-->

Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP

Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP


Setiap kegiatan sekolah harus ada bukti program dan pelaksanaannya. Demikian pula kegiatan ekstrakurikuler pramuka, Juga harus disusun atau di programkan sejak awal tahun pelajaran. Kegiatan terprogram akan memberikan dampak atau hasil yang lebih baik dan lebih sesuai dengan tujuan. Oke pada kesempatan ini akan kami bagikan Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP.

Silakan anda lihat cuplikan Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP  sebagai berikut.

Proposal Program kegiatan ekstrakurikuler Pramuka SMP


PROGRAM KERJA

KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA
GUGUS DEPAN  PANGKALAN
MI/MTS/MA
TAHUN PELAJARAN 2019/2020


IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013





Disusun Oleh
TIM  EKSTRAKURIKULER PRAMUKA


GERAKAN PRAMUKA GUDEP
PANGKALAN MI/MTS/MA
2014



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami ucapkan ke hadirat Allah SWT, atas rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan MI/MTS/MA pada tahun ajaran 2014/2015.
Program kerja ini merupakan acuan bagi Pembina Pramukan serta Dewan Kerja Penggalang Gudep  Pengkalan MI/MTS/MAuntuk menjalankan aktivitas atau kegiatan kepramukaan di lingkungan MI/MTS/MA.
Diharapkan dengan selesainya penyusunan program kerja ini pelaksanaan kegiatan kepramukaan pada Gudep  Pangkalan MI/MTS/MA dapat terarah, terencana dan berhasil dengan baik sehingga berkontribusi postif bagi  peningkatan mutu pendidikan di liungkungan MI/MTS/MA.
Kami menyadari bahwa dalam penyusuan program kerja ini masih jauh dari sempurna. Oleh sebab itu saran dan kritik yang membangun akan kami harapkan demi kesempurnaan Progran Kerja Ektsrakurikuler Pramuka Gugus Depan Pangkalan MI/MTS/MA. Akhirnya semoga program kerja ini bermanfaat bagi kita semua.

...................., 14 Juli  2014
Team Penyusuan

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL ………………………………………………………..
i
HALAMAN PENGESAHAN ……………………………………………..
ii
KATA PENGANTAR ………………………………………………………
iii
DAFTAR ISI …………………………………………………………………
iv
BAB I
:
PENDAHULUAN …………………………………………..
1


A. Latar Belakang ……………………………………………



B. Dasar Kegiatan ……………………………………………



C. Tujuan ……………………………………………………..



D. Sasaran …………………………………………………….

BAB II


VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA GUGUS DEPAN PANGKALAN MI/MTS/MA
A. Visi Gudep MI/MTS/MA
B. Misi Gudep MI/MTS/MA


BAB II
:
PROGRAM EKSTRAKURIKULER PRAMUKA ……



A. Program Umum…………………………. ………………



1. Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik ………….



2. Bidang Pendidikan Orang Dewasa …………………….



3. Bidang Sarana dan Administrasi ………………………



4. Bidang Keuangan ………………………………………



B. Penjabaran Program dalam Semester …………………….



C. Penjabaran Masing-Masing Program ……………………



D. Silabus Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Gudep MI/MTS/MA





BAB III
:
ORGANISASI DAN TATA KELOLA



A. Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan …………..



B. Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang …………..



C. Dewan Kehormatan Penggalang ………………………..



D. Struktur Organisasi Gudep  ………………….
E. Pengelompokkan Peserta / Anggota
F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan





BAB IV
:
PENUTUP …………………………………………………..



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib dilaksanakan di sekolah. Kegiatan dilaksanakan melalui Gugus Depan Gerakan Pramuka yang berpangkalan disekolah. Melalui pendidikan Kepramukaan ini dapat dilakukan pembinaan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Kehidupan berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila, pendidikan pendahuluan bela Negara, kepribadian dan budi pekerti luhur, berorientasi, pendidikan kewiraswastaan, kesegaran jasmani dan daya kreasi, persepsi, apresiasi dan kreasi seni.
Gerakan pramuka sebagai satu-satunya wadah kegiatan kepanduan di sekolah merupakan tempat pendidikan bagi anak-anak yang dilaksanakan dengan penuh kegembiraaan, penuh pendidikan dan dilakukan di luar jam-jam sekolah maupun jam-jam keluarga. Sebagai satu-satunya kegiatan kepanduan, pramuka diharapkan dapat memberikan peranan penting dalam peningkatan dan pembentukan sikap dan mental peserta didik pada sikap yang baik. Sikap baik dalam arti berakhlaq mulia, sopan santun, rasa cinta kasih sesama, patriot, suci dalam segala pikiran maupun perbuatan, bertaqwa kepada tuhannya, dan segala sikap yang lain. Pendek kata diharapkan anggota pramuka dapat melaksanakan Dasa Dharma dan Tri Satya yang merupakan kode etik dan janji pramuka.
Untuk lebih berperan aktif dalam pembentukan sikap, dalam gerakan pramuka perlu adanya keseragaman langkah bagi pengelola gerakan pramuka yang tergabung dalam suatu gugus depan. Ada keterkaitan erat antara siswa didik sebagai anggota pramuka, pembina pramuka dan unsur majelis pembimbing gugus depan. Tanpa kerja sama yang baik dari unsur-unsur tersebut rasanya tidak mungkin pramuka berperan aktif dalam pembentukan sikap peserta didik.
Oleh sebab itu untuk penyelarasan dan penyeragaman langkah, perlu disusun suatu program kerja gugus depan yang berisikan segala sesuatu yang dapat mengatur langkah dan gerak dari gugus depan tersebut. Program kerja sebagai rambu-rambu pelakasanaan kegiatan kepanduan di sekolah merupakan acuan yang wajib dilaksa-nakan oleh unsur-unsur pengelola gugus depan tersebut.

B.     Dasar Kegiatan

Yang menjadi dasar penyusunan program kerja gugus depan pramuka adalah:
1.      Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 238 Tahun 1961 tentang Gerakan Pramuka
2.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1985 tentang Petunjuk Penmyelenggaraan Gerakan Pramuka di Gugus Depan
3.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 041 tahun 1985 tentang Petunjuk Pelaksanaan Administrasi Satuan Pramuka.
4.      Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 57 Tahun 1988 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka
5.      Keputusan Kwartir Nasonal Gerakan Pramuka Nomor 107 Tahun 1999, tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka
6.      Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 045 Tahun 2003 tentang Pokok-pokok Pengorganisasian Gerakan Pramuka.
7.      Program kerja sekolah yang dijabarkan dalam program kerja urusan kesiswaan MI/MTS/MAtahun pelajaran 2014/2015

C.    Tujuan

Tujuan yang hendak dicapai dengan disusunnya program kerja ini:
1.      untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya di bidang pembinaan kesiswaan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa melalui kegiatan kepramukaan
2.      Untuk memberikan arahan kepada pelaksana gugus depan agar pelakasanaan kinerja gugus depan dapat berjalan dengan baik.
3.      Sebagai sarana untuk peningkatan mutu pendidikan kepramukaan di sekolah.

D.    Sasaran

Sasaran pelaksanaan program kerja ini adalah unsur-unsur yang terdapat dalam suatu gugus depan yang meliputi:
1.      Unsur Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) yang diketuai oleh Kepala Sekolah sebagai penguasa tertinggi di sekolah yang dibantu dengan Urusan Kesiswaan, Urusan Kurikulum dan unsur guru yang ditunjuk.
2.      Unsur Pembina Pramuka yang merupakan unsur pelaksana kegiatan secara teknis dalam suatu gugus depan yang meliputi Instruktur Pramuka, pelatih atau anggota pramuka yang minimal mempunyai sertifikat Kursus Mahir Dasar (KMD)
3.      Para pembantu pembina yang meliputi anggota penegak, pandega dan unsur lain yang mempunyai keinginan untuk menjadi anggota pramuka dengan baik.
4.      Peserta didik yang menjadi obyek pendidikan kepramukaan di sekolah yang terbagi dalam siaga, penggalang, penegak dan pandega sesuai dengan tingkat umur peserta didik.

BAB II
VISI MISI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Mengacu pada Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia  Nomor  81a  Tahun 2013  Tentang  Implementasi Kurikulum berkaitan dengan Pedoman Kegiatan Ekstrakurikuler perlu adanya visi misi kegiatan ektrakulikuer. Adapun Visi Misi kegiatan ekstrakurikluer Pramuka pada Gudep MI/MTS/MA adalah sebagai berikut:.

A      Visi :
Visi gugus depan  pangkalan MI/MTS/MA adalah: Pengembangan Potensi Bakat, Minat Serta Mental dan Moral yang Berlandasan IMTAQ dan IPTEK.

B      Misi :
Sedangkan misi gugus depan  pangkalan MI/MTS/MA
1.        Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan  keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta  ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai tuntutan jaman
2.        Memyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan pengembangan potensi, bakat dan minat.
3.        Menyelenggarakan kegiatan kepramukaan dalam rangka meningkatkan sikap, mental dan moral yang berkarakter.
4.        Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi pada pencapaian prestasi.
5.        Melaksanakan kegiatan kepramukaan yang berorientasi kepada pengembangan pola pikir dan nalar, serta keterampilan.




BAB III
PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER PRAMUKA

Program kerja Ekstrakurikuler Pramuka MI/MTS/MAdapat dijelaskan dan dirinci sebagai berikut didasarkan pada waktu pelaksanaan program. Masing-masing kelompok program terbagi dalam beberapa bidang kegiatan. Adapun pembagian kelompok program tersebut adalah sebagai berikut:

A.    Program Umum
1.      Bidang Kegiatan dan Latihan Peserta Didik
a.       Penerapan Sistem Blok Pembinaan Keparamukaan, berupa:Masa Orientasi Anggota Baru selama 3 hari, yang pelaksanaannya dilakukan pada awal semester gasal dengan sasaran siswa kelas VII
b.      Penerapan Sistem Reguler Pembinaan Keparmukaan, melalui kegiatan:
1)      Latihan Rutin
2)      Pencapaian SKU
3)      Pencapaian SKK
     2 macam SKK Agama
     2 macam SKK Patriotisme dan Seni Budaya
     2 macam SKK Ketangkasan dan Kesehatan
     2 macam SKK Ketrampilan dan Teknik Pembangunan
     2 macam SKK Sosial, Perikemanusiaan, Gotong Royong, Ketertiban Masyarakat, Perdamaian Dunia dan Lingkungan Hidup
4)      Peningkatan mutu latihan pramuka penggalang meliputi jenjang:
a)      Ramu
b)      Rakit
c)      terap
5)      Gladian Pemimpin Regu ( 1 kali )
6)      Perkemahan Sabtu Minggu ( 2 kali )
7)      Penjelajahan dan Survival Game
8)      Perkemahan Jauh dan Pengembaraan ( 1 kali )
9)      Lomba Tingkat I ( 1 kali )
10)  Bakti Masyarakat ( 2 kali )
11)  Pengiriman regu penggalang ke tingkat Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Kwartir Nasional
12)  Kegiatan dengan gugus depan lain ( latihan gabungan )
13)  Musyawarah Gugus Depan
2.      Bidang Sarana dan Administrasi
Mengusahakan tersedianya kelengkapan administrasi dan sarana penunjang kegiatan Gugus Depan yang meliputi :
a.       Buku Induk Gugus Depan
b.      Stempel Gugus Depan
c.       Buku Jurnal Kegiatan Harian / Mingguan
d.      Buku Administrasi Keuangan
e.       Daftar Inventaris Gugus Depan
f.       Buku Tamu Gugus Depan
g.      Laporan Semester Gugus Depan
h.      Catatan Peristiwa Penting Gugus Depan ( Log Book )
i.        Pengadaan Tenda Pramuka
j.        Pengadaan alat pionering yang meliputi :
1)      tali pramuka
2)      tongkat
k.      Bendera Gugus Depan yang meliputi:
1)      Bendera Tunas Kelapa
2)      Bendera Pramuka Sedunia Putra
3)      Bendera Pramuka Sedunia Putri
l.        Bendera Semaphore dan Morse
m.    Papan Nama Gugus Depan
n.      Sanggar Bakti Pramuka
3.      Bidang Keuangan
Pengelolaan dana kegiatan yang bersumber dari:
a.       Alokasi dana dari BOS
b.      Sumbangan lain yang tidak mengikat
4.      Bidang Pendidikan Orang Dewasa
a.       Pengiriman pembina untuk kegiatan Kursus Pembina yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
b.      Pengiriman pembina untuk pertemuan-pertemuan yang diadakan Kwartir Ranting maupun Kwartir Cabang
c.       Pertemuan-pertemuan Gugus Depan yang dihadiri oleh MABIGUS

B.     Penjabaran Program dalam Semester
Penjabaran program dalam semester gugus depan  pangkalan MI/MTS/MAdapat dijabarkan sebagai berikut:

PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GANJIL
BULAN : JULI 2014 SAMPAI DENGAN DESEMBER 2014

No
KEGIATAN
BULAN KE
KET
Jul
Ags
Sept
Okt
Nop
Des
1.
Masa Orientasi Anggota Baru (system Blok) 

X





2.
Latihan Rutin (Sistem Reguler)

X
X
X
X
X

3.
Ujian SKU Penggalang Ramu

X
X
X



4.
Ujian SKU Penggalang Rakit


X
X
X


5.
Ujian SKU Penggalang Terap



X
X
X

6.
Ujian SKK

X
X
X
X
X

7.
Gladian Pemimpin Regu


X




8.
Perkemahan Dekat ( Persami )

X


X


9.
Penjelajahan dan Halang Rintang


X




10.
Bakti Masyarakat




X


11.
Latihan gabungan

X


X


12.
Lomba Tingkat I





X

13.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

14
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
Menyesuaikan





PROGRAM KERJA GUGUS DEPAN SEMESTER GENAP
BULAN : JANUARI 2015 SAMPAI DENGAN JUNI 2015


No
KEGIATAN
BULAN KE
KET
Jan
Peb
Mar
Apr
Mei
Jun
1.
Latihan Rutin (Sistem Reguler)
X
X
X
X
X


2.
Ujian SKU Penggalang Ramu
X
X
X
X



3.
Ujian SKU Penggalang Rakit


X
X
X


4.
Ujian SKU Penggalang Terap



X
X


5.
Ujian SKK

X
X
X
X
X

6.
Gladian Pemimpin Regu





X

7.
Perkemahan Dekat ( Persami )



X



8.
Penjelajahan dan Halang Rintang

X


X


9.
Bakti Masyarakat





X

10.
Latihan gabungan




X


11.
Laporan Semester ke Kwartir Ranting





X

12.
Pemilihan pramuka terbaik




X


13.
Musyawarah Gugus Depan





X

14.
Perkemahan jauh dan Pengembaraan





X

15.
Mengikuti kegiatan di Kwartir Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional
Menyesuaikan


C.    Penjabaran Masing-Masing Program

D.    Silabus Kegiatan
SILABUS DAN MATERI KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG RAMU
GUGUS DEPAN MI/MTS/MA



No.
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator
Materi Kegiatan
1



1.     Memahami sejarah singkat berdirinya pramuka dan mengamalkan kode kehormatan pramuka dalam segala aspek kehidupan



1.1   Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
1.1     Mengetahui sejarah singkat pramuka dunia
Sejarah kepramukaan dan kode kehormatan Pramuka
1.2   Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia
1.2     Mengetahui sejarah singkat pramuka di Indonesia

1.3   Mengetahui dan mengamal kan Tri satya pramuka dan Dasa Dharmadalam kehidupan keluarga, sekolah & masyarakat

1.3     Menghafalkan Dwi Satya Pramuka dan Dasa Dharma
 Dasa Dharma dan Trisatya
1.4     Mengamalkan Dwi Satya Pramuka dalam kehidupan keluarga , sekolah dan masyarakat

2

2.     Memahami makna PBB serta manfaat PBB dalam pendidikan kepramukaan serta mampu mengimplementasikan dalam upacara Penggalang

2.1   Memperagakan gerak lanjutdalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/ kiri, balik kanan / kiri)
2.1     Memperagakan gerak dasar dalam PBB (sikap sempurna, hadap kanan/kiri, balik kanan/kiri)
PBB dan Latihan Upacara
2.2   Memperagakan upacaraPenggalang  di  lapangan
2.2     Memperagakan upacara Penggalang di lapangan

3


3.     Memahami macam-macam SANDI dan mengetahui fungsi bendera semaphore


3.1   Mengetahui macam-macam SANDI
3.1     Mengetahui macam-macam SANDI
Huruf SANDI
3.2   Mengetahui fungsi bendera Semaphore
3.2     Mengetahui fungsi bendera Semaphore
Semaphore
3.3   Memperagakan bendera semaphore dengan benar
3.3     Memperagakan bendera semaphore dengan benar

4
4.     Memahami manfaat kegunaan kompas dalam kehidupan sehari-hari
4.1   Menggunakan pedoman kompas dengan benar
4.1     Menggunakan pedoman kompas dengan benar
Pedoman kompas
5


5.     Memahami penggunaan tali, cara mendirikan tenda dan berkemah


5.1   Membuat macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
5.1     Mengetahui macam-macam simpul tali dan menyambung tongkat
Tali temali, cara mendirikan tenda, dan berkemah
5.2   Membuat tandu dan kaki tiga
5.2     Membuat tandu dan kaki tiga

5.3   Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda
5.3     Mengetahui cara dan praktek mendirikan tenda

6

6.     Memahami arti dan manfaat api unggun dalam kepramukaan

6.1   Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
6.1     Mengetahui bentuk dan kegunaan api unggun dalam berkemah
Api unggun
6.2   Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah
6.2     Membuat miniatur api unggun di lapangan sekolah

7

7.     Memahami resep dasar memasak

7.1   Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
7.1     Membuat resep / bumbu masakan / rujak-an sederhana
Tata boga
7.2   Latihan memasak  tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)
7.2     Latihan memasak tingkat lanjut (membuat sayur dan lauk-pauk)

8

8.     Memahami cara membuat hasta karya

8.1   Membuat kerajinan dari jerami / dedaunan (atap gubug)
8.1     Membuat kerajinan dari jerami/dedaunan (atap gubug)
Hasta karya Pramuka
8.2   Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas
8.2     Membuat kerajinan dari alam sekitar / barang bekas

9


9.     Memahami lambang gerakan pramuka serta tata struktur organisasi pramuka


9.1   Mengetahui lambang gerakan pramuka
9.1     Mengetahui lambang gerakan pramuka
Lambang Gerakan Pramuka dan struktur kepramukaan
9.2   Mengetahui definisi struktur organisasi pramuka sekolah
9.2     Mengetahui definisi dan struktur organisasi pramuka sekolah

9.3   Membentuk kepengurusan regu
9.3     Membentuk kepengurusan regu

10
10.   Memahami definisi musyawarah dan mufakat pramuka
10.1 Mengetahui arti musyawarah secara sederhana
10.1   Mengetahui arti musyawarah  dan mufakat secara sederhana
Musyawarah dan mufakat Pramuka


10.2 Bermusyawa rah membuat jadwal latihan lanjut
10.2   Bermusyawarah membuat jadwal latihan lanjut

11

11.   Memahami tanda-tanda jejak peta dalam kepramukaan

11.1 Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
11.1   Mengetahui berbagai tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
Mencari jejak dan penggunaan peta
11.2 Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan
11.2   Menggunakan tanda jejak dan peta dalam kepramukaan

12


12.   Memahami definisi dan praktek P3K


12.1 Mengetahui arti P3K
12.1   Mengetahui arti P3K
P3K
12.2 Mengetahui cara dalam praktek P3K
12.2   Mengetahui cara praktek P3K

12.3 Memperagakan P3K dan PPSD
12.2   Memperagakan P3K dan PPGD

13


13.   Memahami definisi jelajah alam dan out bound


13.1 Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan outbond
13.1   Mengetahui pengertian dasar jelajah alam dan out bound
Jelajah alam dan out bout
13.2 Mengetahui macam-macam jenis out bound
13.2   Mengetahui macam-macam jenis outbound

13.3 Jelajah alam dan out bound sederhana
13.3   Jelajah alam dan out bout sederhana

14

14.   Memahami  macam-macam lagu wajib dan lagu daerah.

14.1 Mengetahui macam- macam lagu wajib dan lagu daerah
14.1   Mengetahui macam-macam lagu wajib dan lagu daerah
Lagu-lagu wajib dan daerah
14.2 Menyanyikan lagu wajib dan daerah dengan lafal dan intonasi yang benar
14.2   Menyanyikan lagu wajib dan salh satu lagu daerah dengan lafal dan intonasi yang benar

15

15.   Memahami makna bakti karya Penggalang.  

15.1 Mengetahui makna bakti karya Penggalang
15.1   Mengetahui makna bakti karya Penggalang
Bakti karya
15.2 Bakti karya Penggalang untuk desa
15.2   Bakti karya penggalang untuk masyarakat pegunungan




BAB III
ORGANISASI DAN TATA KELOLA

A.      Susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan
Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) disusun berdasarkan jabatan dinas di suatu gugus depan. Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) terdiri dari unsur pejabat di sekolah tempat gugus depan tersebut berada. Adapun susunan Majelis Pembimbing Gugus Depan dapat dibarkan sebagai berikut :
1.         Ketua                :                                                 (Kepala Sekolah)
2.         Anggota            :                                                 (Wakil Kepala Sekolah)
3.         Anggota            :                                                 ( Pembina OSIS)
4.         Anggota            :                                                 (Guru)
5.         Anggota            :                                                 (Pembina Harian Putra)
6.         Anggota            :                                                 (Pembina Harian Putri)

B.       Susunan Pengurus Dewan Kerja Penggalang
Dewan Kerja Penggalang pada prinsipnya adalah dewan kerja gugus depan yang bertugas melaksanakan kegiatan kepramukaan di lingkungan gugus depan. Dewan kerja bertugas membantu pembina pramuka dalam menjalankan aktivitas kepramukaan. Disamping itu Dewan Kerja Penggalang juga berfungsi panitia kegiatan untuk kegiatan-kegiatan kepramukaan yang bersifat kecil, mendadak, atau rutin. Sedang untuk kegiatan yang bersifat besar atau insidental dibentuk panitia kegiatan tersendiri.
Unsur yang membentuk Dewan Kerja Penggalang terdiri dari pemimpin regu utama (pratama), pemimpin regu (pinru) dan wakil pemimpin regu (wapinru), serta anggota pramuka yang dianggap cakap. Adapun susunan pengurus Dewan Kerja Penggalang Gudep  MI/MTS/MAsebagai berikut:
1.      Ketua                         :                                                               (kelas )
2.      Wakil Ketua              :                                                               (kelas )
3.      Sekretaris I                :                                                               (kelas )
4.      Sekretaris II               :                                                               (kelas )
5.      Bendahara I               :                                                               (kelas )
6.      Bendahara II             :                                                               (kelas )
7.      Seksi-Seksi                :
a.    Bidang Kegiatan dan Operasional Teknik Kepramukaan (Giatoptekpram):
1.                                                           (kelas )
2.                                                           (kelas )
3.                                                           (kelas )
4.                                                           (kelas )
b.    Bidang Adminsitrasi dan Organisasi
1.                                                          (kelas )
2.                                                          (kelas )
3.                                                          ((kelas)
4.                                                          ((kelas)
c.    Bidang Hubungan Masyarakat
1.                                                           (kelas )
2.                                                           (kelas )
3.                                                           (kelas )
4.                                                           (kelas )

C.      Dewan Kehormatan Penggalang
Dewan Kehormatan Penggalang terdiri atas anggota pramuka yang sudah mencapai Terap dan sudah kelas III. Dewan Kehormatan bekerja jika diperlukan dalam kegiatan insidental. Dewan Kehormatan Penggalang mempunyai tugas memberikan masukan, saran atau nasehat serta membantu pembina dalam memberikan penilaian terhadap kinerja Dewan Kerja Penggalang. Adapun susunan Dewan Kehormatan Penggalang adalah :
1.         Ketua                          :   
2.         Anggota                     :   
3.         Anggota                     :   
4.         Anggota                     :   
5.         Anggota                     :   
6.         Anggota                     :   
D.      Struktur Organisasi Gudep
 













E.   Pengelompokkan Peserta / Anggota
Peserta kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dikelompok dalam 3 kolompok yakni 1) Kelompok Penggalang Ramu; 2) Kelompok Penggalang Rakit; 3) Kelompok Penggalang Terap, Dengan ketentuan sbb:
1)      Peserta didik yang belum pernah mengikuti pelantikan penggalang Ramu saat di Sekola Dasar, masuk dalam kelompok Penggalang Ramu.
2)      Peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Ramu, penggalang Rakit, maupun Penggalang terap (dibuktikan dengan SKU) pada saat di Sekolah Dasar dimasukkan dalam kelompok Penggalang Rakit.
3)      Kelompok Penggalang Terap, hanya diperuntukan  bagi peserta didik yang telah mengikuti pelatikan penggalang Rakit pada saat ia telah menjadi siswa SMP.
Untuk keperluan tersebut dibutuhkan minimal 3 orang Pembina. Namun apabila diberlakukan kelas/kelompok terpisah (pa/pi), dibutuhkan minimal 6 orang Pembina.

F. Pelaksanaan Latihan / Kegiatan
1.      Pelaksanaan kegiatan latihan rutin dilakukan di sekolah satu minggu satu kali.
2.      Pelaksanaan latihan lebih difokuskan pada kegiatan praktek dan tetap memperhatikan ketertiban dan keamanan, berupa kegiatan nyata yang memberi kesempatan kepada peserta didik menerapkan pengetahuan dan kecakapan yang sesuai dengan usia.
3.      Pelaksanaan kegiatan dilakukan secara praktis yaitu : sederhana, mudah, memanfaatkan sumberdaya yang ada dan menghemat biaya tetapi berhasil guna dan tepat guna.
4.      Setiap Pembina pramuka wajib membuat Program Tahunan, Program Semester dan Rencana PelaksanaanKegiatan (RPK)

G. Penilaian Kegiatan Pramuka
Penilaian  Pendidikan  Kepramukaan  mencakup  hal-hal  sebagai berikut:
1)      Penilaian dilakukan lebih banyak secara kualitatif.
2)      Peserta  didik  diwajibkan  untuk  mendapatka nnilai minimal baik pada  kegiatan  ekstrakurikuler  wajib  pada  setiap semester.
3)      Nilai yang  diperoleh  pada  kegiatan  Ekstrakurikuler  Wajib Kepramukaan berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik.
4)      Apabila Nilai  di  bawah baik dalam  dua  semester  atau  satu  tahun namun berdasarkan keputusan rapat guru akan dinaikan, peserta didik yang bersangkutan harus mengikuti  program  khusus  yang  diselenggarakan  bagi  mereka (Modifikasi Prilaku)
5)      Kriteria  keberhasilan kompetensi lebih  ditentukan  oleh proses dan keikutsertaan peserta didik.
6)      Proses penilaian dilaksanakan setiap kali latihan dan setiap hari di dalam proses pelatihan pramuka.
7)      Proses  penilaian  dilaksanakan  dengan  metode  Observasi dan Partisipasi.
8)      Proses  penilaian  Keterampilan  Kepramukaan  disesuaikan dengan  Kompetensi  Dasar  dari  masing-masing  Tema  dan Matapelajaran.  sebagai  penguatan  yang  bermuatan  Nilai  Sikap dan Keterampilan dalam Kurikulum 2013.
9)      Proses  Penilaian  dilakukan  oleh  Teman,  Guru  Kelas/Guru Matapelajaran,  Pemangku  Kegiatan  dan/atau  Pembina Pramuka.
10)  Pelaporan nilai dituangkan dalam bentuk deskripstif dengan mengacu kriteria.

BAB IV
PENUTUP

Demikian program kerja Gugus Depan  Pangkalan MI/MTS/MAtersusun, dengan harapan dapat menjadi acuan bagi gerak dan kerja pramuka di gugus depan. Disamping itu program kerja ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi sekolah dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan kegiatan kepramukaan pada MI/MTS/MA.
Perlu disadari bahwa dalam penyusunan program kerja ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh sebab itu saran dan kritik sangat diharapkan demi perbaikan dan penyempurnaan program kerja ini. Akhirnya semoga program kerja ini dapat bermanfaat bagi semua.


Demikian artikel tentang program kegiatan ekstrakurikuler pramuka smp semoga membantu.
LihatTutupKomentar