BAB IV PTK
Kali ini kita akan mempelajari Petunjuk teknis langkah langkah penyusunan bab IV PTK yaitu hasil penelitian dan pembahanasan.
Dalam membuat penelitian tindakan kelas guru memang harus mengerti betul bagaimana petunjuk teknis penyusunan masing masing bab, apa yang harus ada sebagai pelengkap PTK?, apa saja yang harus dilampirkan dalam pembuatan PTK?, apa saja yang harus dilampirkan terkait laporan seminar PTK.
Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang menjadi pelengkap PTK dan apa saja yang menjadi lampiran PTK kali ini saya akan paparkan kepada kita semua apa sih yang harus di deskripsikan pada bagian inti PTK yaitu dimulai dari bab I , bab II, Bab III, Bab IV, dan Bab V. Kita mulai saja dulu pada bab yang paling mendapat sorotan dari tim penilai PTK yaitu bab IV PTK. Coba simak penjelasan bagaimana petunjuk tenis langkah langkah penyusunan Bab IV PTK berikut ini
Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang menjadi pelengkap PTK dan apa saja yang menjadi lampiran PTK kali ini saya akan paparkan kepada kita semua apa sih yang harus di deskripsikan pada bagian inti PTK yaitu dimulai dari bab I , bab II, Bab III, Bab IV, dan Bab V. Kita mulai saja dulu pada bab yang paling mendapat sorotan dari tim penilai PTK yaitu bab IV PTK. Coba simak penjelasan bagaimana petunjuk tenis langkah langkah penyusunan Bab IV PTK berikut ini
BAB IV
HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN
HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN
- Deskripsi Kondisi Awal
Bagian pertama yang perlu
dideskripsikan pada Bab IV PTK adalah
deskripsi awal. Hal hal yang dibahas dalam deskripsi kondisi awal antara lain
sebagai berikut
1.
Dideskripsikan
semua hasil pengamatan dari kondisi awal
2.
Deskripsi
dapat disajikan pula dalam bentuk tabel/ daftar, maupun dalam bentuk grafik/
diagram
3.
Tabel
: seberapa besar kompetensi yang rendah= ...., tinggi = ...., rata-rata berapa = .... , kemudian dilanjutkan dg grafik
4.
Bentuk
data adalah gambar diberi komentar atau keterangan foto, dalam gambar diberi
keterangan seperti nampak dalam gambar ada yang ngantuk atau pasif.
- Deskripsi Hasil Siklus I
Bagian kedua deskripsi bab IV PTK
adalah deskripsi siklus 1. Hal hal yang dibahas pada deskripsi siklus I antara
lain sebagai berikut!
1. Perencanaan Tindakan
a) Dideskripsikan mengenai perencanaan
siklus pertama, meliputi apersepsi, kegiatan inti, dan penutup.
b)
Apa
pendahuluan/ pembukaan/ apersepsinya (membentuk kel besar= difoto).
c)
Dideskripsikan
kegiatan inti dalam perencanaan tindakan.
d)
Dideskripsikan
kegiatan apa yang dilakukan pada penutup
2.
Pelaksanaan
Tindakan
Dideskripsikan pelaksanaan tindakan pada siklus
I, apa tindakan yang dilakukan, siapa yang melakukan tindakan, dengan
menggunakan apa tindakan agar berlangsung dsb. Bila memungkinkan dapat dimuat
foto kegiatan saat pelaksanaan tindakan berlangsung.
•
Pelaksanaan
apersepsi/ pembuka
•
Pelaksanaan
Inti dalam pengumpulan data, dapat dilampirkan foto kegiatan saat pelaksanaan
tindakan berlangsung = proses diceritakan apa adanya.
•
Pelaksanaan
penutup, misalnya diakhiri dengan ulangan harian/ tes.
•
Pelaksanaan
pada umumnya tidak menyimpang jauh dengan perencanaan.
3.
Hasil
Pengamatan
Dideskripsikan Hasil
pengamatan/ observasi pada siklus I, hasil pengamatan dapat berupa hasil
pengamatan proses pembelajaran maupun nilai ulangan harian.
Hasil pengamatan dapat
disajikan dalam bentuk narasi, tabel, maupun gambar
•
Dideskripsikan
hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I
•
Hasil
pengamatan dapat berupa pengamatan pada hasil pembelajaran maupun pengamatan
pada proses pembelajaran
•
Hasil
pengamatan pada hasil pembelajaran pada umumnya berbentuk nilai (nilai ulangan
harian)
•
Hasil
pengamatan pada proses pembelajaran dapat berupa nilai/angka maupun bukan.
•
Hasil
pengamatan ditulis apa adanya, belum ada refleksi maupun kesimpulan
•
Dapat
disajikan dalam bentuk daftar atau tabel, maupun dalam bentuk grafik/ diagram
•
Hasil
pengamatan secara lengkap disajikan dalam lampiran ( hasil pengamatan dan
proses diklat). Rendah berapa, tinggi berapa, rata-rata berapa, frekuensi tabel
rentangan 0-5, 6-9 dst
•
Dibuat
histogram dari frekuensi
•
Mencari
rata-rata menggunakan rumus, ada ket.
•
Tabel
bisa dimasukkan tapi perlu diberi keterangan dengan penggunaan yang berbeda
4.
Refleksi
Dideskripsikan hasil
Refleksi siklus I
•
Refleksi
didasarkan pada hasil observasi
•
Sudah
diperoleh kesimpulan sementara
•
Dapat
juga membandingkan antara kondisi awal dengan hasil yang diperoleh pada siklus
I (dpt menentukan gemuk dan tidak)
•
Analisis
deskriptif komparatif, dan deskriptif kualitatif kedua-duanya perlu ada namun
stressing hasil atau proses yang didahulukan tergantung judul
•
Yang
direfleksikan proses dan juga hasil
Tindakan
|
Hasil
|
proses
|
Membentuk kelompok dan
kel. Besar
|
Kon awal, nilai rendah
= , tinggi= , rata-rata= .
Kondisi siklus 1,
nilai rendah = … tinggi =
Refleksi : dilihat
dari data awal dan siklus 1, terjadi perubahan sebanyak …. Poin ….% di
tabelkan
|
Kond. Awal = 20 orang
ngantuk
Kond. 1 = 5 orang
yang ngantuk
Refleksi : tinggal 5
orang dari 20 orang yang mengantuk, terjadi penurunan sebanyak 15 point
|
- Deskripsi Hasil Siklus II (
seperti siklus I)
Bagian ketiga Bab IV PTK adalah
mendeskripsikan Hasil siklus II. Yang harus dipaparkan antara lain sebagai
berikut.
Berisi perencanaan tindakan pada siklus 2,
pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan hasil refleksi.
Langkahnya seperti pada siklus I
Dapat membandingkan hasil siklus kedua dengan
hasil siklus pertama.
Pada kegiatan refleksi 2 dapat
kita susun dalam suatu matriks sebagai berikut
Tindakan
|
Hasil
|
proses
|
Kel.
Besar dan
kel.
Kecil
|
Kon awal,
nilai rendah = , tinggi= , rata-rata= .
Kondisi
siklus 1, nilai rendah = … tinggi =
Refleksi
: dilihat dari data awal dan siklus 1, terjadi perubahan sebanyak …. Poin ….%
di tabelkan
|
Kond.
Awal = 20 orang ngantuk
Kond. 1 =
5 orang yang ngantuk
Refleksi
: tinggal 5 orang dari 20 orang yang mengantuk, terjadi penurunan sebanyak 15
point
|
- Deskripsi Hasil Siklus III dst,
seperti siklus 1
Seperti deskripsi hasil siklus I maupun siklus
2
Bila banyaknya siklus hanya 2 siklus, deskripsi
hasil siklus 3 ini tidak perlu.
Bila banyaknya siklus lebih dari 3 siklus, maka
dilanjutkan seperti siklus I dan 2
- Pembahasan / diskusi
Dapat dibahas mengenai pelaksanaan tindakan
kondisi awal, siklus I dan siklus
–siklus selanjutnya.
Dibahas hasil observasi/ pengamatan kondisi
awal, siklus I dan siklus -siklus selanjutnya.
Dibahas hasil refleksi siklus I dan
siklus-siklus selanjutnta.
tindakan
|
Hasil
|
proses
|
Kel. Awal
Kel. Besar dan
kel. Kecil
|
Simpulannya sebenarnya perubahan dari awal ke
siklus 2 (berdasar empirik)
|
Membandingkan awal dan akhir atau siklus 2
|
- Hasil Penelitian (secara
empirik)
Hasil penelitian pada bab IV ini pada dasarnya
merupakan hasil penelitian yang diperoleh melalui kebenaran empirik. (
Kebenaran secara teoretik berupa hipotesis pada bab II ).
Secara teotetik kebenaran diperoleh dari
pengembangan kajian teori, kerangka berpikir dan finalnya pengajuan hipotesis.
Secara empirik kebenaran diperoleh dari hasil
analisis data yang diperoleh dari bab III dan bab IV, sehingga hasil penelitian
pada bab IV ini merupakan kebenaran secara empirik.
Demikian artikel tentang petunjuk teknis langkah langkah penyusunan Bab IV PTK yang dapat kami bagikan. Semoga
bermanfaat.