurikulum 2013.
9) Proses
Penilaian dilakukan oleh
Teman, Guru Kelas/Guru Matapelajaran, Pemangku
Kegiatan dan/atau Pembina Pramuka.
10) Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif
dengan mengacu kriteria.
BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja Gugus Depan
Pangkalan MI/MTS/MAtersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi
gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini
diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan
dengan kegiatan kepramukaan pada MI/MTS/MA.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari
kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan
dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat
bermanfaat bagi semua.