Format program supervisi Akademik Sekolah terbaru
Supervisi adalah kegiatan kontrol dan evaluasii program yang telah dijalankan. supervisi akademik adalah kegiatan dalam rangka melakukan kontroling dan evaluating kegiatan akademis sekolah. Bagaimana format program supervisi akademik untuk sekolah? Yuk mari kita lihat viewnya.
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Perubahan paradigma penyelenggaraan pendidikan dari
sentralisasi ke desentralisasi telah mendorong terjadinya perubahan
dan pembaharuan pada beberapa aspek pendidikan, termasuk pula
dalam upaya membina dan meningkatkan kinerja guru yang dilakukan
oleh kepala sekolah. Kompetensi
supervisi merupakan satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang
kepala sekolah setelahnya kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan
profesional.
Secara
etimologi, kata ”pengawasan (supervisi)”, berasal dari istilah Inggeris
”supervision”, terdiri dari dua kata ”super (lebih)” dan ”Vision (melihat)”,
yang berarti ”melihat dari atas” (S. Arikunto, 2004 : 4), sehingga supervisi
dapat diartikan sebagai kegiatan memperhatikandengan seksama terhadap suatu
pekerjaan secara keseluruhan.Sedangkan orang yang
melakukan supervisi lebih dikenal dengan sebutan supervisor atau pengawas. Kepengawasan
di sekolah yang dilakukan secara terus menerus setiap saat dilakukan oleh
seorang kepala sekolah, sedangkan yang insidental dan tidak langsung dilakukan
oleh seorang pengawas sekolah.
Menurut
Jam’an Satori (1999) dalam Dadang Suhardan (2006:28), supervisi
adalah pengawasan profesional yang dijalankan berdasarkan kaidah-kaidah
keilmuan. Oleh karena itu pengawasan satuan pendidikan tidak dapat dilakukan
oleh sembarangan orang, namun harus oleh orang yang telah memiliki kompetensi
khusus yang telah dipersiapkan terlebih dahulu dari waktu
sebelumnya. Supervisi Pendidikan merupakan disiplin ilmu yang
memfokuskan diri pada pengkajian peningkatan situasi belajar mengajar,
memberdayakan guru dan mempertinggi kualitas mengajar.Sehingga dampaknya
dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, prestasi belajar siswa,
dan berarti meningkatlah kualitas lulusan sekolah itu (S. Arikunto,
2004 : 5).
Apabila didasarkan pada
konsep pengertian di atas, kegiatan supervisi dibedakan menjadi dua, yaitu
(1) supervisi akademik(pengawasan operasional), dan (2). Supervisi
manajerial (pengawasan administrasi/pengawasan organisasional).
Supervisi akademik, menitik beratkan pengamatan pada masalah yang langsung
berada dalam lingkup pembelajaran yang dilakukan guru untuk membantu siswa
ketika sedang dalam proses belajar. Sedangkan supervisi
manajerial menitik beratkan pengamatan pada aspek-aspek administrasi sebagai
lingkungan belajar yang berfungsi mendukung kepada terlaksananya pembelajaran.
Kedua bentuk kegiatan supervisi itu, disebut
sebagai supervisi pendidikan.
Berdasarkan uraian latar belakang di
atas seperti halnya tahun lalu, pada tahun pelajaran
sekarang ingin juga melakukan kegiatan supervisi ,
sehingga terlebih dahulu membuat program yang diberi
judul “Program Supervisi SD Negeri 2 Raharja Tahun Pelajaran 2013/2014
B. Dasar Hukum
Penyusunan program kegiatan
supervisi tahun pelajaran 2013/2014 ini di dasarkan kepada :
1. UUD 1945 Pasal 31
2. Undang-undang No.
20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional
3. Permendiknas Nomor 19
Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4. Peraturan Menteri Negara
Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
No.16/2009 Tentang Jabatan
Fungsional Guru dan Angka Kreditnya
5. Kalender Pendidikan tahun ajaran 2013/2014
C. Tujuan
Tujuan dari penyusunan program
supervisi ini antara lain :
1. Sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan
supervisi secara keseluruhan dan tepat.
2. Meningkatkan Kompetensi dan kineja guru
dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar yang bermakna dan
berkualitas.
3. Sebagai Standar ukur mercapai KKM dan SKL
yang ditetapkan dalam Kurikulum SD Negeri 2 Raharja .
4. Sebagai pedoman mencampai angka kredit
pendidik melalui mekanisme PKG
5. Sebagai pedoman untuk meningkatkan
kompetensi pendidik dalam pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB).
6. Meningkatkan mutu pendendidikan khususnya
di SD Negeri 2 Raharja.
D. Sasaran
Sasaran dari program
kegiatan ini adalah :
1. Seluruh guru SD Negeri 2 Raharja yang
terdiri dari :
NO
|
JENIS GURU
|
PNS
|
NON PNS
|
JUMLAH
|
1.
|
Guru Kelas
|
5
|
3
|
8
|
2.
|
Guru Pendidikan Agama Islam
|
1
|
-
|
1
|
3.
|
Guru Penjaskes
|
1
|
-
|
1
|
JUMLAH
|
7
|
3
|
10
|
E. Hasil yang diharapkan
Adapun hasil yang diharapkan dari kegiatan supervise ini adalah :
1. Terlaksananya supervisi
secara keseluruhan dan tepat sasaran.
2. Meningkatnya kompetensi
dan kinerja guru serta terwujudnya pembelajaran yang bermakna
3. Tercapainya KKM dan SKL
sesuai Kurikulum SD Negeri 2 Raharja
4. Tercampainya angka
kredit pendidik sesuai dengan mekanisme PKG
5. Meningkatnya kompetensi
pendidik melalui mekanisme PKB
6. Meningkatnya mutu
pendidikan di SD Negeri 2 Raharja.
F. Metode Penyusunan Program
Dalam menyusun program kegiatan ini
Penyusun Mencoba menggunakan metode deskriptif yakni dengan
bercermin pada kegiatan sejenis yang sudah biasa dilakukan, dan berusaha
mengamati,memantau dan menganalisa serta menghubungkan perencanaan dan
pelaksanaan dan fakta-fakta kenyataan dilapangan yang mengacu pada Peraturan
Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi
BirokrasiNo.16/2009 Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka
Kreditnya. Sehingga hasilnya dapat diperkirakan mampu diterima oleh dua belah
pihak antara supervisor dan yang disupervisi, serta tidak terlalu
menyimpang dari aturan yang berlaku.
G. VISI DAN MISI SEKOLAH
1. VISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA
“ MEWUJUDKAN INSAN YANG CERDAS, TERAMPIL
DIDASARI IMAN DAN TAQWA SERTA CINTA LINGKUNGAN HIDUP
MENUJU SEKOLAH SEHAT ”.
2. MISI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 RAHARJA
a. Mengembangkan pembelajaran
melalui pendekatan PAIKEM
b. Meningkatkan
keimanan ,ketakwaan dan membina akhlak mulia
c. Mengefektifkan extrakurikuler pramuka dan Olahraga
d. Menyiapkan generasi yang memiliki dasar dibidang IPTEK
e. Menanamkan cinta lingkungan hidup
f. Membudayakan hidup sehat
Untuk
mencapai misi tersebut, disiapkan langkah strategis sebagai berikut
1. Melaksanakan program peningkatan kompetensi personil
sesuai Tugasdan Fungsinya.
2. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan sesuai kebutuhan.
3. Mengoptimalkan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, metode,
teknik, dan pemilihan media serta alat belajar yang sesuai.
4. Melaksanakan program pengembangan diri melalui bimbingan,kegiatan
ekskul, serta pembiasaan yang dilandasi nilai budaya dan karakter
bangsa.
5. Mengembangkan budaya sekolah yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa
serta cita lingkungan hidup menuju sekolah sehat.
6. Membangun Sistem Informasi Manajemen Pendidikan
7. Menjalin hubungan kemitraan dengan orang tua, steakholder dan masyarakat
dalam mengembangkan program sekolah.
3. TUJUAN SEKOLAH
1. Membangun peserta didik yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan
Yang Maha Esa dan berahlak mulia serta sehat jasmani dan rohani.
2. Meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian,
akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan
lebih lanjut.
3. Peserta didik memiliki nilai-nilai budaya dan karakter bangsa dan
mengaktulisasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Peserta didik memiliki kemampuan mengapresiasi nilai sosial
budaya daerah maupun budaya nasional
5. Menghasilkan lulusan yang berkompetensi siap di
tingkat pendidikan lanjutan
6. Peserta didik dapat meraih prestasi akademik dan non akademik pada
event-event berjenjang maupun Insidentil yang dilaksanakan oleh pemerintah
maupun swasta.
7. Menjadikan peserta didik yang kreatif, terampil dan mandiri untuk
dapat mengembangkan diri serta cinta lingkungan hidup menuju sekolah
sehat.
BAB II
PROGRAM LAYANAN
SUPERVISI
TAHUN PELAJARAN
2013/2014
A. Jadwal
Layanan Supervisi Tahun Pelajaran 2013/2014
Kegiatan
Supervisi Tahun Pelajaran 2013/2014 diawali dengan tahap
supervise manajerial administratif dan supervise akademik/proses pembelajaran
serta Refleksi, bimbingan dan pengawasan serta tindak lanjut .
Adapun
jadwal layanan supervisi yang akan dilaksanakan sebagai berikut :
Semester Ganjil
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
1
|
Penyusunan Program Supervisi
|
-Terwujud program supervisi akademik dan
supervise Manajerial
|
Program supervisi perencanaan PBM,
pelaksanaan PBM, perbaikan dan pengayaan,Bimbingan dan pembinaan
|
Minggu ke 4 bulan Agustus 2013
|
2
|
Sosialisasi program yang hendak
dilaksanakan
|
-Mensosialisasikan seluruh
program,tujuan dan sasaran supervisi
|
-Seluruh guru sebagai sasaran supervisi
-Tenaga Pendidik yang magang
|
Awal tahun pelajaran 2013/2014
|
3
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan dilakukan di KKG tingkat
sekolah
|
-Melakukan anilisis SK/KD dan penyusunan
Indikator Pencapaian KD,yang bersifat tematik, dan mengaplikasikan budaya
karakter bangsa
|
Guru Kelas 1-2-3 dan guru mapel
|
Minggu ke 3 bulan September 2013
|
4
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan dilakukan di KKG tingkat
sekolah
|
- Melakukan anilisis SK/KD dan
penyusunan Indikator Pencapaian KD,yang bersifat parsial ,dan mengaplikasikan
budaya karakter bangsa
|
Guru Kelas 4-5 – 6 dan guru mapel
|
Minggu ke 2 bulan September 2013
|
5
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan dilakukan di KKG tingkat
sekolah
|
-Penyusunan promes,silabus , RPP dan
penentuan KKM
|
Guru Kelas 1-2-3 dan guru mapel
|
Minggu ke 3 bulan September 2013
|
6
|
Supervisi/bimbingan
perencanaan dilakukan di KKG tingkat
sekolah
|
-Penyusunan promes,silabus , RPP dan
penentuan KKM
|
Guru Kelas 4-5 – 6 dan guru mapel
|
Minggu ke 3 bulan September 2013
|
7
|
Supervisi manejerial
(administrative)
|
-Mengetahui dan meningkatkan kemampuan
guru kelas dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru Kelas 1-2-3
|
Minggu ke 4 bulan September 2013
|
8
|
Supervisi manejerial
(administrative)
|
-Mengetahui dan meningkatkan kemampuan
guru kelas dalam merencanakan proses pembelajaran serta administrasi lainnya.
|
Guru Kelas 3-4-6
|
Minggu ke 4 bulan September 2013
|
9
|
Supervisi manejerial
(administrative)
|
-Mengetahui dan meningkatkan kemampuan
guru mata pelajaran
dalam merencanakan proses pembelajaran
dan administrasi lainnya
|
Guru mapel PAI
Guru maple Penjas
|
Minggu ke 1 bulan Oktober 2013
|
10
|
Supervisi terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 1-2
|
Minggu ke 4 bulan September 2014
|
11
|
Supervisi terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 3-4
|
Minggu ke 1 bulan Nopember 2013
|
12
|
Supervisi terhadap Proses pembelajaran
|
- Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 5-6
|
Minggu ke 2 bulan Nopember 2013
|
13
|
Supervisi terhadap Proses pembelajaran
|
Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Mata Pelajaran
|
Minggu ke 3 bulan Nopember 2013
|
Semester Genap
NO
|
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
WAKTU
|
1
|
Supervisi
Manajerial Perencanaan pembelajaran
(administrative)
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas dalam membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru Kelas 1-2
|
Minggu ke 3 bulan Januari 2014
|
2
|
Supervisi
Manajerial Perencanaan pembelajaran
(administrative)
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas dalam membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru Kelas 3-4
|
Minggu ke 4 bulan Januari 2014
|
3
|
Supervisi
Manajerial Perencanaan pembelajaran
(administrative)
|
--Mengetahuidan meningkatkankemampuan guru kelas dalam membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru Kelas 5-6
|
Minggu ke 1 bulan Pebruari 2014
|
4
|
Supervisi
Manajerial pembelajaran
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas dalam membuat Silabus, Promes,RPP
|
Guru Mata Pelajaran PAI dan Penjaskes
|
Minggu ke 2 bulan Pebruari 2014
|
5
|
Supervisi akademik terhadap Proses
pembelajaran
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 1-2
|
Minggu ke 3 bulan Pebruari 2014
|
6
|
Supervisi terhadap Proses
pembelajaran
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 3-4
|
Minggu ke 4 bulan Pebruari 2014
|
7
|
Supervisi akademik terhadap Proses
pembelajaran
|
-Mengetahui dan meningkatkankemampuan guru kelas
dalam melakukan proses pembelajaran
|
Guru Kelas 5-6
|
Minggu ke 2 bulan Maret 2014
|
Jika anda mengingikan file Format program supervisi Akademik Sekolah terbaru silakan anda download pada link di bawah ini.
Demikian artikel tentang program supervisi akademik sekolah terbaru. semoga bermanfaat dalam rangka penyelenggaraan sekolah anda.