Pembelajaran Powerful

Pembelajaran Powerful

Pembelajaran Powerful

Saat ini banyak literatur yang membahas tentang strategi pembelajaran dan bagaimana mengorganisasikan pengalaman belajar yang positif bagi siswa salah satunya pembelajaran powerful. Pengaruhnya tak hanya pada skor skor atau hasil ujian akan tetapi juga berpengaruh terhadap kapabilitas belajar siswa. Intinya adalah bagaimana bagaimana guru mengajar siswa bagaimana belajar dan pada saat yang sama membantu mereka untuk menyerap konten kurikulum.

Dengan demikian tujuan pembelajaran powerful tak hanya membantu siswa untuk memperoleh pengetahuan akan tetapi juga membantu mereka untuk menjadi pembelajar yang handal. Kurikulum yang efektif akan mendorong siswa mengkonstruksi pengetahuan.  Hasil dari kurikulum yang efektif akan meningkatkan kapasitas siswa untuk belajar dan bekerja keras dengan lebih cerdas. Tujuan pembelajaran akan tercapai mana kala seorang guru mampu menemukan trik atau cara untuk meningkatkan kapabilitas siswa dan kapasitas siswauntuk belajar sementara pada saat yang sama pula membantu siswa membantu siswa menjadi pembelajar yang hebat. 

Pembelajaran powerful menekankan kemampuan pembelajar untuk merespon tugas tugas yang dirancang untuk mereka serta tugas tugas yang dirancang mereka sendiri.
prinsip dasar  pembelajaran  powerful antara lain
a. mengintegrasikan pengetahuan yang lalu dan yang baru
b. menggunakan sejumlah keterampilan belajar.
c. menyelesaikan masalah masalah secara individual dan kelompok.
d. berpikir cermat tentang kesuksesan dan kegagalan
e. berpikir kritis
f. penerimaan akan keadaan pembelajaran dimana dalam pembelajaran adakalanya ada ketidak pastian ataupun kesulitan tertentu.

Ciri pembelajaran powerful adalah pembelajaran konstruksi aktif makna . Bahwa pada dasarnya pembelajaran bersifat interaksional dimana kondisi pembelajaran akan efektif jika siswa mampu memaknai pengalaman pengalaman tertentu dalam kontek tertentu pula. Arti dari pembelajaran konstruksi aktif makna artinya bahwa pembelajaran baru harus ada hubungan dengan pengetahuan yang dimiliki siswa sebelumnya 

Keterampilan keterampilan atau skil yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran powerful meliputi 3  sklill antara lain skill fungsional, skill berpikir dan bernalar dan skill personal.
a. Skill Fungsional meliputi literasi baca tulis, numerasi atau kemampuan hitung angka, dan ICT atau      penerapan teknologi
b. skill berpikir dan bernalar meliputi kemampuan inquiri, berpikir kritis, memproses informasi,              berpikir logis, evaluasi.
c. skil personal meliputi. komunikasi, ketekunan, kapabilitas maju, kerjasama, moral dan kesadaran        etis.

demikian artikel tentang pembelajaran powerful anda dapat menerapkannya dalam pembelajaran. semoga bermanfaat.

silahkan baca model pembelajaran baru lainnya di sini