-->

Sistematika Proposal Kegiatan

SISTEMATIKA PROPOSAL KEGIATAN

SISTEMATIKA PROPOSAL

 Kesempatan kali ini kita akan membedah bagaimana sistematika proposal kegiatan atau kerangka proposal yang benar. Proposal adalah susunan rencana yang dibentuk dengan deskripsi detail dalam suatu kaidah tertentu dan baku bersifat formal. Semua kegiatan kedinasan sebelum dilaksanakan harus membuat proposal untuk di setujui oleh atasan langsung dan sebagai dasar penyelenggaraan suatu kegiatan. Sebagaimana ketika kita hendak melaksanakan penelitian tindakan kelas atau kegiatan yang akan dilaksanakan di sekolah maka kita wajib membuat proposal terlebih dahulu. Setelah atasan menyetujui berarti ijin diberikan dan kita bisa segera melaksanakan kegiatan sesuai dengan proposal tersebut.

Sistematika proposal kegiatan  yang baku paling tidak harus memuat
1.      Pendahuluan
Pada sistematika proposal kegiatan umum
Berisi tentang hal-hal dan kondisi umum yang melatar belakangi dilaksanakan kegiatan tersebut. contoh proposal kegiatan persami maka latar belakangnya adalah kedisiplinan anak anak sekolah sudah mulai mengalami penurunan, perlu di laksanakan kegiatan yang nyata agar mengembalikan kedisiplinan anak sekolah. Pramuka sebagai salah satu ekstrakurikuler memiliki misi untuk membangun kedisiplinan siswa. Oleh karena itu perlunya kegiatan perkemahan sabtu minggu yang akan di selenggarakan Gudep pramuka X untuk menanamkan pentingnya kedisiplinan dalam bersekolah dan dalam bermasyarakat.

2.      Dasar Pemikiran
Dasar pemikiran untuk proposal kegiatan umum
§     Kebijakan pemerintah sebagai dasar.
§     Peraturan yang berlaku yang mendasari terselenggaranya kegiatan
§     Payung hukum yang melindungi kegiatan tersebut
Misal dalam kegiatan pramuka, dasarnya misal peraturan gubenur no....,  atau peraturan kwarcam no .... atau paling tidak sesuai dengan program sekolah bagian kesiswaan no..., atau keputusan kepala sekolah no....

3. Tujuan
§   Semua kegiatan memiliki tujuan maka tujuan harus sesuai dengan kegiatan
§   Tujuan kegiatan mendeskripsikan kualitas yang hendak dicapai dari suatu kejadian baik tujuan umum maupun tujuan khusus

4. Topik kegiatan
§  Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut

5. Jenis Kegiatan
§   jenis kegiatan adalah gambaran kegiatan yang akan dilaksanakan. Apakah kegiatan Seminar, kegiatan kerja bhakti, kegiatan bakti sosial, atau kegiatan perayaan hari kurban dan lain lain.

6. Target
target adalah tujuan yang khusus yang menjadi sasaran dari pelaksanaan kegiatan. Target di tuangkan dalam indikator indikator pencapaian kegiatan

7. Sasaran/Peserta
§   Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut ( atau lebih kenal dengan peserta)

8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
§   Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.

9. Anggaran Dana
§   Seluruh anggaran baik pendapatan dan pengeluaran yang nanti akan dikeluarkan atau sebagai pemasukan harus disusun secara detil. Perimbangan item yang akan digunakan sebagai belanja harus disesuaikan dengan harga standar atau memenuhi standarisasi harga, pengeluaran sekecil apapun yang terkait dengan kegiatan harus ditulis. Sehingga kegiatan bisa berjalan sesuai dengan rencana.

10. Susunan Panitia
§   Disusun secara hirarki dari jabatan tertinggi yang menjadi penanggung jawab kegiatan kemudian ketua pelaksana kegiatan, sekretaris dan bendahara kegiatan samap pada seksi pelaksana.

11. Jadwal Kegiatan
§   jadwal kegiatan harus menyesuaikan dengan perencanaan kegiatan yang termuat pada kalender kegiatan, jadwal kegiatan paling tidak memuat No, waktu, rincian kegiatan dan sasaran serta petugas pelaksana.

12. Penutup
§   isi dari bagian penutup proposal kegiatan adalah halaman pengesahan oleh pihak yang berwenang, dan lampiran lampiran


Demikian artikel tentang sistematika proposal kegiatan. Semoga dengan adanya sitematika proposal kegiatan ini bisa memberikan gambaran kepada anda dalam memembuat rencana kegiatan.







LihatTutupKomentar