-->

SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI BELA NEGARA

SOAL DAN PEMBAHASAN MATERI BELA NEGARA


Baik kawan kawan semua, hari ini kami akan membagikan materi soal dan pembahasan tentang Bela Negara dimana materi ini menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kesadaran kita dalam dunia pendidikan untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan rela berkorban untuk membela negara dan bangsa kita. 

Soal dan pembahasan materi bela negara ini bisa anda gunakan sebagai materi orientasi pengenalan lingkungan sekolah atau substansi tambahan mata pelajaran Pendidikan kewarganegaraan. 

berikut soalnya. silakan dipelajari.

1.      Perhatikan Kutipan berita berikut ini

Liputan6.com, Balikpapan Pesatnya perkembangan teknologi membawa banyak perubahan pada gaya hidup anak muda yang lahir pada tahun 1980-an hingga 2000-an. Disebut sebagai generasi millennial atau digital native. Tumbuh dalam lingkungan serba digital, sehingga mengalami transformasi gaya hidup drastis.
Tak jarang menemui generasi millennial asyik mengobrol di kafe atau tempat-tempat nongkrong. Tak lupa gawai atau gadget menemani. Nah, peran anak muda atau generasi millennial tersebut justru sangat besar, khususnya untuk kemajuan negara. Tentu tak asing dengan istilah pemuda adalah agen perubahan, bukan?
Banyak hal yang bisa dilakukan anak muda karena energinya tak terbatas. Perkembangan teknologi justru menjadi nilai tambah apabila dilakukan dengan bijak. Sederhana saja, generasi millennial bisa mendukung produk-produk dalam negeri bersaing dengan produk luar.
Walau nyatanya mereka lebih menyukai produk luar, mengenakan barang dengan brand ternama, hingga habiskan waktu di tempat makan waralaba luar negeri. Semua dimulai dari diri sendiri, kesadaran untuk mencintai produk dalam negeri. Tidak ikut arus untuk konsumtif terhadap produk luar. Lagipula, ada banyak barang yang kualitasnya lebih dari brand luar, ada banyak juga tempat makan yang jauh lebih menarik dan bagus pada usaha lokal.
Dari uraian diatas adalah salah satu tantangan upaya implementasi nilai bela negara dalam hal...
A.     Cinta tanah air
B.     Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
C.     Rela berkorban bagi bangsa dan negara
D.     Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara baik fisik maupun nonfisik
E.      Setia pada pancasila sebagai Ideologi Negara

2.      Perhatikan wacana berikut ini.
JAKARTA — Undang-Undang Dasar 1945 mewajibkan setiap warga negara Indonesia terlibat aktif dalam upaya pembelaan negara. Wakil Ketua FPKS MPR RI Ahmad Zainuddin mengatakan, pramuka merupakan salah satu wujud pelaksanaan bela negara yang tepat. "Kegiatan pramuka ini sebenarnya menjadi sarana yang tepat. Perwujudan yang lebih tepat dari upaya bela negara yang diprogramkan pemerintah," katanya, Ahad, (22/11).

Kegiatan pramuka sarat dengan materi kognitif dan implementatif yang sangat mendukung program bela negara dan cinta tanah air. Menurutnya, tujuan dan kandungan dalam pramuka menjadi salah satu pertimbangan pemerintah akhirnya mengatur kedudukan pramuka dalam undang-undang khusus. "Sebelumnya, pramuka hanya diatur melalui kepres, yaitu Kepres RI Nomor 238 Tahun 1961. Lalu tahun 2010 diperkuat dalam UU No 12. Artinya, gerakan pramuka sangat diperhitungkan sebagai faktor penopang program nasionalisme dan bela negara," kata Zainuddin.

Setiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban terhadap negara. Pemerintah pun, kata Zainuddin, mempunyai hak dan kewajiban terhadap negara dan rakyat. "Sebagai pemerintah harus dahulukan hak rakyat. Penuhi hak rakyat, sedangkan rakyat harus dahulukan kewajiban sebagai warga negara. Salah satu kewajiban itu bela negara," ujarnya.  dyah ratna meta novia ed: andri saubani
Dari ilustrasi diatas merupakan implementasi nilai bela negara  ...
Dari uraian diatas adalah salah satu tantangan upaya implementasi nilai bela negara dalam hal
A.     Cinta tanah air
B.     Kesadaran Berbangsa dan Bernegara
C.     Rela berkorban bagi bangsa dan negara
D.     Memiliki Kemampuan Awal Bela Negara baik fisik maupun nonfisik
E.      Setia pada pancasila sebagai Ideologi Negara


3.      Perhatikan wacana berikut ini.
Painan, (Antara) - Wakil Bupati Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), Rusma Yul Anwar meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di daerah itu untuk mendahulukan kepentingan orang banyak dari pada pribadi dengan melakukan pelayanan prima ke masyarakat.

"Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, sebagai ASN hendaknya dapat menunjukan perilaku yang senantiasa mendahulukan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi, kelompok atau golongan, " katanya di Painan, Senin.

ASN tidak dapat berbuat sesukanya dalam melaksanakan tugas sebagai aparat negara. Mereka (ASN) harus tunduk dan patuh kepada peraturan. Di sisi lain, ASN dituntut menguasai serta memahami tugas pokok dan fungsinya dengan baik.

Maka itu terhadap ASN perlu dilakukan pembinaan sehingga setia dan penuh ketaatan terhadap Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, negara dan pemerintah.

Tidak saja itu, ASN juga dituntut memiliki mental yang baik, bersih, jujur, berdaya guna, berhasil guna, bermutu dan bersatu padu serta penuh tanggung jawab terhadap tugas.

Ia mengajak para aparatur menjalankan prinsip-prinsip pemerintahan yang baik, dengan mengikuti proses yang berlaku pada unit kerjanya masing-masing dalam rangka menentukan sebuah kebijakan.

Sumber daya manusia (SDM) ASN juga harus terus ditingkatkan demi lahirnya nilai-nilai kepribadian yang mulia dan berkualitas. Prinsip belajar dan terus belajar itu harus ditanamkan dalam diri aparatur itu sendiri.
Dari ilustasi diatas merupakan wujud bela negara yang bersumber dari nilai
a.        Nasionalisme
b.       Altruisme
c.        Patriotisme
d.       kontribusi pada kemajuan bangsa
e.        kesadaran berbangsa dan bernegara

4.      Perhatikan perilaku perilaku dibawah ini
1.      menjaga nama baik bangsa
2.      memupuk semangat altruisme
3.      menggunakan produk dalam negeri
4.      ikut berperan untuk memajukan bangsa pada masing masing profesi
5.      ikut aktif dalam organisasi
yang bukan merupakan wujud nasionalisme sebagai implementasi bela negara  adalah....
a.       1, 5
b.      2,4
c.       2,5
d.      3,5
e.       4,5

5.      Perhatikan wacana berikut
JAKARTA - Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo menceritakan tentang seorang ibu pengrajin batu bata di salah satu desa Ponorogo, Jawa Timur yang taat membayar pajak. Hal tersebut menyentuh hati Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Dirjen Pajak Kementerian Keuangan Robert Pakpahan.
"Jadi, ibu itu bernama Yuliani, dia berkata 'saya membayar pajak adalah bagian dari kewajiban saya untuk mengembalikan apa-apa yang menjadi hak ibu pertiwi. Saya dan keluarga saya dapat hidup dari kekayaan alam yang saya dapat olah. Sudah sepantasnya sebagian kecil hasil yang saya dapat saya kembalikan kepada yang punya'," ujar Mardiasmo di Gedung Direktorat Jenderal Pajak Jakarta, Kamis (14/3/2019).
Mardiasmo menambahkan, hal ini disampaikan secara lugu dan jujur. Maka ini harusnya juga bisa diberikan penghargaan kepada yang bersangkutan.
"Memang membayar pajak jadi kewajiban kita semuanya. Namun demikian untuk bisa meresapi. Ibu ini sudah sampai esensi terhadap membayar pajak sebagai wajib pajak," tuturnya.
Dia menuturkan, pihaknya ingin agar betul-betul waktu bayar pajak dengan ikhlas. Maka dalam upayakan itu DJP mencoba untuk bagaimana menggali potensi pajak baik yang diect dan indirect melalui kajian yang ilmiah.
"Saya kira dari awal itu mustinya nyambung. Karena ada yang dari akademisi perguruan tinggi. Itu ada pengajaran penelitan dan pengabdian masyarakat. Seluruh fakultas ekonomi yang punya jurusan perpajakan sebagai pengabdian tridarmanya saya kira research itu bisa dilakukan dan sosialisaikan di bidang perpajakan karena backbone APBN itu berasal dari perpajakan," ungkapnya.
Dari paparan berita diatas merupakan wujud bela negara pada nilai
a.       Cinta tanah air
b.      Kesadaran berbangsa dan bernegara
c.       Setia pada pancasila
d.      Semangat patriotisme
e.       Semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara

6.      Perhatikan wacana berikut ini
Kekecewaan karto suwiryo terhadap pemerintah pusat semakin membulatkan tekadnya untuk membentuk Negara Islam Indonesia. Kartosoewirjo kemudian memproklamirkan NII pada 7 Agustus 1949. Tercatat beberapa daerah menyatakan menjadi bagian dari NII terutama Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Aceh. Pemerintah Indonesia kemudian bereaksi dengan menjalankan operasi untuk menangkap Kartosoewirjo. Gerilya NII melawan pemerintah berlangsung lama. Perjuangan Kartosoewirjo berakhir ketika aparat keamanan menangkapnya setelah melalui perburuan panjang di wilayah Gunung Rakutak di Jawa Barat pada 4 Juni 1962. Pemerintah Indonesia kemudian menghukum mati Kartosoewirjo pada 5 September 1962 di Pulau UbiKepulauan SeribuJakarta.

Sikap yang ditunjukan karto suwiryo merupakan bukti lunturnya usaha bela negara dalam hal...
A.     Cinta tanah air
B.     Kesadaran berbangsa dan bernegara
C.     Setia pada pancasila
D.     Semangat patriotisme
E.      Semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara

7.      Perhatikan wacana berikut
Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan apa yang sudah dikerjakan para atlet Tanah Air saat bertanding di kejuaraan merupakan bagian dari mempertahankan prestasi sekaligus mengukir sejarah.
"Olahragawan kita menjadi juara nasional dan dunia, itu kan mengharumkan nama bangsa. Jadi atlet itu bukan sekedar hobi tetapi sesungguhnya sebagai bentuk bela negara yang dapat mengibarkan bendera merah putih," katanya kepada SP saat hadiri peringatan Hari Bela Negara di Monas Jakarta, Jumat (19/12) .
Senada dengan itu, mantan petinju nasional Chris John menuturkan atlet yang memberikan hasil terbaik di cabang olahraganya dengan meraih prestasi, sudah pasti mengangkat nama bangsa dan negara.
Sikap yang ditunjukan Chrish John merupakan usaha bela negara dalam hal...
A.     Cinta tanah air
B.     Kesadaran berbangsa dan bernegara
C.     Setia pada pancasila
D.     Semangat patriotisme
E.      Semangat rela berkorban untuk bangsa dan negara

8.      Perhatikan uraian deskripsi berikut!
Deklarasi  Djuanda  merupakan tonggak sejarah yang penting bagi perjuangan bangsa Indonesia paska kemerdekaan dalam meneguhkan kedaulatan wilayah NKRI. Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI. Deklarasi ini dilakukan untuk menentukan batas laut teritorial atau wilayah perairan Indonesia dari 3 mil menjadi 12 mil. Penghitungan batas wilayah ini berawal dari garis pantai ketika air laut surut sampai zona ekslusif sejauh 200 mil
Sikap yang ditunjukan Djuanda mencerminkan usaha bela negara, nilai bela negara yang tepat  adalah...
a.    Nilai persatuan bangsa
b.    Nasionalisme
c.    Kesatuan wilayah
d.    Prinsip kemandirian bangsa
e.    Semangat patriotisme

9.      Perhatikan bacaan berikut
TIMES INDONESIA, SUMBA – TNI AD melalui Badan Pembina Desa (Babinsa) Kecamatan Rindi, Kabupaten Sumba Timur NTT bersama warga melakukan kerja bakti membersihan saluran irigasi di desa Tanaraing Rabu (9/1/2019). Kegiatan ini demi kepentingan para petani di desa itu.
Babinsa Kecamatan Rindi, Sertu Fajarudin mengatakan, kegiatan pembersihan saluran irigasi sangatlah penting dilaksanakan mengingat saat ini masuk musim hujan. Jika aliran irigasi buruk, maka dikhawatirkan akan berdampak pada pasokan air di sawah.
“Jadi di musim hujan ini kami bersama warga Rindi terus melakukan pembersihan saluran irigasi agar  tidak macet sewaktu air mengairi sawah mereka dan juga kami bersihkan rumput-rumput yang tumbuh disekitar saluran agar air mengalir dengan lancar,” kata Fajarudin.
Menurutnya, karya bakti yang dilaksanakan TNI melalui Babinsa Rindi salah satu wujud kepedulian aparat teritorial TNI AD kewilayahan untuk mendukung program kerja pemerintah karna TNI diciptakan dari rakyat dan kembali untuk rakyat.
“Kami berharap semoga dengan adanya karya bhakti ini melalui pembersihan saluran irigasi dapat menumbuhkan tali silaturahmi antara Babinsa dan Warga Rindi,” harap Fajarudin.
Warga Desa Rindi, Umbu Hara mengungkapkan rasa terimakasih adanya kerja bakti yang dilaksanakan TNI melalui Babinsa.
“Saya atas nama warga Rindi sangat berterima kasih atas dukungan TNI dalam kegiatan kerja bakti melakukan pembersihan saluran irigasi sehingga dalam musim penghujan ini air dapat mengalir dengan lancar di sawah-sawah petani desa Tanaraing,” ucap Umbu. (*)

Kegiatan diatas merupakan perwujudan bela negara, nilai bela negara yang dikembangkan pada bacaan diatas adalah....
a.       Persatuan
b.      Kerja bakti
c.       Gotongroyong
d.      Kerjasama
e.       Altruisme

10.  Perhatikan Bacaan berikut
Hensat menegaskan keberhasilan pemerintahan Jokowi-JK mewujudkan swasembada beras ini tentu menjadi sejarah baru. Pasalnya, pada 2015 Indonesia dihadapkan pada kondisi El Nino sehingga terjadi impor beras 1,5 juta ton yang sebagian meluncur masuk Indonesia hingga awal 2016. Namun, melalui kebijakan dan program strategis Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, pada 2016-2017 tidak ada impor beras umum. "Pada 2018, impor beras hanya untuk jaga-jaga karena 2019 ada hajatan politik yakni Pemilihan Presiden dan Pemilihan Legislatif," tegasnya. Lebih lanjut, Hensat menjelaskan berbagai program antisipasi dini dan mitigasi, Kementan berhasil melewati dampak El Nino atau kekeringan terbesar 2015 tersebut. Program tersebut seperti rehabilitasi jaringan irigasi besar-besaran, pompanisasi, sumur dangkal, mekanisasi, dan benih tahan kekeringan. "Bila dibandingkan dengan El Nino 1997-1998, di mana saat itu penduduk Indonesia 203 juta jiwa terjadi impor 12 juta ton beras, maka bila tidak ada program yang masif di 2015 jumlah penduduk 258 juta jiwa akan impor 16 juta ton beras," terangnya. Oleh karena itu, Hensat menilai infrastruktur dasar pertanian yang telah dibangun 2015-2019 menjadi pondasi guna estafet pembangunan berikutnya. Bahkan, Kementan kini tengah fokus mengimplementasikan pertanian dengan teknologi 4.0. "Ini tentu bukti kebijakan politik sektor pertanian yang bisa merubah pertanian ke depan semakin maju dan berdaya saing," ujarnya.

Dari wacana diatas pembangunan ekonomi pangan merupakan wujud dari bela negara dalam hal....
a.       Kemandirian ekonomi
b.      Persatuan
c.       Keadilan Ekonomi
d.      Semangat gotongroyong membangun sektor pangan
e.       Kesatuan pangan nasional

Demikian artikel sederhana tentang soal dan pembahasan materi bela negara. semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar