Sistematika Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terbaru 2018
Setelah melakukan
penelitian tindakan kelas, maka segera menyusun laporan atas kegiatan itu
sesuai dengan sistematika yang baku. Sistematika yang baku tersebut di
keluarkan oleh lembaga penjamin mutu pendidikan atau LPMP. Secara umum laporan
penelitian tindakan kelas dibagi 3 bagian yaitu bagian pembuka, bagian isi dan
bagian penutup. Sistematika laporan PTK terbaru 2018 ini akan membantu anda dalam menyusun laporan PTK
Secara garis besar sistematika laporan PTK terbaru 2018 adalah sebagai berikut.
A. Bagian Pembuka laporan
PTK
Pada bagian pembuka
laporan penelitian tindakan kelas berdasarkan sistematika laporan PTK terbaru 2018 terdiri dari
1. Halaman Judul
Halaman judul seperti
halaman pada kover laporan PTK akan tetapi tidak menggunakan kertas tebal
sebagaimana kertas kover, tidak memuat nomor halaman. Halaman judul paling
tidak memuat keterangan Judul penelitian, logo, digunakan untuk apa penelitian
itu siapa penelitinya, dimana alamat tugasnya, dan kapan laporan itu dibuat. Unduh sistematika halaman judul
2.
Lembar pengesahan
Berisi keterangan apa
yang disahkan dan milik siapa yang di sahkan. Selain itu juga memuat siapa yang
mengesahkan ,jabatan. Jika PTK digunakan untuk kebutuhan angka kredit maka yang
mengesahkan adalah 1) petugas perpustakaan 2) kepala sekolah masing masing di bubuhi stempel basah. Unduh cara membuat lembar pengesahan.
3.
Kata Pengantar
Kata pengantar ditulis
oleh peneliti. Memuat antara lain 1) rasa syukur terhadap Tuhan YME dan ucapan
terimakasih kepada pihak pihak pendukung dan pembantu terselenggaranya
penelitian.Kata pengantar disusun dalam satu halaman, tidak diberi tanda tangan penulis. Unduh juknis kata Pengantar
4.
Daftar isi
Daftar isi memuat
pokok pokok isi penelitian dan halaman dari pokok pokok tersebut. Daftar isi
dibuat dimulai dari semua bagian ptk baik pembuka, isi maupun penutup PTK
samapai pada lampiran lampiran PTK.
5.
Daftar Tabel
Memuat judul tabel dan
halaman berapa tabel tersebut dalam laporan PTK.
6.
Daftar Gambar
Daftar gambar dimuat
dalam halaman tersendiri biasanya di buat jika ada lebih dari 2 gambar maka di
buatkan daftar gambar.
7.
Daftar lampiran
Berisi lampiran dan
nomor halaman lampiran
8.
Abstrak
Ditulis dengan satu
spasi, tanpa judul / sub judul. Memuat 1) ringkasan latar belakang 2)tujuan 3) setting
dan subjek penelitian, 4)metodologi penelitian, 5)hasil penelitian.
B. Bagian Isi Laporan PTK
Pada bagian isi sistematika laporan PTK terbaru 2018 terdiri dari:
1.
Bab 1 Pendahuluan (unduh)
Sebagai pengantar
pembaca untuk mengetahui topik penelitian berisi a) latar belakang masalah
penelitian, b) identifikasi masalah, c) rumusan masalah, d) tujuan penelitian
dan e) manfaat penelitian .
a)
Latar belakang masalah menguraikan urgensi permasalahan yang dihadapi guru
dilengkapi dengan fakta pendukung masalah tersebut. Intinya pada latar belakang
tersebut dideskripsikan adanya masalah dalam pembelajaran buktinya misalkan
hasil belajar yang rendah atau aktivitas pembelajaran yang pasif, dan masalah
tersebut penting untuk segera dicarikan solusinya.
b)
Identifikasi masalah
Berdasarkan data dari
latar belakang tersebut kemudian maka dipilih masalah yang paling urgen yang
harus dipecahkan dan solusi yang akan digunakan.
c)
Rumusan masalah
Berbentuk kalimat
pertanyaan apakah, bagaimana atau sejenisnya contoh “apakah melalui penerapan
model pembelajaran TPS hasil belajar siswa SMP X meningkat?’
d)
Tujuan memuat apa yang hendak dicapai.
e)
Manfaat , diuraikan secara jelas meliputi komponen siswa, guru dan teman
sejawat serta manfaat untuk lingkungan sekolah.
2.
Bab 2 Kajian Pustaka
Berisi kajian teori ,
kerangka berpikir dan hipotesis sementara.
1.
Kajian teori
Adalah semua hasil
penelitian yang telah dilakukan oleh orang lain maupun kajian teori yang di
susun sendiri sebagai dasar pemilihan dari solusi yang ditawarkan untuk
menyelesaikan masalah pada pendahuluan sebelumnya.
Hal hal yang harus ada
pada landasan teori bisa baca disini
2.
Kerangka berpikir
Deskripsi alur
berpikir anda untuk menjelaskan efektinya kajian teori yang disajikan untuk
menyelesaikan masalah pada latar belakang. Baca disini untuk lebih jelasnya.
3.
Hipotesis
Adalah jawaban
sementara atau klaim bahwa solusi yang ditawarkan mampu menyelesaikan masalah.
3.
Bab 3 Metodologi penelitian
a.
Setting Penelitian dan subjek penelitian.
Uraikan secara rinci
karakteristik subjek penelitian, iapa subjeknya, dimana penelitian dilakukan,
kapan waktunya, alasan mengapa dilakukan penelitian pada subjek itu dan waktu
itu
b.
Prosedur penelitian
Meliputi deskripsi
secara gamblang apa yang dilakukan secara keseluruhan sejak perencanaan
tindakan pelaksanaan dan refleksi
c.
Data dan cara pengumpulan data.
Mendeskripsikan data
yang akan digunakan sebagai bahan pembahasan untuk mengetahui apakah penelitian
tersebut berhasil atau tidak. Data bisa dalam bentuk data nilai, data angket,
data observasi, atau bentuk lain. Cara pengumpulan data misalkan data nilai tes
maka metode pengumpulannya adalah tes dll
d.
Indikator kinerja berisi tolak ukur keberhasilan penelitian. Misalkan penelitian
sudah dianggap berhasil jika 85% siswa memiliki nilai tes melebihi nilai KKM.
e.
Analisis data
Untuk membuat laporan
PTK guru tidak sama dengan membuat laporan skripsi, pada laporan PTK guru hanya
mendeskripsikan hasil data yang diperoleh baik analisis deskriptif kuantitatif
maupun kualitatif bergantung data yang digunakan.
4.
Bab 4 penelitian dan pembahasan
Memaparkan semua
uraian pelaksanaan masing masing siklus sejak pra siklus siklus 1 dan siklus 2
dan seterusnya.
5. Bab 5 Kesimpulan dan saran.
Kesimpulan adalah menjelaskan
butir bitir temuan selama pelaksanaan penelitian tindakan kelas . kesimpulan
merupakan pendapat terakhir yang menguatkan atau menjawab hipotesis sebelumnya.
Saran adalah pendapat
peneliti berupa usul, ide, maupun anjuran untuk dipertimbangkan.
C. Bagian Penunjang meliputi
Pada sistematika laporan PTK terbaru 2018, bagian penunjang juga merupakan bagian yang sangat vital selain isi laporan PTK. Maka perlu di perhatikan secara seksama. Bagian bagiannya meliputi.
1. Daftar Pustaka – adalah buku atau sember baik cetak
maupun elektronik yang dijadikan rujuan. Disusun dengan kaidah baku. Lihat
Contoh
2. Lampiran Lapiran
(Lihat Contoh)
3. Laporan seminar PTK
(Lihat Contoh)
Demikian sistematika laporan PTK terbaru 2018. Semoga membawa manfaat untuk kita semua.