-->

120 contoh Judul PTK

120 contoh Judul PTK


Bapak ibu guru maupun adik adik mahasiswa yang sedang mencari ide untuk membuat karya tulis ilmian berupa PTK hari ini kami akan berikan 120 contoh  judul PTK. Kita tahu kharakteristik PTK menjadikan PTK sendiri berberbeda  dengan karya tulis ilmiah yang lain seperti skripsi, study komparatif, study korelatif dan lain lain. PTK dalam bahasa lainnya disebut Action researc, bukan study perbandingan maupun study tentang pengaruh suatu perlakuan atau model pembelajaran terhadap hasil akan tetapi PTK adalah penelitian tindakan dalam rangka perbaikan terhadap proses pembelajaran. Karena itu Judul PTK pun memiliki kharakteristik tersendiri.

Berikut 120 contoh  judul PTK yang relevan untuk tahun 2018.


  1. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN STRATEGI ENAM-M
  2. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA MEMBACA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI ......MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PBL TEKNIK BERCERITA

  1. PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBAWAKAN ACARA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBICARA DENGAN PENDEKATAN LESSON STUDY PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SMPN

  1. PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN METODE PERMAINAN ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR BUDAYA DEMOKRASI

  1. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF GROUP INVESTIGATION DENGAN PENDEKATAN SALINGTEMAS (SAINS-LINGKUNGAN-TEKNOLOGI-MASYARAKAT) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF BIOLOGI SISWA KELAS IX SMP NEGERI

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN THE 5 E LEARNING CYCLE MODEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERTANYA GURU DAN SISWA SERTA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII E SMP NEGERI

  1. PERBANDINGAN HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL, PROBLEM SOLVING DAN STAD PADA MATERI HIDROLISIS GARAM PADA SISWA KELAS …….

  1. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI

  1. PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN PADA PEMBELAJARAN SEJARAH ISLAM UNTUK MENINGKATKAN PENGHAYATAN TERHADAP AJARAN ISLAM DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI SISWA KELAS 2 SMP NEGERI

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS .......

  1. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KIMIA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DI KELAS VII-F SMP NEGERI

  1. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS ……

  1. PENERAPAN PENDEKATAN KOLABORATIF MURDER DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI PARA SISWA KELAS ……

  1. INTEGRASI OUTDOOR LEARNING DAN INDOOR LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK DI ……

  2. PENINGKATAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI ......TERHADAP KONSEP KELANGSUNGAN HIDUP ORGANISME MELALUI PENDEKATAN INKUIRI TERPIMPIN

  1. PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PARTISIPATIF SISWA KELAS 2 SMP NEGERI

  1. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP HUKUM BACAAN NUN MATI DAN TANWIN SERTA MIM MATI MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS 1 PADA SMP NEGERI

  1. UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DALAM PENGUASAAN TEKNIK DASAR LOMPAT JAUH GAYA MENGGANTUNG (SCHNEPER) MELALUI METODE DRILL SISWA KELAS ………

  1. UPAYA MENINGKATKAN APRESIASI SASTRA JAWA PENGENALAN TOKOH WAYANG DENGAN CARA PERMAINAN DALANG SEBAGAI PANCADAN PADA SISWA KELAS IX A SMP NEGERI

    DENGAN MELALUI SIMULASI PERMAINAN DADU YANG UNIK AKAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI SMP

  1. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA TERHADAP KONSEP GELOMBANG MEKANIK MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL TGT MENGGUNAKAN FIGJIG PADA KELAS ……

  1. PENERAPAN STRATEGI MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BERBICARA BAHASA INGGRIS SISWA KELAS ……..

  1. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MAKNA KETERBUKAAN DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA PADA SISWA ……

  1. IMPLEMENTASI TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR TARI PUSPAWRESTI PADA SISWA KELAS VIII D SEMESTER GANJIL SMP NEGERI

  1. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORATORY DISCOVERY

  1.  MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE LABORATORY

  1.  UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN (BERBICARA) MELALUI METODE SOSIODRAMA

  1.  UPAYA MENGATASI KESULITAN BELAJAR MEMBACA MELALUI PENGINTEGRASIAN PERMAINAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

  1. PENINGKATKAN KETRAMPILAN SISWA MELALUI OPTIMALISASI PERPADUAN HANDS-ON DAN MINDS-ON MENGGUNAKAN KIT IPA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI ….

  1. UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPA DENGAN PENDEKATAN (STM) SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT

  1. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN BAHASA INDONESIA SISWA …….MELALUI PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR SERI

  2. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER   PADA SISWA KELAS …. TAHUN PELAJARAN 2009/2010

  1. PENERAPAN METHODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER  UNTUK MENINGKATKAN  PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS… TAHUN PELAJARAN 2008/2009

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS……….TAHUN PELAJARAN……………

  1. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL GROUP INVESTIGATION(GI) PADA SISWA KELAS ………………..TAHUN PELAJARAN ......

  1. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR-SHARE PADA SISWA ………………………………………..TAHUN PELAJARAN ....

  1. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MENERAPKAN METODE KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA .........

  1. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS ……………………………… TAHUN PELAJARAN

  1. MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TAPPS  PADA SISWA KELAS ………………………………….. TAHUN PELAJARAN

  1. PENERAPAN METODE KOOPERATIF MODEL TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS  PADA SISWA KELAS……………………

  1. PENERAPAN METODE MUHADASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA BERLATIH BERBICARA DENGAN MENGGUNAKAN BAHASA ARAB PADA SISWA KELAS………………TAHUN PELAJARAN………

  1. MATEMATIKA UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDN SUKUMULYO III KEC. PUJON – MALANG TAHUN PELAJARAN 2006/2007

  1. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL  TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI  BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS

  1. IMPLEMENTASI METODE SOSIO DRAMA DAN BERMAIN PERANAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM PADA SISWA KELAS ………… TAHUN PELAJARAN….

  1. UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ARTIKULASI PADA SISWA KELAS……. FIQH UPAYA MENINGKATKAN PROSES BELAJAR DAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS ……….. KECAMATAN …………. KABUPATEN ……….. TAHUN PELAJARAN


  1. PENERAPAN MODEL PBL PADA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS ...... TAHUN PELAJARAN ..........

  2. IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ3R BERBANTUAN LKS UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA SISWA KELAS ..............

  3. PENERAPAN PENGAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DAN PEMECAHAN MASALAH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS ........

  1. IMPLEMENTASI STRATEGI 5E DENGAN BAHAN AJAR BERMUATAN PERUBAHAN KONSEPTUAL SEBAGAI UPAYA MENGUBAH MISKONSEPSI, DAN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN ........

  1. PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DIKLAT MENYIAPKAN, MENYAJIKAN MINUMAN NON-ALKOHOL SISWA ........

  1. PEMBERDAYAAN PRIOR EXPERIENCE DALAM PEMBELAJARAN MODUL PRAKTIKUM DENGAN MODEL EXPERENTIAL LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI SAINS SISWA SMPN .......

  1. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERPIMPIN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA KELAS .........

  1. IMPLEMENTASI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN LKS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TPS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

  2. IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR ACTION, PROCESS, OBJECT, SCHEMA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIKLUS: ACTIVITIES, CLASS-DISCUSSION, EXERCISE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMP

  3. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN REASONING AND PROBLEM SOLVING BERBASIS OPEN-ENDED PROBLEM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PENALARAN DAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI ........

  4. PENINGKATAN PENGUASAAN EYD KARANGAN NARASI DENGAN TEKNIK KOREKSI TEMAN SEBAYA SISWA KELAS ........

  1. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA DENGAN METODE PRESENTASI SISWA KELAS ..... SMP ........

  1. PENINGKATAN DAYA BERPIKIR KRITIS SISWA TERHADAP KONDISI LINGKUNGANNYA MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS VII SMPN ......

  1. UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN READING COMPREHENSION SISWA KELAS ....... DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN GENRE-BASED APPROACH

  1. PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF NARASI SISWA KELAS ....... MELALUI PENGINTEGRASIAN METODE CLUSTERING DAN JOURNALIST'S QUESTIONS

  2. MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DI KELAS ........’

  1. MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS WACANA ARGUMENTASI SISWA ...... DENGAN METODE INVESTIGASI KELOMPOK

  2. MENINGKATKAN KETERAMPILAN MERUMUSKAN KESIMPULAN MELALUI PENGGUNAAN PETA KONSEP PADA PENGELOMPOKAN MAKHLUK HIDUP MATA PELAJARAN SAINS-BIOLOGI DI KELAS VII-1 SMP NEGERI .......

  1. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TONGKAT ESTAFET UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISTEM PENCERNAAN MAKANAN

  1. MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA KELAS ...... DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERBENTUK CERITA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

  1. MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA POKOK BAHASAN STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS ........

  2. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCED ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KIMIA SISWA .......

  1. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN ROGERS DALAM MENGATASI KESULITAS SISWA MEMAHAMI KONSEP MATEMATIKA POKOK BAHASAN BENTUK PANGKAT, AKAR DAN LOGARISTMA DI KELAS .........


  1. UPAYA PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN RAKLIN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA .........

  2. MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN SISTEM GERAK MELALUI PENERAPAN STRATEGI CONCEPT MAPPING PADA KELAS ........

  1. MEMINIMALKAN KESALAHAN OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR SISWA KELAS ......... MELALUI PENGGUNAAN PITA GARIS BILANGAN

  1. MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENYIMAK DAN BERBICARA BAHASA INGGRIS DI SMPN ....... MELALUI LEARNING COMMUNITY DENGAN TEKNIK PERMAINAN KOMUNIKATIF

  1. MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MENYIMAK, MEMBACA, DAN MENULIS BAHASA INGGRIS SISWA SMP 1 JEMBER MELALUI CERITA

  1. PEMBELAJARAN SAIN BERBASIS PROYEK (PROJECT BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN ACADEMIC SKILL SISWA …..

  1. PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KONSULTATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS …….

  1. MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SLTPN 8 JEMBER TENTANG KESEBANGUNAN DENGAN PENEMUAN TERBIMBING (GUIDE DISCOVERY)

  1. PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP-KONSEP BIOLOGI MELALUI STRATEGI M2E (MAPPING, MATRIX, & ELABORATION) PADA SISWA KELAS 1 SMP NEGERI ......

  1. MENGATASI MISKONSEPSI SISWA KELAS ...... PADA MATERI AJAR LISTRIK DINAMIS DENGAN MENERAPKAN TEKNIK PEMODELAN DALAM SETTING PEMBELAJARAN GENERATIF

  1. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI) UNTUK MENGATASI PERMASALAHAN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA AKIBAT HETEROGENITAS KEMAMPUAN SISWA DI KELAS ........

  2. MEMANFAATKAN METODE DEBAT SECARA FORMAL UNTUK MENGOPTIMALKAN PEMAHAMAN BIOETIKA PADA PEMBELAJARAN MATERI KESEHATAN REPRODUKSI SISWA KELAS ........

  1. EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KIMIA KELAS X SEMESTER I SMA SWADHIPA NATAR MELALUI PENERAPAN METODE EKSPERIMEN BERWAWASAN LINGKUNGAN

  2. MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENDENGARKAN WACANA BERBAHASA INGGRIS SISWA KELAS ....... DENGAN TEXT-BASED LISTENING DI ............

  3. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PENYELIDIKAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS ......

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KERJA ILMIAH PADA KONSEP CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS .......

  1. PENINGKATAN KOMPETENSI MENULIS PENGALAMAN SISWA KELAS VII F SMP .... MELALUI POLA LATIHAN BERJENJANG

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENTS) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA

  1. MODEL PEMBELAJARAN SENI RUPA DI SMU NEGERI 2 MALANG DENGAN PENGGUNAAN DESAIN MEDIA REPRODUKSI GRAFIKA UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS ANAK

  2. PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SIKLUS BELAJAR DAN BELAJAR KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PROSES DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS ........

  1. PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INGGRIS MELALUI PENDEKATAN PROSES MEMBACA DALAM MEMBACA CERITA DI KELAS ......

  1. PENERAPAN KEGIATAN HANDS ON ACTIVITY DAN MODIFIED DISCOVERY-INQUIRY PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS I SMP .....

  1. PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR BERBASIS PENDEKATAN KOMUNIKASI TOTAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DENGAN STRATEGI KOOPERATIF MODEL STAD PADA MATA PELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS ......

  1. PENGEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI PEMANFAATAN PERTANYAAN "BAGAIMANA JIKA …" PADA SISWA KELAS .....

  1. PENERAPAN METODE SQ3R SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN TINGKAT KEMAMPUAN PENGUASAAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS ........

  1. UPAYA MENINGKATKAN PENALARAN FISIKA SISWA MELALUI PENEKANAN KONSEP ESENSIAL DAN PETA KONSEP DI KELAS .....


  1. OPTIMALISASI PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BERTANYA DAN KEMAMPUAN MENJELASKAN KONSEP DAN PRINSIP FISIKA DI KELAS ......
  2. UPAYA MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR MENYENANGKAN MELALUI OPTIMALISASI JEDA STRATEGIS DENGAN KARIKATUR HUMOR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI .......

  1. USAHA PENINGKATAN EFEKTIFITAS BELAJAR MENGAJAR MELALUI PENDEKATAN PENYAJIAN GARIS GERAK PERUBAHAN PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI ....

  1. PENERAPAN ASESMEN KINERJA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA DALAM KERJA ILMIAH PADA PEMBELAJARAN PA-BIOLOGI DI SMP NEGERI ..........

  1. MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN KONSEP KEANEKARAGAMAN HAYATI MELALUI PENERAPAN MODEL INVESTIGASI KELOMPOK DI ......


  1. PENGGUNAAN BAGAN DIKHOTOMI KONSEP SEBAGAI PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEANEKARAGAMAN HEWAN PADA SISWA KELAS I SMP NEGERI .....

  1. UPAYA MENUMBUHKAN SEMANGAT SISWA MENCAPAI STANDAR KOMPETENSI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN HEROIK DAN TURNAMEN MATEMATIKA ......

  1. MENCIPTAKAN IKLIM PEMBELAJARAN SEJARAH YANG MENYENANGKAN MELALUI SNOWBALL DRILLING METHOD
    129. PENERAPAN POLA PEMBELAJARAN EDUTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS ....



  1. PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA DENGAN PENDEKATAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK PENINGKATAN KETERAMPILAN SCIENTIFIK DALAM MATA PELAJARAN FISIKA DI ......

  1. PERBAIKAN TEKNIK MENYANYIKAN NADA-NADA MELODI MELALUI TEKNOLOGI MIDI DI ......

  2.  PENINGKATAN PEMBELAJARAN MENULIS DENGAN PENDEKATAN PROSES DAN MEDIA GAMBAR DI KELAS .....

  1. PENERAPAN PEMBELAJARAN PERSPEKTIF PEMODELAN MATEMATIKA BERMEDIASI RME UNTUK PENALARAN DAN PENGUASAAN KONSEP STATISTIKA BAGI SISWA KELAS ......


  1. MODEL READER RESPONS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN KEBERANIAN SISWA MENGEMUKAKAN TANGGAPAN DALAM PEMBELAJARAN SASTRA
    PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KIMIA YANG BERORIENTASI PADA STRUKTUR DALAM RANGKA MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA .......


  1. DRAMATISASI CERITA BERGAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN KOMPETENSI DASAR BEREKSPRESI SASTRA DI .....

  1. PEMAKAIAN BAHASA KOMUNIKATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PDA SISWA KELAS .......

  2. PENERAPAN STRATEGI SUGGESTOPEDIA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI SMP NEGERI .......

  1. PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI TEKNIK TELL ME WHAT YOU SEE I PADA SISWA KELAS .......

  2. PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE IMPROVE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIK DAN AKTIFITAS BELAJAR SISWA KELAS ......

  1. PEMANFAATAN SIMULASI KOMPUTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGATASI MISKONSEPSI FISIKA KONSEP MEKANIKA SISWA KELAS ........

  2. PENERAPAN TEORI BRUNER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA .......... TERHADAP KONSEP KELILING DAN LUAS DAERAH BANGUN DATAR

  3. PENERAPAN PENDEKATAN OPEN-ENDED DAN PAKEM (PEMBELAJARAN AKTIF KREATIF EFEKTIF DAN MENYENANGKAN) PADA SUB POKOK BAHASAN OPERASI PECAHAN DI KELAS VII SMP NEGERI .......

  4. PENDEKATAN SALINGTEMAS DIKOMBINASIKAN PEMAKAIAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS ......

  1. IMPLEMENTASI PERANGKAT MODEL BANGUN RUANG SISI LENGKUNG DALAM PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN TABUNG, KERUCUT DAN BOLA DI KELAS II SMP NEGERI .........


  1. PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MENGOPTIMALKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN DI LABORATORIUM.

  2. PENERAPAN PENDEKATAN STRUKTUR KONSEP UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN DAN PENERAPAN KONSEP FISIKA DALAM MENGATASI MISKONSEPSI SISWA SMP NEGERI .........
  3. PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI BERBASIS KELAS DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI OPTIMASI RUBRIK PERFORMANCE ASSESSMENT
Demikian 120 contoh judul PTK yang kami bagikan, semoga dari contoh contoh ini menjadikan inspirasi bagi anda dalam mencari judul yang relevan. Terimakasih.


LihatTutupKomentar