-->

MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7


Baiklah kawan kawan kali ini kita akan belajar materi lengkap konsep perbandingan tingkat SMP K2013 untuk kelas 7. Selain materi yang akan kita paparkan panjang lebar kita juga akan belajar contoh soal dan penyelesaiannya. Dengan begitu belajar akan lebih mudah dan menyenangkan untuk kita semua.

Oke kita mulai saja 

A. PERBANDINGAN

Kompetensi  Inti
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati perilaku jujur, dislplin, tanggung jawab,  peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,  dan prosedural)   berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
4.        pengetahuan,  teknologi, seni,  budaya terkait fenomena dan kejadian tarnpak mata.
5.  Mengolah,  menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,  mengurai, rneranqkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi  Dasar                                                                        .
3.7     Menjelaskan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).                           ,
3.8    Membedakan perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan rnenqqunakan label data,  grafik,  dan persamaan.
4.7    Menyelesaikan·masalah  yang berkaitan denqan rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda).               ·
4.8    Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai.

MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

Coba perhatikan  seorang  pemborong  yang akan membangun  gedung, tentu pemborong tersebut membuat dulu gambar berskala yang disebut maket. Gedung dan maketnya mempunyai bentuk yang sama tetapi  ukurannya  berbeda. Kamu juga  akan   melakukan hal yang sama jika rnernbuat denah ruangan yang ada di sekolahmu. Ruangan dan denah yang kamu buat rnernpunyai bentuk yang sama tetapi ukurannya berbeda. Maket dan denah dibuat sesuai dengan keadaan sebenamya dengan perbandingan (skala) tertentu.

Dalam  kehidupan   sehari-hari  kita sering  menggunakan   perbandingan.   Contohnya   pada waktu membeli sepatu,  tas,  buku atau barang-barang  lairinya. Sebelum membeli barang barang tersebut, adakalanya   kita  memasuki   beberapa  toko  untuk  membandingkan    harga  barang-baranq  itu dari toko yang satu ke toko yang lainnya  dengan  tujuan  untuk  mencari  harga yang termurah. Melalui kegiatan yang  dilakukan   tersebut,   secara  tidak  langsung   kita  telah  menerapkan perbandingan   dalam kehidupan  sehari-hari.   Dapatkah  kalian memberi  contoh  yang ·lainnya?

Perbandingan   adalah  bentuk  dari  suatu  pembagian   antara  besaran  sejenis  a  dan  b yang dinyatakan  dalam  bentuk  seperti  berikut.
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

Sifat-sifat  perbandingan   sebagai  berikut.
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

Ada dua macam  perbandingan,   yaitu  perbandingan   senilai  dan berbalik  nilai,
1.   Perbandingan   senilai  (berbandingan   lurus) terjadi jika  besaran  pertama  nilainya  semakin besar, maka besaran  kedua  nilainya juga  semakin  besar, atau sebaliknya.

Jika a nilainya  p dan b nilainya  q, maka  berlaku  rumus:
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

Diketahui:
1   lusin buku = 12 buku = Rp. 48.000,00
Ditanyakan:
6 buku =.....?
Jika jumlah  buku tulis berkurang,  berarti harganya  pun berkurang. 
Jika  12 buku = Rp. 48.000,00 maka 1   buku = Rp.  48.000:12
1   buku = Rp. 4.000,00
6 buku = 6 x Rp. 4.000,00  = Rp. 24:000,00
Jadi harga 6 buku tulis adalah  Rp. 24.000,00


2.    Pada perbandingan  berbalik nilai, jika besa;an  y~ng pertama semakin  kecil, maka besaran kedua'nilairrya   semakin  besar atau sebaliknya.  Jika a nilainya  p dan b nilainya  q, maka  berlaku  rumus:      
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7


Contoh:

Pembangunan   rumah  dilakukan   oleh  6 pekerja  dengan  waktu  penyelesaian     selama   20  hari. Jika jumlah  pekerjanya  menjadi  10 orang maka membutuhkan  waktu berapa  hari  agar rumah tersebut  selesai?
Jawab  
Diketahui:  a1 = 6; b1 = 20; a2 = 10
Ditanya:  b2 ... ?
Maka nilai b2 dapat diselesaikan dengan cara sebagai berikut.
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

Jadi    pekerja    tersebut    membutuhkan waktu  selarna  12 hari.


B. PERBANDINGAN BENTUK SKALA

Pada  peta  tertulis  skala  1 :   500.000  yang  berarti  setiap  satu  satuan  panjang  pada  peta tersebut  berbanding  500.000  satuan  panjang jarak yang sesunqquhnya.   Jadi 1   cm pada peta mewakili  jarak  sesungguhnya,   yaitu  500.000  cm = 5 km. Atau  dengan  kata lain, jika kota A dan kota B berjarak  5 km,maka  pada  peta jaraknya  hanya 1   cm.

Skala dirumuskan   sebagai  berikut.
Skala  =     Jarak  pada  peta : Jarak  sebenarnya

Contoh:
1.   Rumah Ani  dengan  sekolahnya   memiliki  jarak  400  m. Apabila  jarak  rurnah Ani  dengan, sekolah  digambar   10 cm pada denah.  Maka  berapakah  nilai skala  denahnya?                  
Pembahasan  :                                                                                                                                                                                                                    
Diketahui  :   Jarak  Sebenarnya   = 400 m = 40.000  cm;
Jarak  pada  Peta = 10 cm                '       '
Ditanyakan   :    Skala  = ?
Jawab:
Skala  = Jarak  Sebenarnya/Jarak    pada  Peta = 40.000/10   = 4000
Jadi skala  pada peta ialah  1  :  4000

2.   Kota A dengan  kota B memiliki  jarak  85 km. Apabila  jarak  kota A dengan  kota B digambar dengan  skala  1:1.000.000  pada  peta.  Maka jarak  petanya  adalah  ... cm.
Pembahasan   :
Diketahui  :  
Jarak  Sebenarnya   = 85 km = 8.500.000  cm;
Skala  1.000.000  cm
Ditanyakan   :   Jarak  pada  Peta = ?
 .Jawab:
Jarak  pada  Peta = Jarak  Sebenarnya/Skala
= 8.500.000/1.000.000    = 8,5 cm
Jadi jarak  peta antara  kota A dengan  kota B adalah  8,5 cm.

C. MENGENAL ILMUAN MATEMATIKA

Profesor  Jenius Australia  Salah Satu Peraih 'Nobel'  Matematika. Professor Venkatesh mendapat penghargaan atas apa yang  dilakukannya dalam memberikan pengertian baru dari kornbinasi berbagai bidang matematika.  Mantan  teman kuliahnya dan  juga sekarang tnenjadi profesor maternatlka di Universitas Western Australia Michael Giudici mengatakan rnenjelaskan apa yang dilakukan Venkatesh kepada masyarakat umum  sangat susah.

"Bila  mudah  bagi  saya  menjelaskan,   maka  dia  tidak  akan mendapat  penghargaan  Fields Medal."  kata Prof Giudici,  Salah satu keberhasilan yan dilakukan oleh Profesor Venkatesh adalah memecahkan apa yang disebut "masalah subconvexity." Menurut Prof Giudici untuk rnelakukan hal tersebut, Venkatesh harus meneiptakan teknik baru dan memimjam dari bidang maternatika lainnya. Tiga pemenanq Fields Medal lainnya untuk tahun ini  adalah pakar matematika Italia Alessio Figalli, Gaucher Birkar dari Iran dan Peter Scholze dari Jerman.
Sumber: https:/!www.viva.co.id

D. TUGAS MANDIRI

1.      Sebuah  mobil dapat menempuh  jarak  162 km dengan  bahan bakar 15 liter. Berapa banyak bahan  bakar yang  dibutuhkan  dalam  menempuh  Jarak  415 km?
2.      Sebuah   konveksi   dapat  menjahit   150  potong  pakaian   selama  6 hari.  Berapa   banyak pakaian  yang dapat  dijahit  selama  21 hari?
3.      Kota X dan  kota Y memiliki  jarak  90 km. Apabila  jarak  kota X dengan  kota Y digambar dengan  skala  1    :   1.000.000  pada  peta.   Berapa jarak  petanya?.
4.     Sebuah  foto  dengan   lebar  8 cm  dan  tingginya   10  cm  diperbesar   sedernikian   hingga ukuran  lebar  menjadi  16 cm.  Tentukanlah   perbandingan   luas foto sebelum  dan sesudah diperbesar!
5.      Pesawat  garuda  rnernpunyai  panlaqn 35 m dan lebar 25 m.  Pesawat  tersebut  dibuat model (gambar)  dengan  ukuran  lebar 20 cm.  Tentukarr panjanq    garuda  pada model!

E. TUGAS RUMAH

1.        Selesaikan  soal-soal di bawah  ini dengan  benar! 1.   Sebuah  pabrik  sepatu  memiliki  5 mesin  pembuat  sepatu  dengan  waktu  pembuatan   8 hari.  Jika mesin yang digunakan  berjumlah  8. Berapakah  waktu  yang dibutuhkan  untuk membuat  sepatu?
2.        Sebuah  pos  kamling  dibangun  dalam  waktu  20  hari dengan  jumlah  pekerja  7 orang. Jika  pemilik    rumah  tersebut  ingin mempercepat   waktunya  rnenjadi  14  hari. Berapakah jumlah  pekerja  yang harus ditambah?
3.        Kota  P dengan  kota Q memiliki  jarak  pada  peta 25 cm. Apabila  skala  yang  digunakan ialah 1     :   650.000.  Berapa jarak  sebenarnya  antara  kota P dan kota Q?
4.        Sebuah   lapangan  basket  berbentuk   persegi  panjang  denqan  ukuran  96 cm x 84 cm. lapangan   tersebut  digambar  dengan  ukuran  8 cm x 7 cm, tentukan:
a. Besar skalanya
b. Perbandingan   luas pada peta dengan  luas sesunqquhnya
5.        Pada suatu peta diketahui jarak dua kota adalah 4 cm,  jarak sebenarnya  adalah 200 km. Tentukan  perbandingan   skalanya!                                                                                                 

F. PENILAIAN HARIAN

SOAL PENILAIAN HARIAN KONSEP PERBANDINGAN KELAS 7

  A.  Pilihan Ganda
Berilah tanda silang(x) pada huruf   a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat!

1.      Setiap   minggu  4.  ekor  sapi  dapat   menghabiskan  16 karung  rumput  teki Jika  ayah mempunyai   9 ekor  sapi,  maka  banyaknya rumput teki yang diperlukan   ayah adalah…karung
a.       30
b.      33
c.       36
d.      39

2.      Pada suatu  daerah  pada gambar  menggunakan  skala  1 :  11.000.000.   Jika jarak  antara dua kota pada peta adalah   6 cm,  maka jarak  sebenarnya   antara  dua  kota  adalah  ...Km
a.       66
b.      660
c.       6.600
d.      66.000

3.      Skala dari suatu gambar rencana pembangunan gedung  adalah 1: 200. Jika tinggi gedung pada gambar rencana adalah12,5 cm. Maka jarak sebenarnya adalah... m
a.    16
b.    25
c.    30
d. 35 

4.      Sebuah mobil rnenqhabiskan 8 liter bensin untuk menempuh jarak 56 km. Jika jarak yang ditempuh 84 km, maka bensin yang diperlukan adalah...
a.       5,5 liter
b.      7,0 liter
c.       10,5 liter
d.      12,0 liter

5.      Sebuah panti asuhan memiliki persediaan beras yang cukup untuk 20 orang selama15 hari. Jika penghuni panti asuhan bertambah 5 orang,  persediaan beras akan habis dalam waktu …
a.       8 Hari
b.      10 Hari
c.       12 Hari
d.      20 Hari

6.      Enam tahun yang lalu, jumlah umur Andi dan ibunya adalah 60 tahun dengan perbandingan   5:7.   Umur   Andi   sekarang adalah...
a.       25 tahun
b.      31 tahun
c.       32 tahun

d.      35 tahun

7.      Setiap minggu 5 ekor sapi dapat menghabiskan 15 karung rumput teki.  Jika ayah mempunyai 12 ekor sapi maka banyak rumput teki yang diperlukan ayah adalah....
a.       36 karung                  
b.      25 karung
c.       30 karung                  
d.      21 karung.

8.      Tono memiliki 18 kelereng dan Budi memiliki 12 kelereng. perbandingan banyak kelereng Tono dan Budi adalah...
  a.       3 : 2
  b.      2 : 3
  c.       9 : 3
  d.      3 : 9

9.      Perbandingan kelereng Tono dan Budi adalah 3 : 2. Jika banyaknya kelereng Tono 24 kelereng maka banyak kelereng budi adalah....
      a.       14
      b.      15
      c.       16
      d.      18

10.      Perbandingan kelereng Tono dan Budi adalah 3 : 2 . Jika jumlah kelereng mereka adalah 40 kelereng maka selisih kelereng mereka adalah...
a.       7 kelereng
b.      8 kelereng
c.       9 kelereng
d.      10 kelereng

11.      Suatu daerah jika digambar pada skala 1 : 12.000.000. Jika jarak pada peta adalah 7 cm maka jarak sebenarnya antara 2 kota tersebut adalah ...
a.       960 km                      
b.      800 km
c.       840 km                      
d.      720 km
12.      Skala dari suatu gambar rencana 1 : 400. Jika tinggi gedung pada gambar adalah 8 cm maka tinggi gedung sebenarnya....
a.       42 m                          
b.      32 m
c.       36 m                          
d.      30 m
13.      Sebuah mobil menghabiskan 4 liter bensin untuk menempuh 28 km. Jika jarak yang ditempuh 42  km maka bensin yang diperlukan adalah....
a.        3 liter                        
b.      6 liter
c.       5 liter                         
d.      8 liter
14.      Sebuah panti asuhan memiliki persediaan beras yang cukup untuk 30 orang selama 20 hari.  Jika penghuni panti asuhan bertambah 10 orang maka persediaan akan habis dalam berapa hari....
a.       10 hari                       
b.      13 hari
c.       12 hari                       
d.      15 hari
15.      5 tahun yang lalu jumlah umur Iva dan Ayahnya  adalah 70.  Dengan perbandingan 2 : 5.  Umur iva sekarang adalah....
a.       20 tahun        
b.      30 tahun
c.       25 tahun        
d.      35 tahun
16.  Perbandingan uang Nadia: Alia: Sunan = 2: 3 : 5. Jika selisih uang Nadia dan Alia adalah 25.000. maka jumlah uang mereka adalah ....
a.       50.000                       
b.      125.000
c.       75.000                       
d.      150.000
17.  Perbandingan Uang Maman , Nunung, dan Opik adalah 3 : 7 : 4. Jika jumlah uang ketiganya adalah Rp 280.000,00. Tentukan jumlah uang Maman dan Opik.
a.       150.000
b.      140.000
c.       130.000
d.      120.000

18.  Gambar sebidang tanah berbentuk persegi panjang berskala 1 : 400. Jika panjang dan lebar gambar 3 cm dan 5 cm . maka luas sebenarnya adalah
a.       250 m2          
b.      300m2
c.       260 m2          
d.      360 m2
19.  Seorang siswa membuat denah sebuah gedung berikut pekarangannnya pada kertas gambar berukuran 40 x 30 cm . Ukuran gedung tersebut sebenarnya adalah  200m x 150 m. Skala yang mungkin adalah...
a.       1:200             
b.      1:400
c.       1:300             
d.      1: 500
20.  Pak Ardi membuat denah gedung pada kertas berukuran 40 cm x 30 cm. Jika ukuran gedungnya 28 m x 21 m maka skala yang mungkin adalah...
a.       1: 50              
b.      1: 70
c.       1: 60              
d.      1:65
21.  Sebuah mobil memerlukan 5 liter bensin untuk menempuh jarak 25 km. Jika ternyata mobil menghabiskan 7 liter bensin maka jarak yang ditempuh adalah....
a.       35 km            
b.      45 km
c.       40 km            
d.      50 km
22.  Pada sebuah acara diperlukan 200 loyang kue untuk menjamu 800 orang. Banyak kue yang dibutuhkan untuk menjamu 1200 orang adalah...
a.       250                
b.      420
c.       300                
d.      460
23.  Persediaan pakan ternak 100 ayam cukup untuk 36 hari. Jika ayam bertambah 20 ekor maka makanan akan cukup dalam berapa hari...
a.       26 hari                       
b.      40 hari
c.       30 hari                       
d.      50 hari

24.  Bu Beni membeli 4 baju dengan harga Rp 220 000,00. Bila Bu Lia akan membeli 8 baju sama ditempat yang sama maka Bu lia harus membayar ....
a.       440.000         
b.      110.000
c.       660.000         
d.      220.000

25.  Sebuah pekerjaan dapat diselesaikan 6 hari oleh 5 orang pekerja. Pekerjaan itu ternyata dikerjakan 10 orang maka akan selesai .... hari
a.       3 hari  
b.      2 hari   
c.       5 hari    
d.      6 hari

Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut dengan jawaban yang tepat!

1.      Sebuah sekolah  Prima Jaya akan membangun  lapangan  basket yang berbentuk  persegi panjang.   Untuk panjang dan lebar lapangannya  berturut turut 30  dan 25 cm. Apabila besar skala denah  1: 90,  maka luas lapangan  basket  yang akan dibangun  ialah ... m2.
2.      Sebuah peta memiliki nilai skala 1: 1.250.000. Apabila jarak antara dua kota dalam peta ialah 10 cm.  Maka jarak sebenarnya antara dua kota ialah  ... km.
3.      Perbandingan kelereng Faiz dan Bayu   4 : 11. Jumlah kelereng mereka 60 buah.  Selisih kelereng keduanya adalah …
4.      Apabila  umur seorang ayah 45 tahun dan urnur salah satu anaknya umur ayahnya, perbandingan umur ayah terhadap umur anaknya adalah ....
5.      Sebuah foto dengan lebar 8. cm dan tingginya 10 cm diperbesar sedemikian hingga ukuran lebar menjadi 16 cm. Perbandingan  luas foto sebelum dan sesudah diperbesar adalah …



C.  Jawablah  pertanyaan-pertanyaan     berikut  dengan  jawaban  yang  singkat dan jelas!

Selisih banyak boneka Hana dan Ira adalah 8 buah. Jika perbandingan  banyak boneka
1.      Hana dan Ira 3 :  2,  jumlah boneka keduanya adalah ...

2.      Skala dari suatu gambar rencana adalah 1   :  200. Jika tinggi gedung pada gambar rencana 12,5 cm. Tinggi gedung sebenarnya adalah...

3.      Perbandingan uang Dhila dan Claresta adalah 3:4. Setelah Claresta diberi uang sebesar Rp12.000,00, perbandingan uang mereka berubah menjadi 1 :2. Berapakah jumlah uang mereka berdua?

4.      Sari membuat kue bolu sebanyak 5 buah yang rnernerlukangula pasir sebanyak setengah kg. Jika gula pasir tersedia sebanyak 3 kg, maka berapa banyak kue bolu yang dapat dibuat Sari?


5.      Ayah dapat membuat satu lemari selarna 7 hari. Berapa hari yang diperlukan Ayah untuk membuat 6 buah lemari?


        Jika anda berkeinginan untuk mendownload materinya silakan klik di link bawah.

   MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7

    Jika anda ingin menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan siswa dengan googleform anda bisa mendapatkannya di link bawah ini

     A. Soal perbandingan bentuk pilihan ganda
     
     B. Soal perbandingan bentuk isian singkat


     Demikian artikel tentang materi lengkap konsep perbandingan SMP K2013 kelas 7. Semoga artikel ini akan membantu anda dalam mengajar. terimakasih.




LihatTutupKomentar