-->

Unduh Format Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah

Unduh Format Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah


Program kerja diperuntukan dengan tujuan untuk melihat gambaran kegiatan dan anggaran yang hendak dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Sebagai instruktur tari sekolah atau pembina ekstrakurikuler tari tentu anda harus membuat program yang jelas dengan rincian kegiatan dan sumberdana yang jelas pula. Untuk membantu saudara semuanya maka pada kesempatan kali ini kami akan bagikan unduh format program kerja ekstrakurikuler Tari tingkat sekolah.

Gambaran program Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah seperti ini

Program Kerja
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER SENI TARI
SMPN 4 SATU ATAP KARANGRAYUNG





Format Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah


 PEMERINTAH KABUPATEN GROBOGAN
TAHUN AJARAN
2017/2018








KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan taufik dan hidayahnya kepada kita semua serta dengan rahmatnya program kerja ekstrakurikuler SENI TARI SMPN 4 Satu Atap Karangrayung dapat diselesaikan.
Program ini merupakan pedoman bagi Pembina ekstrakurikuler SENI TARI, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik, tertib, aman dan lancar sesuai dengan aturan yang berlaku
Program ini dapat pula berfungsi sebagai bahan informasi serta masukan bagi pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pemantauan terhadap kegiatan ekstrakurikuler SENI TARI SMPN 4 Satu Atap Karangrayung.
Program kerja ini masih jauh dari kata sempurna, oleh karena itu kami dengan terbuka menerima saran, kritik dan masukan dari semua pihak agar dapat melakukan perbaikan dan penyempurnaan dimasa yang akan datang.

DAFTAR ISI
  1. KATA PENGANTAR……………………………………………………… i
  2. DAFTAR ISI……………………………………………………………….. ii
  3. LATAR BELAKANG……………………………………………………… 1
  4. PROGRAM KERJA EKSTRAKURIKULER…………………………….. 3
  5. PROGRAM KEGIATAN LAINNYA…………………………………….. 4
  6. PENUTUP…………………………………………………………………. 5
  7. LAMPIRAN……………………………………………………………….. 6



BAB I
PENDAHULUAN


A.    LATAR BELAKANG

Pada zaman berkembang saat ini pendidikan seni, khususnya seni tari merupakan satu diantara wadah para siswa untuk menyalurkan bakat seninya. Pendidikan seni yang diberikan oleh sekolah terdapat pada KBM dan kegiatan ekstrakurikuler. SENI TARI SMPN 4 Satu atap Karangrayung  merupakan salah satu wadah penyaluran bakat seni khususnya seni tari yang terdapat di SMPN 4 Satu atap Karangrayung  . Kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat di SENI TARI yaitu berlatih tentang kemampuan siswa dalam bergerak khususnya menari. Tari sendiri terbagi menjadi beberapa cabang yaitu tari tradisi, tari kreasi dan tari modern. Didalam ekstrakurikuler seni tari ini, mengajak siswa untuk berkreativitas khususnya dalam bidang seni tari.
Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu. Sedangkan musik adalah suatu ungkapan jiwa yang di ekspresikan melalui gerak-gerak tubuh kemudian diberi sentuhan seni agar gerak tersebut menjadi selaras dan bernilai estetis. Jadi, bisa disimpulkan bahwa seni tari adalah suatu kemampuan seseorang dalam mengekspresikan diri mereka melalui gerak-gerak yang indah sehingga terciptalah sebuah gerak tari kreativitas siswa.
Pendidikan seni tari bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan. Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni tari juga dapat mengembangkan kepribadiannya.
Pendidikan seni tari diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Pendidik dapat membentuk kelompok dalam performan terhadap lagu daerah, sehingga akan membantu peserta didik untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka. Strategi ini dapat memberikan pengalaman dan kesadaran, serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur, dan akhirnya akan mengurangi prasangka terhadap etnis sesama peserta didik atau etnis kelompok lain. Sehingga dengan pengurangan prasangka justru akan menumbuhkan sikap terbuka dan terjalinnya kerjasama, serta iklim kultur yang positif.
Pendidikan seni tari dapat merangsang peserta didik untuk berkreativitas. Yaitu kreatif dalam berkreasi dengan berbagai gerak-gerak yang bervariasi. Aktivitas-aktivitas demikian tidak hanya membentuk kreativitas di bidang seni tari saja, tetapi dapat mengembangkan pola pikir kreatif yang sangat berguna untuk menjalani hidup di masa depan.





B.     VISI DAN MISI

  1. VISI

Visi dalam ekstrakurikuler SENI TARI melatih keterampilan anggota ekstrakurikuler serta keberanian dalam bersikap kreatif, apresiatif, dan ekspresif. Serta melatih sikap cinta tanah air melalui berkesenian sehingga dapat bersaing baik di dalam dan diluar sekolah.
  1. MISI
Menciptakan anggota SENI TARI yang kreatif, apresiatif, ekspresif sehingga dapat bersaing dalam kegiatan-kegiatan kesenian khususnya seni tari. Serta dapat menjadi kebanggan pihak sekolah dan anggota SENI TARI.

  

BAB II
PROGRAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER



1.        Melaksanakan pembinaan dan bimbingan secara berkesinambungan bagi anggota SENI TARI.
2.        Melaksanakan pendidikan seni bagi anggota SENI TARI untuk menciptakan siswa yang kreatif, apresiatif dan ekspresif.
3.        Peningkatan mutu dan jumlah anggota SENI TARI SMPN 4 Satu atap Karangrayung
4.        Menyelenggarakan latihan rutin dan pembinaan calon anggota SENI TARI
5.        Mempersiapkan personil grup tari dalam mengisi cara disekolah maupun lomba-lomba




BAB III
PROGRAM KEGIATAN LAINNYA

Kegiatan ikut serta / Partispan

  1. Mengikuti lomba lomba kesenian tari yang diadakan oleh ivent ivent  yang di adakan oleh lingkungan pendidikan kecamatan atau kabupaten
  1. Mengahadiri undangan dari pihak sekolah lain atau instansi luar.

Kegiatan Umum

  1. Memonitor pelaksnaan seluruh kegiatan yang telah disusun selama setahun.
  2. Mengevaluasi seluruh kegiatan yang telah dilaksanakan dalam setahun dan mengarsipkan seluruh kegiatan tersebut dalam laporan.
  1. Menyusun program untuk tahun-tahun berikutnya.
  2. Mendokumentasikan segala kegiatan / aktivitas kegiatan SENI TARI.
  3. Mengisi acara dalam kegiatan-kegiatan hiburan sekolah.


BAB V
PENUTUP

Demikikan program kegiatan ektrakurikuler SENI TARI SMPN 4 Satu Atap Karangrayung disusun dengan harapan kiranya dapat dijadikan acuan dalam pelaksanaan kegiatan dan penyusunan program yang mendatang.
Selain itu diharapkan adanya hubungankerja sama yang serasi, selaras, saling mengisi secara gotong royong dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.
Semoga Allah SWT memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua untuk dapat melaksanakan tugas mendidik generasi muda dengan sekses demi kepentingan masyarakat, bangsa dan Negara.
                                                                                    Karangrayung,  2 Agustus 2017
                                                                                    Kordinator Seni Tari



Lembar Pengesahan

Program  SENI TARI SMPN 4 Satu Atap Karangrayung
Tahun ajaran 2017/2018

Pelatih Seni Tari
Noviana Yayuk Sesanti,S.Pd


Mengetahui :
Kepala Sekolah                                                         Pembina Ekskul Seni Tari                                                



Marko, S.Pd                                                            Noviana Yayuk Sesanti,S.Pd
NIP. 19630716 198405 1 001                                  NIP.


Lampiran 1
PENYELENGGARAAN EKSTRAKURIKULER

PEMBINA
  1. Kordinator : Putri Nandia S.Pd

PESERTA
Seluruh anggota ekstrakurikuler SENI TARI SMPN 4 Satu atap Karangrayung
WAKTU DAN TEMPAT

Waktu : Hari Rabu pukul 15.00-17.00
Tempat : Ruang Lab. IPA

MATERI

  1. Olah tubuh
  2. Pengenalan gerak tari dasar
  3. Olah rasa
  4. Tari Tradisi Daerah
  5. Tari Kreasi


 Silakan anda Unduh Format Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah pada link berikut.


Demikian artikel tentang Unduh Format Program Kerja ekstrakurikuler Tari Sekolah semoga bermanfaat

LihatTutupKomentar