-->

Petunjuk teknis BAB IV PTK

 BAB IV PTK

Kali ini kita akan mempelajari Petunjuk teknis langkah langkah penyusunan bab IV PTK yaitu hasil penelitian dan pembahanasan.

Dalam membuat penelitian tindakan kelas guru memang harus mengerti betul bagaimana petunjuk teknis penyusunan  masing masing bab, apa yang harus ada sebagai pelengkap PTK?, apa saja yang harus dilampirkan dalam pembuatan PTK?, apa saja yang harus dilampirkan terkait laporan seminar PTK.

Setelah pada postingan sebelumnya kita sudah membahas apa saja yang menjadi pelengkap PTK dan apa saja yang menjadi lampiran PTK kali ini saya akan paparkan kepada kita semua apa sih yang harus di deskripsikan pada bagian inti PTK yaitu dimulai dari bab I , bab II, Bab III, Bab IV, dan Bab V. Kita mulai saja dulu pada bab yang paling mendapat sorotan dari tim penilai PTK yaitu bab IV PTK.  Coba simak penjelasan bagaimana petunjuk tenis langkah langkah penyusunan  Bab IV PTK berikut ini

BAB IV
HASIL PENELITIAN & PEMBAHASAN

  1. Deskripsi Kondisi Awal
Bagian pertama yang perlu dideskripsikan pada  Bab IV PTK adalah deskripsi awal. Hal hal yang dibahas dalam deskripsi kondisi awal antara lain sebagai berikut
1.       Dideskripsikan semua hasil pengamatan dari kondisi awal
2.       Deskripsi dapat disajikan pula dalam bentuk tabel/ daftar, maupun dalam bentuk grafik/ diagram
3.       Tabel : seberapa besar kompetensi yang rendah= ...., tinggi = ...., rata-rata berapa = .... , kemudian dilanjutkan dg grafik
4.       Bentuk data adalah gambar diberi komentar atau keterangan foto, dalam gambar diberi keterangan seperti nampak dalam gambar ada yang ngantuk atau pasif.

  1. Deskripsi Hasil Siklus I
Bagian kedua deskripsi bab IV PTK adalah deskripsi siklus 1. Hal hal yang dibahas pada deskripsi siklus I antara lain sebagai berikut!
1.    Perencanaan Tindakan

a)      Dideskripsikan mengenai perencanaan siklus pertama, meliputi apersepsi, kegiatan inti, dan penutup.
b)      Apa pendahuluan/ pembukaan/ apersepsinya (membentuk kel besar= difoto).
c)       Dideskripsikan kegiatan inti dalam perencanaan tindakan.
d)      Dideskripsikan kegiatan apa yang dilakukan pada penutup

2.                   Pelaksanaan Tindakan

Dideskripsikan pelaksanaan tindakan pada siklus I, apa tindakan yang dilakukan, siapa yang melakukan tindakan, dengan menggunakan apa tindakan agar berlangsung dsb. Bila memungkinkan dapat dimuat foto kegiatan saat pelaksanaan tindakan berlangsung.
            Pelaksanaan apersepsi/ pembuka
            Pelaksanaan Inti dalam pengumpulan data, dapat dilampirkan foto kegiatan saat pelaksanaan tindakan berlangsung = proses diceritakan apa adanya.
            Pelaksanaan penutup, misalnya diakhiri dengan ulangan harian/ tes.
            Pelaksanaan pada umumnya tidak menyimpang jauh dengan perencanaan.


3.                   Hasil Pengamatan
Dideskripsikan Hasil pengamatan/ observasi pada siklus I, hasil pengamatan dapat berupa hasil pengamatan proses pembelajaran maupun nilai ulangan harian.
Hasil pengamatan dapat disajikan dalam bentuk narasi, tabel, maupun gambar
          Dideskripsikan hasil pengamatan yang diperoleh pada siklus I
          Hasil pengamatan dapat berupa pengamatan pada hasil pembelajaran maupun pengamatan pada proses pembelajaran
          Hasil pengamatan pada hasil pembelajaran pada umumnya berbentuk nilai (nilai ulangan harian)
          Hasil pengamatan pada proses pembelajaran dapat berupa nilai/angka maupun bukan.
          Hasil pengamatan ditulis apa adanya, belum ada refleksi maupun kesimpulan
          Dapat disajikan dalam bentuk daftar atau tabel, maupun dalam bentuk grafik/ diagram
          Hasil pengamatan secara lengkap disajikan dalam lampiran ( hasil pengamatan dan proses diklat). Rendah berapa, tinggi berapa, rata-rata berapa, frekuensi tabel rentangan 0-5, 6-9 dst
          Dibuat histogram dari frekuensi
          Mencari rata-rata menggunakan rumus, ada ket.
          Tabel bisa dimasukkan tapi perlu diberi keterangan dengan penggunaan yang berbeda


4.                   Refleksi
Dideskripsikan hasil Refleksi siklus I
       Refleksi didasarkan pada hasil observasi
       Sudah diperoleh kesimpulan sementara
       Dapat juga membandingkan antara kondisi awal dengan hasil yang diperoleh pada siklus I (dpt menentukan gemuk dan tidak)
       Analisis deskriptif komparatif, dan deskriptif kualitatif kedua-duanya perlu ada namun stressing hasil atau proses yang didahulukan tergantung judul
       Yang direfleksikan proses dan juga hasil


Tindakan
Hasil
proses
Membentuk kelompok dan
kel. Besar
Kon awal, nilai rendah = , tinggi= , rata-rata= .
Kondisi siklus 1, nilai rendah = … tinggi =
Refleksi : dilihat dari data awal dan siklus 1, terjadi perubahan sebanyak …. Poin ….% di tabelkan
Kond. Awal = 20 orang ngantuk
Kond. 1 = 5 orang yang  ngantuk
Refleksi : tinggal 5 orang dari 20 orang yang mengantuk, terjadi penurunan sebanyak 15 point


  1. Deskripsi Hasil Siklus II ( seperti siklus I)
Bagian ketiga Bab IV PTK adalah mendeskripsikan Hasil siklus II. Yang harus dipaparkan antara lain sebagai berikut.
Berisi perencanaan tindakan pada siklus 2, pelaksanaan tindakan, hasil pengamatan, dan hasil refleksi.
Langkahnya seperti pada siklus I
Dapat membandingkan hasil siklus kedua dengan hasil siklus pertama.
Pada kegiatan refleksi 2 dapat kita susun dalam suatu matriks sebagai berikut


Tindakan
Hasil
proses
Kel. Besar dan
kel. Kecil
Kon awal, nilai rendah = , tinggi= , rata-rata= .
Kondisi siklus 1, nilai rendah = … tinggi =
Refleksi : dilihat dari data awal dan siklus 1, terjadi perubahan sebanyak …. Poin ….% di tabelkan
Kond. Awal = 20 orang ngantuk
Kond. 1 = 5 orang yang  ngantuk
Refleksi : tinggal 5 orang dari 20 orang yang mengantuk, terjadi penurunan sebanyak 15 point


  1. Deskripsi Hasil Siklus III dst, seperti siklus 1
Seperti deskripsi hasil siklus I maupun siklus 2
Bila banyaknya siklus hanya 2 siklus, deskripsi hasil siklus 3 ini tidak perlu.
Bila banyaknya siklus lebih dari 3 siklus, maka dilanjutkan seperti siklus I dan 2

  1. Pembahasan / diskusi
Dapat dibahas mengenai pelaksanaan tindakan kondisi awal, siklus I dan  siklus –siklus selanjutnya.
Dibahas hasil observasi/ pengamatan kondisi awal, siklus I dan siklus -siklus selanjutnya.
Dibahas hasil refleksi siklus I dan siklus-siklus selanjutnta.


tindakan
Hasil
proses
Kel. Awal
Kel. Besar dan
kel. Kecil
Simpulannya sebenarnya perubahan dari awal ke siklus 2 (berdasar empirik)
Membandingkan awal dan akhir atau siklus 2

  1. Hasil Penelitian (secara empirik)
Hasil penelitian pada bab IV ini pada dasarnya merupakan hasil penelitian yang diperoleh melalui kebenaran empirik. ( Kebenaran secara teoretik berupa hipotesis pada bab II ).
Secara teotetik kebenaran diperoleh dari pengembangan kajian teori, kerangka berpikir dan finalnya pengajuan hipotesis.
Secara empirik kebenaran diperoleh dari hasil analisis data yang diperoleh dari bab III dan bab IV, sehingga hasil penelitian pada bab IV ini merupakan kebenaran secara empirik.


Demikian artikel tentang petunjuk teknis langkah langkah penyusunan   Bab IV PTK yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.





LihatTutupKomentar