-->

sistematika laporan PTK terbaru 2018

Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terbaru 2018

sistematika laporan penelitian tindakan kelas

Setelah melakukan penelitian tindakan kelas, maka segera menyusun laporan atas kegiatan itu sesuai dengan sistematika yang baku. Sistematika yang baku tersebut di keluarkan oleh lembaga penjamin mutu pendidikan atau LPMP. Secara umum laporan penelitian tindakan kelas dibagi 3 bagian yaitu bagian pembuka, bagian isi dan bagian penutup. Sistematika laporan PTK terbaru 2018 ini akan membantu anda dalam menyusun laporan PTK

Secara garis besar sistematika laporan PTK terbaru 2018 adalah sebagai berikut.

A.    Bagian Pembuka laporan PTK

Pada bagian pembuka laporan penelitian tindakan kelas berdasarkan sistematika laporan PTK terbaru 2018 terdiri dari

1.      Halaman   Judul

Halaman judul seperti halaman pada kover laporan PTK akan tetapi tidak menggunakan kertas tebal sebagaimana kertas kover, tidak memuat nomor halaman. Halaman judul paling tidak memuat keterangan Judul penelitian, logo, digunakan untuk apa penelitian itu siapa penelitinya, dimana alamat tugasnya, dan kapan laporan itu dibuat. Unduh sistematika halaman judul

2.      Lembar pengesahan

Berisi keterangan apa yang disahkan dan milik siapa yang di sahkan. Selain itu juga memuat siapa yang mengesahkan ,jabatan. Jika PTK digunakan untuk kebutuhan angka kredit maka yang mengesahkan adalah 1) petugas perpustakaan 2) kepala sekolah masing masing di bubuhi stempel basah. Unduh cara membuat lembar pengesahan.

3.      Kata Pengantar

Kata pengantar ditulis oleh peneliti. Memuat antara lain 1) rasa syukur terhadap Tuhan YME dan ucapan terimakasih kepada pihak pihak pendukung dan pembantu terselenggaranya penelitian.Kata pengantar disusun dalam satu halaman, tidak diberi tanda tangan penulis. Unduh juknis kata Pengantar

4.      Daftar isi

Daftar isi memuat pokok pokok isi penelitian dan halaman dari pokok pokok tersebut. Daftar isi dibuat dimulai dari semua bagian ptk baik pembuka, isi maupun penutup PTK samapai pada lampiran lampiran PTK.

5.      Daftar Tabel

Memuat judul tabel dan halaman berapa tabel tersebut dalam laporan PTK.

6.      Daftar Gambar

Daftar gambar dimuat dalam halaman tersendiri biasanya di buat jika ada lebih dari 2 gambar maka di buatkan daftar gambar.

7.      Daftar lampiran

Berisi lampiran dan nomor halaman lampiran

8.      Abstrak

Ditulis dengan satu spasi, tanpa judul / sub judul. Memuat 1) ringkasan latar belakang 2)tujuan 3) setting dan subjek penelitian, 4)metodologi penelitian, 5)hasil penelitian.

B.    Bagian Isi Laporan PTK

       Pada bagian isi sistematika laporan PTK terbaru 2018 terdiri dari:

1.      Bab 1 Pendahuluan   (unduh)

Sebagai pengantar pembaca untuk mengetahui topik penelitian berisi a) latar belakang masalah penelitian, b) identifikasi masalah, c) rumusan masalah, d) tujuan penelitian dan e) manfaat penelitian .
a)      Latar belakang masalah menguraikan urgensi permasalahan yang dihadapi guru dilengkapi dengan fakta pendukung masalah tersebut. Intinya pada latar belakang tersebut dideskripsikan adanya masalah dalam pembelajaran buktinya misalkan hasil belajar yang rendah atau aktivitas pembelajaran yang pasif, dan masalah tersebut penting untuk segera dicarikan solusinya.
b)      Identifikasi masalah
Berdasarkan data dari latar belakang tersebut kemudian maka dipilih masalah yang paling urgen yang harus dipecahkan dan solusi yang akan digunakan.
c)      Rumusan masalah
Berbentuk kalimat pertanyaan apakah, bagaimana atau sejenisnya contoh “apakah melalui penerapan model pembelajaran TPS hasil belajar siswa SMP X meningkat?’
d)     Tujuan memuat apa yang hendak dicapai.
e)      Manfaat , diuraikan secara jelas meliputi komponen siswa, guru dan teman sejawat serta manfaat untuk lingkungan sekolah.


2.      Bab 2 Kajian Pustaka

Berisi kajian teori , kerangka berpikir dan hipotesis sementara.
1.      Kajian teori
Adalah semua hasil penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain maupun kajian teori yang di susun sendiri sebagai dasar pemilihan dari solusi yang ditawarkan untuk menyelesaikan masalah pada pendahuluan sebelumnya.
Hal hal yang harus ada pada landasan teori bisa baca disini
2.      Kerangka berpikir
Deskripsi alur berpikir anda untuk menjelaskan efektinya kajian teori yang disajikan untuk menyelesaikan masalah pada latar belakang. Baca disini untuk lebih jelasnya.
3.      Hipotesis
Adalah jawaban sementara atau klaim bahwa solusi yang ditawarkan mampu menyelesaikan masalah.

3.      Bab 3 Metodologi penelitian

a.       Setting Penelitian dan subjek penelitian.
Uraikan secara rinci karakteristik subjek penelitian, iapa subjeknya, dimana penelitian dilakukan, kapan waktunya, alasan mengapa dilakukan penelitian pada subjek itu dan waktu itu

b.      Prosedur penelitian
Meliputi deskripsi secara gamblang apa yang dilakukan secara keseluruhan sejak perencanaan tindakan pelaksanaan dan refleksi
c.       Data dan cara pengumpulan data.
Mendeskripsikan data yang akan digunakan sebagai bahan pembahasan untuk mengetahui apakah penelitian tersebut berhasil atau tidak. Data bisa dalam bentuk data nilai, data angket, data observasi, atau bentuk lain. Cara pengumpulan data misalkan data nilai tes maka metode pengumpulannya adalah tes dll
d.      Indikator kinerja berisi tolak ukur keberhasilan penelitian. Misalkan penelitian sudah dianggap berhasil jika 85% siswa memiliki nilai tes melebihi nilai KKM.
e.       Analisis data
Untuk membuat laporan PTK guru tidak sama dengan membuat laporan skripsi, pada laporan PTK guru hanya mendeskripsikan hasil data yang diperoleh baik analisis deskriptif kuantitatif maupun kualitatif bergantung data yang digunakan.

4.      Bab 4 penelitian dan pembahasan

Memaparkan semua uraian pelaksanaan masing masing siklus sejak pra siklus siklus 1 dan siklus 2 dan seterusnya.

5.      Bab 5 Kesimpulan dan saran.

Kesimpulan adalah menjelaskan butir bitir temuan selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas . kesimpulan merupakan pendapat terakhir yang menguatkan atau menjawab hipotesis sebelumnya.
Saran adalah pendapat peneliti berupa usul, ide, maupun anjuran untuk dipertimbangkan.

C.   Bagian Penunjang meliputi

       Pada sistematika laporan PTK terbaru 2018, bagian penunjang juga merupakan bagian yang sangat vital selain isi laporan PTK. Maka perlu di perhatikan secara seksama. Bagian bagiannya meliputi.
1.      Daftar Pustaka – adalah buku atau sember baik cetak maupun elektronik yang dijadikan rujuan. Disusun dengan kaidah baku. Lihat Contoh
2.      Lampiran Lapiran (Lihat Contoh)
3.      Laporan seminar PTK (Lihat Contoh)

Demikian sistematika laporan PTK terbaru 2018. Semoga membawa manfaat untuk kita semua.
LihatTutupKomentar