MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7
Baiklah kawan kawan kali ini kita akan belajar materi lengkap konsep perbandingan tingkat SMP K2013 untuk kelas 7. Selain materi yang akan kita paparkan panjang lebar kita juga akan belajar contoh soal dan penyelesaiannya. Dengan begitu belajar akan lebih mudah dan menyenangkan untuk kita semua.
Oke kita mulai saja
A. PERBANDINGAN
Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, dislplin,
tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu
4.
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tarnpak mata.
5. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, rneranqkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
.
3.7 Menjelaskan
rasio dua besaran (satuannya sama dan berbeda). ,
3.8 Membedakan
perbandingan senilai dan berbalik nilai dengan rnenqqunakan label data, grafik, dan persamaan.
4.7 Menyelesaikan·masalah
yang berkaitan denqan rasio dua besaran
(satuannya sama dan berbeda).
·
4.8 Menyelesaikan
masalah yang berkaitan dengan perbandingan senilai dan berbalik nilai.
Coba perhatikan seorang pemborong yang akan membangun gedung,
tentu pemborong tersebut membuat dulu gambar berskala yang disebut maket. Gedung
dan maketnya mempunyai bentuk yang sama tetapi
ukurannya berbeda. Kamu juga akan melakukan hal yang sama jika rnernbuat denah
ruangan yang ada di sekolahmu. Ruangan dan denah yang kamu buat rnernpunyai bentuk yang sama tetapi ukurannya berbeda.
Maket dan denah dibuat sesuai dengan keadaan sebenamya dengan perbandingan (skala)
tertentu.
Dalam kehidupan
sehari-hari kita sering menggunakan
perbandingan. Contohnya pada
waktu membeli sepatu, tas, buku atau barang-barang lairinya. Sebelum membeli barang barang tersebut, adakalanya kita memasuki beberapa
toko untuk membandingkan harga
barang-baranq itu dari toko yang satu ke toko yang lainnya dengan tujuan
untuk
mencari harga yang termurah. Melalui kegiatan yang dilakukan
tersebut, secara
tidak langsung
kita telah menerapkan perbandingan dalam kehidupan sehari-hari.
Dapatkah kalian memberi contoh yang
·lainnya?
Perbandingan adalah bentuk
dari suatu pembagian antara
besaran sejenis a dan b yang dinyatakan dalam bentuk
seperti berikut.
Ada dua macam perbandingan, yaitu
perbandingan senilai dan berbalik
nilai,
1. Perbandingan senilai
(berbandingan lurus) terjadi
jika besaran pertama
nilainya semakin besar, maka
besaran kedua nilainya juga
semakin besar, atau sebaliknya.
Jika a nilainya p dan b
nilainya q, maka berlaku
rumus:
Diketahui:
1 lusin buku = 12 buku = Rp. 48.000,00
Ditanyakan:
6 buku =.....?
Jika jumlah buku tulis berkurang, berarti harganya pun berkurang.
Jika 12 buku = Rp. 48.000,00 maka
1 buku = Rp. 48.000:12
1 buku = Rp. 4.000,00
6 buku = 6 x Rp. 4.000,00 = Rp. 24:000,00
Jadi harga 6 buku tulis adalah
Rp. 24.000,00
2. Pada perbandingan berbalik nilai, jika besa;an y~ng pertama semakin kecil, maka besaran kedua'nilairrya semakin
besar atau sebaliknya. Jika a
nilainya p dan b nilainya q, maka
berlaku rumus:
Contoh:
Pembangunan rumah
dilakukan oleh 6 pekerja
dengan waktu penyelesaian selama
20 hari. Jika jumlah pekerjanya
menjadi 10 orang maka
membutuhkan waktu berapa hari
agar rumah tersebut selesai?
Jawab
Diketahui: a1 = 6; b1 = 20; a2 = 10
Ditanya:
b2 ... ?
Maka nilai b2
dapat diselesaikan dengan cara sebagai berikut.
Jadi pekerja
tersebut membutuhkan waktu selarna
12 hari.
B. PERBANDINGAN BENTUK SKALA
Pada peta
tertulis skala 1 :
500.000 yang berarti
setiap satu satuan
panjang pada peta tersebut
berbanding 500.000 satuan
panjang jarak yang sesunqquhnya.
Jadi 1 cm pada peta mewakili jarak
sesungguhnya, yaitu 500.000
cm = 5 km.
Atau dengan kata lain, jika kota A dan kota B berjarak 5 km,maka
pada peta jaraknya hanya 1
cm.
Skala dirumuskan sebagai
berikut.
Skala =
Jarak pada peta : Jarak sebenarnya
Contoh:
1.
Rumah Ani dengan sekolahnya
memiliki jarak 400 m.
Apabila jarak rurnah Ani
dengan, sekolah digambar 10 cm pada denah. Maka
berapakah nilai skala denahnya?
Pembahasan :
Diketahui
: Jarak Sebenarnya
= 400 m = 40.000 cm;
Jarak
pada Peta = 10 cm ' '
Ditanyakan :
Skala = ?
Jawab:
Skala
= Jarak Sebenarnya/Jarak pada
Peta = 40.000/10 = 4000
Jadi skala pada peta ialah 1 : 4000
2.
Kota A dengan kota B memiliki jarak
85 km. Apabila jarak kota A dengan
kota B digambar dengan
skala 1:1.000.000 pada
peta. Maka jarak petanya adalah ...
cm.
Pembahasan :
Diketahui
:
Jarak
Sebenarnya = 85 km =
8.500.000 cm;
Skala
1.000.000 cm
Ditanyakan :
Jarak pada Peta = ?
.Jawab:
Jarak pada
Peta = Jarak Sebenarnya/Skala
= 8.500.000/1.000.000 = 8,5 cm
Jadi jarak peta antara
kota A dengan kota B adalah 8,5 cm.
C. MENGENAL ILMUAN MATEMATIKA
Profesor Jenius Australia Salah Satu Peraih 'Nobel' Matematika. Professor Venkatesh mendapat
penghargaan atas apa yang dilakukannya
dalam memberikan pengertian baru dari kornbinasi berbagai bidang
matematika. Mantan teman kuliahnya dan juga sekarang tnenjadi profesor maternatlka
di Universitas Western Australia Michael Giudici mengatakan rnenjelaskan apa
yang dilakukan Venkatesh kepada masyarakat umum
sangat susah.
"Bila mudah
bagi saya menjelaskan,
maka dia tidak
akan mendapat
penghargaan Fields
Medal." kata Prof Giudici, Salah satu keberhasilan yan dilakukan oleh
Profesor Venkatesh adalah memecahkan apa yang disebut "masalah
subconvexity." Menurut Prof Giudici untuk rnelakukan hal
tersebut, Venkatesh harus meneiptakan teknik baru
dan memimjam dari bidang maternatika lainnya. Tiga pemenanq Fields Medal
lainnya untuk tahun ini adalah pakar matematika Italia Alessio Figalli, Gaucher Birkar dari Iran dan
Peter Scholze dari Jerman.
D. TUGAS MANDIRI
1. Sebuah
mobil dapat menempuh jarak 162 km dengan
bahan bakar 15 liter. Berapa banyak bahan bakar yang
dibutuhkan dalam menempuh
Jarak 415 km?
2. Sebuah
konveksi dapat menjahit
150 potong pakaian
selama 6 hari. Berapa
banyak pakaian yang dapat dijahit
selama 21 hari?
3. Kota X dan
kota Y memiliki jarak 90 km. Apabila jarak
kota X dengan kota Y digambar dengan skala
1 : 1.000.000
pada peta. Berapa jarak
petanya?.
4. Sebuah
foto dengan lebar
8 cm dan tingginya
10 cm diperbesar
sedernikian hingga ukuran lebar
menjadi 16 cm. Tentukanlah
perbandingan luas foto
sebelum dan sesudah diperbesar!
5. Pesawat
garuda rnernpunyai panlaqn 35 m dan lebar 25 m. Pesawat
tersebut dibuat model (gambar) dengan ukuran
lebar 20 cm. Tentukarr panjanq garuda pada model!
E. TUGAS RUMAH
1.
Selesaikan
soal-soal di bawah ini
dengan benar! 1. Sebuah pabrik
sepatu memiliki 5 mesin pembuat sepatu
dengan waktu pembuatan
8 hari. Jika mesin yang digunakan berjumlah
8. Berapakah waktu yang dibutuhkan untuk membuat
sepatu?
2.
Sebuah
pos kamling dibangun
dalam waktu 20
hari dengan jumlah pekerja
7 orang. Jika
pemilik rumah tersebut
ingin mempercepat waktunya rnenjadi
14 hari. Berapakah jumlah pekerja
yang harus ditambah?
3.
Kota P
dengan kota Q memiliki jarak
pada peta 25 cm. Apabila skala
yang digunakan ialah 1 :
650.000. Berapa jarak sebenarnya
antara kota P dan kota Q?
4.
Sebuah
lapangan basket berbentuk
persegi panjang denqan
ukuran 96 cm x 84 cm.
lapangan tersebut digambar
dengan ukuran 8 cm x 7 cm, tentukan:
a. Besar skalanya
b.
Perbandingan luas pada peta dengan luas sesunqquhnya
5.
Pada suatu peta diketahui jarak dua kota adalah
4 cm, jarak sebenarnya adalah 200 km. Tentukan perbandingan
skalanya!
F. PENILAIAN HARIAN
SOAL PENILAIAN HARIAN KONSEP PERBANDINGAN KELAS 7
A. Pilihan Ganda
Berilah tanda silang(x) pada huruf a, b, c, atau d di depan
jawaban yang tepat!
1. Setiap minggu 4.
ekor sapi dapat
menghabiskan 16 karung rumput teki Jika ayah mempunyai 9 ekor
sapi, maka banyaknya rumput teki
yang diperlukan
ayah adalah…karung
a. 30
b. 33
c. 36
d. 39
2. Pada
suatu daerah pada gambar
menggunakan skala 1 : 11.000.000. Jika jarak
antara dua kota pada peta adalah
6 cm, maka jarak sebenarnya antara
dua kota adalah ...Km
a. 66
b. 660
c. 6.600
d. 66.000
3. Skala
dari suatu gambar rencana pembangunan gedung adalah 1: 200. Jika tinggi gedung pada gambar
rencana adalah12,5 cm. Maka jarak sebenarnya adalah... m
a. 16
b. 25
c. 30
d. 35
4. Sebuah mobil
rnenqhabiskan 8 liter bensin untuk menempuh jarak 56 km. Jika jarak yang ditempuh 84 km, maka
bensin yang diperlukan adalah...
a. 5,5
liter
b. 7,0
liter
c. 10,5
liter
d. 12,0
liter
5. Sebuah panti
asuhan memiliki persediaan beras yang cukup untuk 20 orang selama15 hari. Jika penghuni
panti asuhan bertambah 5 orang,
persediaan beras akan habis dalam
waktu …
a. 8
Hari
b. 10 Hari
c. 12 Hari
d. 20 Hari
6. Enam tahun
yang lalu, jumlah umur Andi dan ibunya adalah 60
tahun dengan perbandingan 5:7. Umur
Andi sekarang
adalah...
a. 25
tahun
b. 31 tahun
c. 32 tahun
d. 35 tahun
7. Setiap minggu 5 ekor sapi dapat menghabiskan 15 karung
rumput teki. Jika ayah mempunyai 12 ekor
sapi maka banyak rumput teki yang diperlukan ayah adalah....
a.
36 karung
b. 25 karung
c. 30 karung
d. 21 karung.
b. 25 karung
c. 30 karung
d. 21 karung.
8. Tono memiliki 18 kelereng dan Budi memiliki 12 kelereng.
perbandingan banyak kelereng Tono dan Budi adalah...
a.
3 : 2
b. 2 : 3
c. 9 : 3
d. 3 : 9
b. 2 : 3
c. 9 : 3
d. 3 : 9
9. Perbandingan kelereng Tono dan Budi adalah 3 : 2. Jika banyaknya
kelereng Tono 24 kelereng maka banyak kelereng budi adalah....
a.
14
b.
15
c.
16
d.
18
10. Perbandingan kelereng Tono dan Budi adalah 3 : 2 . Jika jumlah kelereng mereka adalah 40
kelereng maka selisih kelereng mereka adalah...
a.
7 kelereng
b. 8 kelereng
c. 9 kelereng
d. 10 kelereng
b. 8 kelereng
c. 9 kelereng
d. 10 kelereng
11. Suatu daerah jika
digambar pada skala 1 : 12.000.000. Jika jarak pada peta adalah 7 cm maka jarak
sebenarnya antara 2 kota tersebut adalah ...
a.
960 km
b. 800 km
c. 840 km
d. 720 km
b. 800 km
c. 840 km
d. 720 km
12. Skala dari suatu gambar rencana 1 : 400.
Jika tinggi gedung pada gambar adalah 8 cm maka tinggi gedung sebenarnya....
a.
42 m
b. 32 m
c. 36 m
d. 30 m
b. 32 m
c. 36 m
d. 30 m
13. Sebuah mobil menghabiskan 4 liter bensin
untuk menempuh 28 km. Jika jarak yang ditempuh 42 km maka bensin yang diperlukan adalah....
a.
3 liter
b. 6 liter
c. 5 liter
d. 8 liter
b. 6 liter
c. 5 liter
d. 8 liter
14. Sebuah panti asuhan memiliki persediaan
beras yang cukup untuk 30 orang selama 20 hari.
Jika penghuni panti asuhan bertambah 10 orang maka persediaan akan habis
dalam berapa hari....
a.
10 hari
b. 13 hari
c. 12 hari
d. 15 hari
b. 13 hari
c. 12 hari
d. 15 hari
15. 5 tahun yang lalu jumlah umur Iva dan
Ayahnya adalah 70. Dengan perbandingan 2 : 5. Umur iva sekarang adalah....
a.
20 tahun
b. 30 tahun
c. 25 tahun
d. 35 tahun
b. 30 tahun
c. 25 tahun
d. 35 tahun
16. Perbandingan uang Nadia: Alia: Sunan = 2: 3
: 5. Jika selisih uang Nadia dan Alia adalah 25.000. maka jumlah uang mereka
adalah ....
a.
50.000
b. 125.000
c. 75.000
d. 150.000
b. 125.000
c. 75.000
d. 150.000
17. Perbandingan Uang Maman , Nunung, dan
Opik adalah 3 : 7 : 4. Jika jumlah uang ketiganya adalah
Rp 280.000,00. Tentukan jumlah uang Maman dan Opik.
a.
150.000
b. 140.000
c. 130.000
d. 120.000
b. 140.000
c. 130.000
d. 120.000
18. Gambar sebidang tanah berbentuk persegi
panjang berskala 1 : 400. Jika panjang dan lebar gambar 3 cm dan 5 cm . maka
luas sebenarnya adalah
a.
250 m2
b. 300m2
c. 260 m2
d. 360 m2
b. 300m2
c. 260 m2
d. 360 m2
19. Seorang siswa membuat denah sebuah gedung
berikut pekarangannnya pada kertas gambar berukuran 40 x 30 cm . Ukuran gedung
tersebut sebenarnya adalah 200m x 150 m.
Skala yang mungkin adalah...
a.
1:200
b. 1:400
c. 1:300
d. 1: 500
b. 1:400
c. 1:300
d. 1: 500
20. Pak Ardi membuat denah gedung pada kertas
berukuran 40 cm x 30 cm. Jika ukuran gedungnya 28 m x 21 m maka skala yang
mungkin adalah...
a.
1: 50
b. 1: 70
c. 1: 60
d. 1:65
b. 1: 70
c. 1: 60
d. 1:65
21. Sebuah mobil memerlukan 5 liter bensin
untuk menempuh jarak 25 km. Jika ternyata mobil menghabiskan 7 liter bensin
maka jarak yang ditempuh adalah....
a.
35 km
b. 45 km
c. 40 km
d. 50 km
b. 45 km
c. 40 km
d. 50 km
22. Pada sebuah acara diperlukan 200 loyang kue
untuk menjamu 800 orang. Banyak kue yang dibutuhkan untuk menjamu 1200 orang
adalah...
a.
250
b. 420
c. 300
d. 460
b. 420
c. 300
d. 460
23. Persediaan pakan ternak 100 ayam cukup
untuk 36 hari. Jika ayam bertambah 20 ekor maka makanan akan cukup dalam berapa
hari...
a.
26 hari
b. 40 hari
c. 30 hari
d. 50 hari
b. 40 hari
c. 30 hari
d. 50 hari
24. Bu Beni membeli 4 baju dengan harga Rp 220 000,00.
Bila Bu Lia akan membeli 8 baju sama ditempat yang sama maka Bu lia harus
membayar ....
a.
440.000
b. 110.000
c. 660.000
d. 220.000
b. 110.000
c. 660.000
d. 220.000
25. Sebuah pekerjaan dapat diselesaikan 6 hari
oleh 5 orang pekerja. Pekerjaan itu ternyata dikerjakan 10 orang maka akan
selesai .... hari
a.
3 hari
b. 2 hari
c. 5 hari
d. 6 hari
b. 2 hari
c. 5 hari
d. 6 hari
Lengkapilah pernyataan-pernyataan berikut
dengan jawaban yang tepat!
1.
Sebuah sekolah
Prima Jaya akan membangun
lapangan basket yang berbentuk persegi panjang. Untuk panjang dan lebar lapangannya berturut turut 30 dan 25 cm. Apabila besar skala denah 1: 90,
maka luas lapangan basket yang akan dibangun ialah ... m2.
2. Sebuah peta
memiliki nilai skala 1: 1.250.000. Apabila jarak antara dua kota dalam peta
ialah 10 cm. Maka jarak sebenarnya
antara dua kota ialah ... km.
3. Perbandingan
kelereng Faiz dan Bayu 4 : 11.
Jumlah kelereng mereka 60 buah. Selisih
kelereng keduanya adalah …
4. Apabila umur seorang ayah 45 tahun dan urnur salah
satu anaknya umur ayahnya, perbandingan umur ayah terhadap umur anaknya adalah
....
5. Sebuah foto
dengan lebar 8. cm dan tingginya 10 cm diperbesar sedemikian hingga ukuran
lebar menjadi 16 cm. Perbandingan luas
foto sebelum dan sesudah diperbesar adalah …
C. Jawablah
pertanyaan-pertanyaan
berikut dengan jawaban
yang singkat dan jelas!
Selisih
banyak boneka Hana dan Ira adalah 8 buah. Jika perbandingan banyak boneka
1. Hana dan Ira
3 : 2,
jumlah boneka keduanya adalah ...
2. Skala dari
suatu gambar rencana adalah 1 : 200. Jika tinggi gedung pada gambar rencana 12,5 cm. Tinggi gedung sebenarnya adalah...
3. Perbandingan
uang Dhila dan Claresta adalah 3:4. Setelah Claresta diberi uang sebesar Rp12.000,00, perbandingan uang mereka berubah menjadi 1 :2. Berapakah
jumlah uang mereka berdua?
4. Sari membuat
kue bolu sebanyak 5 buah yang rnernerlukangula pasir sebanyak setengah kg. Jika
gula pasir tersedia sebanyak 3 kg, maka berapa banyak kue bolu yang dapat
dibuat Sari?
5. Ayah dapat
membuat satu lemari selarna 7 hari. Berapa hari yang diperlukan Ayah untuk
membuat 6 buah lemari?
Jika anda berkeinginan untuk mendownload materinya silakan klik di link bawah.
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7
Jika anda ingin menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan siswa dengan googleform anda bisa mendapatkannya di link bawah ini
A. Soal perbandingan bentuk pilihan ganda
B. Soal perbandingan bentuk isian singkat
Demikian artikel tentang materi lengkap konsep perbandingan SMP K2013 kelas 7. Semoga artikel ini akan membantu anda dalam mengajar. terimakasih.
MATERI LENGKAP KONSEP PERBANDINGAN SMP K2013 KELAS 7
Jika anda ingin menggunakan instrumen tes untuk mengukur kemampuan siswa dengan googleform anda bisa mendapatkannya di link bawah ini
A. Soal perbandingan bentuk pilihan ganda
B. Soal perbandingan bentuk isian singkat
Demikian artikel tentang materi lengkap konsep perbandingan SMP K2013 kelas 7. Semoga artikel ini akan membantu anda dalam mengajar. terimakasih.